Kegagalan Berbisnis Online Bukan Alasan Putus Asa

INFOPOJOK.COM – Kegagalan dalam berbisnis apapun termasuk Bisnis online seringkali menjadikan pelakunya putus asa terlebih lagi jika bisnis tersebut sudah mengeluarkan banyak modal. Namun apakah berarti Anda akan berhenti sampai disitu saja sedangkan kesempatan masih terbuka lebar dan bisa saja dikemudian hari Anda bisa sukses dengan belajar dari kesalahan sebelumnya.

Kegagalan Berbisnis Online
Kegagalan dalam berbisnis pernah saya alami khususnya` dalam bidang bisnis online. Beberapa tahun silam saya pernah mencoba merintis bisnis seragam toko. Saya beranikan diri mencobanya karena kebetulan ada saudara yang sudah terlebih dulu sukses merintis bisnis toko online yang bergerak dibidang pembuatan seragam bola(Custom). Pertimbangan saya waktu itu kalau ada apa-apa tinggal minta petunjuk pada saudara saya.

Baca Juga : Pengalaman Belajar Bisnis Online Modal Komputer Bekas

Konsep bisnis yang saya lakukan pada tahap awal adalah saya membeli kaos polos T Shirt kemudian saya beri Tulisan Bordiran sesuai dengan pesanan. Suplier kaosnya sudah saya temukan dan kualitasnya lumayan bagus. Hal ini saya buktikan sendiri dengan membeli 3 potong T shirt. Waktu itu saya buru-buru langsung membuat websitenya dulu pertimbanganya biar domainnya populer dulu di internet.

Tak disangka-sangka website bisa nangkring dihalaman 1 google dengan kata kunci seragam toko. Sampai pada akhirnya suatu saat saya menerima panggilan telepon dari HP yang akan memesan seragam toko. Sayapun langsug kalang kabut, bagaimana tidak saya belum menemukan tukang bordirnya yang bagus serta kesiapan supliernya.

Ketika saya mencoba membuat tulisan bordirnya ke tukang bordir langganan saudara saya hasilnya kok kurang bagus karena mesin bordirinya manual bukan digital. Sayapun jadi tidak percaya diri untuk mempromosikan toko online seragam toko tersebut. Menurut informasi yang saya dapatkan kalau mau bagus hasilnya harus pakai bordiran komputer tapi sayangnya tidak bisa partai kecil. Akhirnya bisnis inipun tak berjalan sesuai harapan.

Saya tak putus asa dan mencoba lagi merintis bisnis toko online namun kali ini mengincar produk kecantikan wanita dengan konsep Dropsihip. Suplier terpercaya sudah ketemu website untuk promosi juga sudah dibuat namun ketika saya akan membangun websitenya saya kesulitan membuat artikelnya. Kebetulan konsep jualannya melalui blog. Jadi saya buat blogny dulu sampai trafIknya Bagus baru kemudian saya promosikan produk kecantikan tersebut. Seperti toko online yang pertama bisnis inipun tak berjalan dengan baik.

Sampai pada akhirnya suatu saat saya akan merintis bisnis martabak mini sehingga saya perlu membeli cetakan martabak mininya. Sayapun menemukan toko online disebuah marketplace yang lumayan murah harganya karena memang penjualnya pelapak besar. Setelah barangnya sampai ternyata kualitasnya bagus serta pelayanannya juga bagus . Sayapun sempat membuat video unboxingnya dan Uji cobanya serta mengunggahnya keYouTube.

Dari situ muncul ide untuk jualan cetakan martabak mini kebetulan pelapaknya membuka sistem dropship . Sayapun langsung membeli domain untuk memasarkan produk tersebut tapi kali ini lain konsepnya jika sebelumnya blog untuk jualan namun kali ini konsepnya menggunakan Landing Page. Dengan konsep ini saya bisa mempromosikan produk dari mana saja seperti facebook, blog maupun YouTube dimana nantinya saya akan mengarahkan target ke website Landing page tersebut.

Kebetulannya lagi ternyata video unboxing dan uji cobanya banyak pengunjungnya dan banyak juga yang menanyakan harga cetakan martabak mini. Begitu pula dari halaman facebook yang saya buat banyak juga yang menanyakan hal serupa. Sayapun memanfaatkan kesempatan ini untuk menawarkan cetakan martabak mini dengan cara mencantumkan website Landing page dan nomor `WA.

Alhamdulillah akhirnya saya bisa pecah telur atau mendapatkan pembeIi pertama padahal belum genap 2 bulan usia website Landing pagenya. Ini tentu memacu semangat saya untuk gencar mempromosikan produk cetakan martabak mini melalui blog, facebook maupun YouTube. Meskipun belum bisa dikatakan sukses namun saya bisa membuktikan kalau kegagalan bisa menjadi pemicu menuju keadaan yang lebih baik karena bisa menjadi pelajaran diwaktu yang akan datang sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama.

Demikianlah pengalaman saya seputar kegagalan berbisnis online yang saya alami namun tak membuat saya putus asa dan tetap berusaha sehingga menemukan jalan yang terbaik. Semoga bermanfaat !

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *