Cara Memilih Domain untuk Website Bisnis Anda

INFOPOJOK.COM – Anda seorang pebisnis tapi belum memiliki website? Sudah saatnya anda mulai memikirkan untuk memilikinya karena cukup bermanfaat untuk kesuksesan bisnis Anda. Zaman sekarang semuanya serba online termasuk dalam bisnis produk atau jasa banyak berterbaran didunia maya. Jangan sampai bisnis anda hanya berisfat lokal Cuma dikenal disatu perumahan atau komplek saja. Dengan mengonlinekan [Go Online] bisnis anda, ekspansi pasar bisa Anda lakukan dengan mudah hanya dengan sebuah website.

Cara Memilih Domain untuk Website

Keberadaan website bisnis entah itu website profil, toko online atau Landing Page semakin mempermudah pelanggan menemukan bisnis anda sehingga peluang terjadi transaksi juga semakin besar. Jika Anda berminat untuk memiliki sebuah website bisnis hal penting yang harus anda lakukan adalah memilih domain untuk website bisnis Anda.

Domain merupakan alamat sebuah website atau situs dimana pengunjung cukup mengetikkan domain tersebut diinternet melalui web browser jika mau berkunjung/mengkakses website. Domain bisa diibaratkan sebuah nama toko. Apa jadinya jika domain bisnis anda mirip dengan brand-brand besar atau kurang enak untuk disebut tentunya fungsi dari website bisnis tersebut tidak akan maksimal.

Itulah mengapa pemilihan domain yang tepat perlu anda lakukan sebelum memutuskan untuk mengonlinekan website bisnis anda. Lalu bagaimana cara memilih domain untuk website bisnis yang tepat? Infomasi berikut ini bisa menjadi referensi dalam menemukannya.

BACA JUGA :
Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Lewat YouTube
10 Kerja Online Menghasilkan Uang Tanpa Modal Produk
Strategi Bisnis Toko Kelontong yang Wajib Anda Ketahui

Cara Memilih Domain untuk Website Bisnis Anda

1.Pilih domain yang unik
Pemilihan domain yang unik sangat membantu pelanggan anda menemukan website bisnis anda. Kemungkinan pelanggan salah ketik sangat kecil karena memang domain tersebut hanya anda yang punya. Itulah mengapa sebelum anda memilih sebuah domain sebaiknya riset dulu diinternet apakah ada nama domain yang serupa jika Ada sebaiknya cari domain yang lain.

Domain ikut mempengaruhi branding website bisnis anda itulah mengapa perlu memilih domain yang Brandable atau unik dan menonjol.

2.Pilih Nama domain sepedek mungkin
Perlu Anda ketahui ketika pengunjung akan mengakses website bisnis anda biasanya akan mengetikkan domain tersebut diinternet misalnya www.tokopedia.com. Bayangkan jika domain itu sangat panjang tentunya pengunjung akan kesulitan mengetikkannya bahkan bisa saja terjadi kesalahan. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya memilih domain yang pendek.

Panjang domain sebaiknya jangan melebihi dari 17 karakter. Setelah anda menemukan domain target segera lakukan pengecekan di registar domain( penyedia domain) jika memang tersedia segera booking atau pesan karena jika tidak bisa saja domain tersebut diserobot orang lain.

Saya sendiri kebetulan memiliki website bisnis yang berupa Landing Page untuk memasarkan produk cetakan martabak mini. Saya memilih domain CETAKAN7 karena gampang diingat dan pendek.

3.Gunakan nama domain yang mudah diketik
Hampir mirip dengan poin yang ke-2 diatas dimana pemilihan domain sebaiknya yang mudah diketikkan di web browser walaupun domainnya pendek kalau susunan katanya sulit diketik misalnya berisi konsonan berturut-turut seperti xzcor.com tentunya akan menyulitkan pengunjung. Jadi memilih domain tidak sekedar mengejar keunikan namun faktor kemudahan juga patut anda perhatikan.

Pertimbangkan untuk menggunakan kata-kata yang lazim untuk orang Indonesia contohnya Bukalapak, semua orang pasti mengetahui makna kata Buka dan Lapak. Hindari menggunakan kata-kata yang tidak lazim apalagi aneh didengar yang tidak mencerminkan bisnis Anda.

4.Pilih domain yang mengandung kata kunci
Domain yang bagus adalah yang bisa mencerminkan bisnis anda seperti contoh diatas buka lapak tentu orang akan langsung mengetahui kalau website tersebut untuk jualan karena ada kata lapaknya yang berarti tempat jualan. Pemilihan domain yang semacam itu membidik kata kunci tertentu jadi sebaiknya domain yang anda pilih sesuai dengan bisnis anda.

Misalnya bisnis anda begerak dibidang jasa percetakan, anda bisa memilih domain cetakmurah, cetakcepat, Adiprinting dan lain-lain.

5.Pilih Domain Fresh
Setelah domain target ditemukan satu pekerjaan lagi yang sangat penting adalah mengecek histori kepemilikan domain tersebut. Anda bisa mengeceknya di situs archive.com. Sebaiknya Anda memilih domain yang benar-benar fresh atau belum ada yang memilikinya sebelumnya. Jika anda memilih domain expired atau domain yang pernah dipakai orang sebelumnya resikonya cukup besar.

Misalnya domain tersebut terkena pinalti Google karena pemilik sebelumnya melakukan pelanggaran seperti Spam. Bisa juga pemilik sebelumnya tidak profesional menggunakan domain tersebut seperti melakukan penipuan sehingga nama baiknya sudah tercoreng.

Bagaimana setelah membaca Cara Memilih Domain untuk Website Bisnis Anda diatas? Anda tertarik untuk memiliki domain untuk website Bisnis? Selamat Berburu Domain!

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *