Usaha Toko Plastik Grosir dan Eceran

INFOPOJOK.com-Apakah anda sedang mencari usaha yang barangnya tahan lama tanpa takut basi sehingga resikonya kecil tapi tetap dicari orang? Usaha toko plastik solusinya.Perlu anda ketahui plastik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi sebagian kalangan masyarakat misalnya toko kelontong,pedagang makanan atau minuman bahkan pedagang lainnya juga banyak memakai.Kebanyakan plastik digunakan sebagai pembungkus.Semakin banyaknya penggunaan plastik sampai-sampai pemerintah menerapkan kebijakan beli plastik pada minimarket untuk mengurangi penggunaan plastik.Hal ini bisa menjadi bukti bahwa kebutuhan plastik cukup tinggi.

Baca juga : Usaha Grosir Jajanan anak harga murah

usaha toko plastik
usaha toko plastik

Usaha toko plastik termasuk usaha yang mudah merintisnya dan jenis barangnya juga tidak terlalu banyak,persaingannya juga tidak terlalu ketat.Usaha toko plastik bisa dilakukan dari kecil-kecilan dulu sambil mencari pelanggan sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.Jika usaha sudah berkembang anda bisa menjual barang secara eceran maupun grosir.

Persiapan Merintis Usaha Toko Plastik

1.Mencari lokasi yang strategis

Konsumen toko plastik kebanyakan dari kalangan pedagang/usaha kecil untuk itu dalam mencari lokasi sebaiknya disekitar lokasi banyak pedagang baik kaki lima maupun usaha rumahan karena mereka merupakan target pasar utama.Lihat juga apakah sudah ada pesaing jika lokasinya berdekatan tentu tidak mengutungkan bagi usaha anda karena pasarnya yang terbatas.

2.Barang-barang yang dijual di toko plastik

Toko plastik biasanya menjual berbagai macam jenis plastik dan merknya selain itu sebagai pelengkap dijual juga bahan-bahan pembuat kue,kertas pembungkus nasi,karet gelang,Kotak makanan styrofoam,gelas plastik,Tali tambang,Tali rafia,Tissue,Isi steples,Tusuk gigi,stik es krim,Sedotan,Tusukan bambu,sumpit bambu,pembungkus makanan mika,kardus kue(bolu,kamir,martabak).Lakban.

Jenis plastik yang biasa dijual antara lain PE,PP dan HDPE.Contoh merk plastik yang beredar diwilayah bekasi Dayak,Daniel,Sparta,Sendok,Loco,Maskot,Tomat,Wayang.

3.Mencari pemasok barang

Untuk belanja barang kebutuhan toko Plastik biasanya bisa didapatkan diagen khusus plastik bisa juga keagen sembako hanya saja lebih lengkap di agen toko plastik.Plastik jenis PE atau PP dijual per kg(1 pak=1 kg) sedangkan HDPE djual per ikat isi 5 atau 10 pcs.

Setiap merk memiliki kualitas yang berbeda-beda ada yang bagus ada pula yang terkadang jelek makanya anda harus tahu mana merk yang bagus.Anda bisa menanyakan keagennya atau melihat samplenya terutama untuk plastik jenis HDPE(Kresek).

Pengambilan Keuntungan Usaha Toko Plastik

Keuntungan yang bisa anda ambil untuk usaha ini yaitu khusus untuk produk plastik antara 5-10% atau antara Rp.500-Rp.1000 per pcs sedangkan untuk barang-barang pelengkap seperti karet gelang,kertas pembungkus nasi tergantung situasinya jika banyak yang membeli keuntungannya jangan terlalu besar karena kebanyakan konsumen adalah dari kalangan pedagang yang menginginkan harga yang murah dan biasanya belanjanya tiap hari.

Usaha toko plastik grosir

Selain menjual barang secara eceran anda juga bisa menjual produk plastik secara grosir.Sasarannya toko-toko pengecer plastik atau toko ekontong.Jika anda ingin menjual plastik secara grosir untuk mendapatkan harga yang murah setidaknya anda belanja partai besar misalnya 1 karung kemudian anda jual per kg atau per ikat.

Dengan cara itu harga yang anda tawarkan bisa sama dengan harga agen tapi jika tidak mau modal besar anda bisa belanja 5 -10 kg/ikat kemudian anda jual secara grosir namun harganya akan lebih mahal dari pada harga agen makanya anda tidak bisa mengambil keuntungan yang banyak paling tidak Rp.500-Rp.1000 per kg/ikat.

Informasi tentang usaha toko plastik grosir dan eceran diatas hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi selama menjual produk plastik,anda tidak harus sama dengan cara diatas tergantung situasi dan kondisi toko anda.

One Comment

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *