Usaha Martabak Terang Bulan Solusi Mudah Berwirausaha

INFOPOJOK.COM , Usaha Martabak Terang Bulan Solusi Mudah Berwirausaha – Dari sekian banyak peluang usaha bisa dibilang Usaha yang bergerak dibidang kuliner atau makanan masih menjadi primadona. Anda pasti tahu dong apa penyebabnya? Salah satunya karena setiap orang itu butuh makan dan tak jarang sebagian mereka menyukai kuliner yang enak-enak terutama makanan yang bercitra rasa manis.

Usaha Martabak Terang Bulan
Usaha Martabak Terang Bulan ( Sumber : FB Kerukunan Pedagang Martabak Khas Lebaksiu )

Namun setiap kuliner memiliki karakteristik tersendiri salah satunya waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya, ada yang lebih cocok pagi hari, siang hari atau malam hari. Waktu malam hari atau sekitar jam 5 sore keatas menjadi waktu favorit untuk berburu kuliner karena lebih santai setelah pulang kerja atau sekedar untuk menikmati camilan dimalam hari.

Nah… itulah mengapa sebagian pebisnis lebih memilih usaha yang menjajakan dagangannya pada  malam hari salah satunya yang akan Info Pojok bahas adalah Usaha Martabak terang bulan. Usaha ini meskipun bukan sesuatu yang baru ditanah air namun peluangnya masih cukup menjanjikan bayangkan sepotong martabak terang bulan ukuran sedang dipatok paling murah Rp.15.000 jika sehari  mampu menjual 50 potong omsetnya bisa mengantongi  Rp.750.000 perhari untuk ukuran UKM tentu omset yang bagus.

Bagaimana sih seluk beluk Usaha martabak Terang Bulan dan Apakah mudah merintisnya? Jangan kuatir pada kesempatan kali ini Info Pojok akan berbagi informasi seputar hal tersebut dan kebetulan admin Info Pojok pernah menekuni usaha martabak terang bulan bersama Saudara yang notabene orang Lebaksiu  Tegal yang sudah terkenal sebagai lumbung pengusaha bisnis martabak terang bulan atau martabak manis.

Baca Juga :

5 Keuntungan Jual Martabak Manis

Kisah Sukses Penjual Martabak Manis Alim

3 Rahasia Sukses Markobar Bisnis Anak Jokowi

Persiapan Merintis Usaha Martabak Terang Bulan

1.Menentukan Lokasi Mangkal

Usaha Martabak terang bulan sangat tergantung dari lokasi mangkalnya semakin ramai atau strategis semakin berpeluang untuk sukses. Beberapa lokasi favorit yang cocok untuk usaha ini diantaranya Terminal, Gerbang perumahan, Jalan utama Perumahan, Mini Market, Komplek Pertokoan. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk merintis usaha martabak terang bulan survey dulu lokasinya pada sore hingga malam hari dimana nantinya di jam tersebut akan mangkal.

Jika memang ramai artinya banyak orang hilir mudik silahkan Anda pilih lokasi tersebut. Perhatikan juga pedagang makanan lainnya jika ada apakah ramai? Jika jualannya ramai bisa menunjukan lokasi disekitarnya juga bagus. Hal yang terpenting lainnya adalah apakah sudah ada pesaing? Jika memang ada sebaiknya jangan terlalu berdekatan apalagi berhadap-hadapan rawan terjadi konflik antar penjual martabak atau timbul persaingan yang tidak sehat.

Untuk mendapatkan lokasi mangkal bisa dengan cara menyewa ruko (kios), menyewa lahan penduduk atau menyewa lapak. Usahakan memilih lokasi yang sewanya murah karena pangkalan tersebut hanya digunakan pada sore hari saja. Salah satu lokasi favorit yang sering diincar pelaku usaha martabak terang bulan adalah lapak diminimarket apalagi yang buka 24 jam. Berdasarkan informasi dari pedagang yang mangkal diminimarket sebulannya dipatok Rp.600.000. Biaya tersebut sudah temasuk untuk bayar listrik namun untuk bisa mangkal disana pedagang harus memenuhi persyaratan yang diajukan minimarket misalnya gerobak harus menggunakan alumunium atau harus menjaga kebersihan.

Hindari lokasi-lokasi tak bertuan atau tak resmi karena tidak ada kepastian hukum  sehingga dikuatirkan akan mendatangkan masalah seperti Pungli atau sewaktu-waktu terkena gusuran/penertiban.

2.Menyediakan Peralatan

Setelah lokasi mangkal Incaran sudah ditemukan langkah selanjutnya untuk merintis usaha martabak terang bulan adalah menyediakan peralatannya. Satu hal yang perlu dicatat adalah apakah nantinya hanya menjual martabak terang bulan saja atau ditambah dengan martabak telur. Jika hanya menjual martabak  terang bulan maka peralatan yang dibutuhkan lebih sedikit sehingga modalnya juga lebih kecil.

Peralatan yang paling utama tentu saja gerobak karena disinilah semua kegiatan usaha martabak terang bulan dilakukan seperti mencetak martabak. Harga sebuah gerobak martabak terang bulan relatif mahal apalagi kondisinya baru karena memang bahannya pilihan dan ukurannya juga besar dengan panjang bisa lebih dari 2 meter khususnya jika dagangannya menjual martabak telur juga.

Ada cara menghemat modal untuk pembelian gerobak yaitu dengan mencari gerobak bekas pakai Karena tak jarang pelaku usaha ini memutuskan berhenti sehingga lebih memilih menjual gerobaknya. Itulah mengapa sebelum memutuskan untuk merintis usaha terang bulan pastikan lokasi mangkalnya benar-benar strategis atau jika anda ingin yang lebih praktis dan lebih aman anda bisa membeli pangkalan yang sudah jalan besarta gerobak dan peralatannya jadi tinggal meneruskan usaha martabak terang bulan. Namun perlu dicatat sebelumnya anda harus jeli menilai lokasi tersebut apakah memang benar-benar menguntungkan atau tidak .

3.Menentukan Menu Martabak Terang Bulan

Salah satu kunci sukses usaha martabak terang bulan ada pada masalah rasa semakin enak tentunya semakin memuaskan pembeli sehingga menjadi pelanggan. Banyak faktor yang ikut mempengaruhi apakah martabak terang bulan enak atau tidak seperti pemilihan bahan baku, takaran bahan baku atau cara pengolahan. Perlu kiranya membuat racikan martabak terang bulan yang tampil beda dengan penjual lainnya baik pada masalah rasa atau menunya.

Amati menu-menu martabak terang bulan yang sedang trend misalnya martabak terang bulan rasa pandan, red velvet, durian dan lain-lain. Perhatikan juga ukuran Loyang martabak terang bulan yang digunakan agar harganya tetap terjangkau.

Demikianlah informasi seputar Usaha Martabak terang bulan Solusi Mudah Berwirausaha Semoga bermanfaat dan Sukses Untuk Anda!

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *