Tips Berlibur Untuk Kamu yang Sedang Hamil

Traveling adalah hak semua orang. Yap, tentunya wanita yang sedang hamil pun berhak untuk pergi berlibur. Bagi wanita hamil, traveling adalah kegiatan yang tidak berbahaya bagi dirinya dan kandungannya. Namun, ada batasan-batasan khusus yang membuat wanita hamil tidak bisa berlibur sebebas orang pada umumnya.

Tips Berlibur

Untuk itu, agar liburan sang wanita hamil tetap terasa seru, nyaman, dan tentunya aman, ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh mereka. Diantaranya

 

Pilih Waktu yang Tepat

Waktu berlibur yang paling baik untuk dilakukan oleh wanita hamil tidak dilihat dari musim. Melainkan dari usia kandungan. Dokter kandungan asal California bernama Dr. Aron Schuftan mengatakan bahwa waktu terbaik untuk wanita hamil untuk berlibur adalah pada pertengahan masa kehamilan, yaitu saat usia kandungan berada pada 20-30 minggu. Hal ini karena awal kehamilan dan menjelang waktu kelahiran adalah waktu yang rawan bagi ibu hamil.

 

Lakukan Liburan Santai

Pergilah berlibur ke tempat yang tidak terlalu sulit dijangkau. Minimal, ada kendaraan yang bisa mengantarkan sang wanita hamil ke destinasi wisata yang dituju. Selama liburan pun jangan melakukan kegiatan yang terlalu melelahkan seperti hiking apalagi kegiatan yang berbahaya seperta rafting, climbing, dan sejenisnya.

 

Makan Makanan yang Sehat

Perhatikanlah pola makan. Jangan sembarang memilih menu yang tersedia di tempat wisata yang di tuju. Kenali terlebih dahulu makanan apa saja yang boleh dan tidak untuk dimakan. Jika diperlukan, bawalah makanan yang diolah dari rumah agar nutrisi dan kebersihannya terjamin.

Jangan Terlalu Lelah

Tidak ada larangan bagi wanita hamil untuk pergi liburan. Namun wanita hamil harus benar-benar menjaga diri agar tidak terlalu merasa lelah. Liburan ke pantai jadi salah satu pilihan yang cocok untuk wanita hamil karena tidak akan terlalu menyita tenaga. Wanita hamil bisa berjalan-jalan di bibir pantai sambil menikmati matahari terbenam.

 

Membawa Botol Minuman

Wanita hamil sangat disarankan untuk minum air mineral sebanyak 8-12 gelas per hari. Untuk itu, alangkah baiknya jika membawa botol minum dari rumah. Dengan membawa botol minum, biaya yang dikeluarkan nbisa sedikit lebih hemat.

Bawa Barang Seperlunya

Wanita seringkali membawa barang berlebih saat liburan. Bahkan banyak diantara barang-barang tersebut yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Membawa barang berlebih justru sangat menyita tenaga. Makanya, wanita hamil disarankan untuk tidak membawa barang berlebih agar tidak terlalu merasa lelah.

Jangan Pergi Sendiri

Solo traveling memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Tapi bagi wanita hami, pergi berlibur sangat tidak disarankan. Dengan mengajak orang lain seperti suami, anak, atau keluarga lainnya, setidaknya ada orang yang siaga untuk menjaga sang wanita hamil jika terjadi sesuatu kejadian yang tidak diinginkan. Selain itu, orang-orang tersebut bisa sangat membantu untuk meringankan beban bawaan seperti pakaian.

Hindari Tempat yang Diberitakan Sedang Terwabah Penyakit

Jika ada tempat yang sedang terwabah penyakit seperti ebola atau virus zika, lebih bagi jangan berkunjung ke sana. Virus ini tidak hanya berbahaya bagi sang wanita hamil, tapi juga bagi janin yang dikandungnya.

Pakai Outfit yang Nyaman

Ada beberapa outfit yang memang terlihat lebih eye catching untuk dikenakan di tempat liburan, tapi bagi wanita hamil, lebih baik kesampingkan dulu soal fashion. Pakaian yang paling pas dipakai berlibur untuk wanita hamil tentu pakaian yang nyaman digunakan. Percuma saja kan tampil keren di tempat liburan tapi justru menyiksa diri karena pakaian yang tidak nyaman.

Tidur yang Cukup

Waktu memang terasa lebih cepat berlalu saat liburan. Setiap detiknya pun menjadi sangat sayang untuk dilewatkan. Bahkan tidur pun menjadi hal yang kurang diminati. Tapi wanita hamil harus ingat, tidur adalah salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan kehamilan. Jadi jangan terlalu asyik berlibur sampai kurang tidur.

Siapkah Segala Kebutuhan Liburan Maksimal 1 Hari Sebelumnya

Wanita hamil memiliki kebutuhan yang lebih banyak dibanding orang lainnya. Maka lakukanlah packing sejak jauh hari. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan barang tertinggal, terutama barang-barang yang sangat penting seperti obat-obatan.

 

Konsultasi Terlebih Dahulu Dengan Dokter Kandungan

Sebelum pergi berlibur, lakukanlah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan kepercayaan. Tanyakan terlebih dahulu apakah kondisimu dan sang janin sedang dalam keadaan baik untuk dibawa berlibur. Tanyakan pula keperluan apa saja yang harus dibawa saat liburan, makanan yang boleh dan tidak untuk dimakan, dan hal lain yang terkait kesehatan kehamilan.

Jadi mulai sekarang, wanita hamil tidak perlu ragu lagi untuk pergi liburan. Selama semua syaratnya terpenuhi, wanita hamil pun bisa merasakan keseruan dan kenyaman liburan yang sama dengan orang lainnya. So, ayo booking pesawat dari sekarang. Jika ingin mendapatkan liburan yang nyaman, seru, dan tetap murah, pesan tiket di Reservasi.com.

 

Sumber gambar: https://cdn.pixabay.com/photo/2014/05/28/02/05/woman-356141_960_720.jpg

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *