Sukses Bisnis Toko Kelontong Jurus Ampuh

Sukses Bisnis Toko Kelontong-Bisnis toko kelontong masih menjadi peluang usaha yang menarik bagi kalangan masyarakat Indonesia terutama diperkotaan karena memang cukup mudah untuk merintis bisnis toko kelontong namun umumnya hanya sebagai bisnis sampingan misalnya untuk kesibukan istrinya dirumah.Bagaimana jika bisnis toko keontong dijadikan bisnis utama apakah masih menjanjikan?

Baca juga : Baca juga : Toko Kelontong Bisnis Populer Mudah Merintisnya

Toko kelontong
Tampilan toko kelontong wajib menarik

Berdasarkan pengalaman saya jika sebuah toko kelontong tumbuh dan berkembang pesat hasilnya cukup layak dijadikan penghasilan utama dan faktanya tak sedikit pelaku bisnis toko kelontong yang menggantungkan hidupnya dari bisnis toko kelontong.Menjadikan toko kelontong yang sukses memang bukan perkara yang mudah butuh strategi yang jitu agar bisa sukses bisnis toko kelontong yang ditekuninya apalagi dimasa sekarang ini banyak karyawan yang di PHK tak sedikit dari mereka yang akhirnya membuka toko kelontong sehingga jumlah toko kelontong semakin banyak persainganpun semakin ketat.

Baca juga : Tips Bisnis Toko kelontong Penting Wajib Bisa

Berikut ini 5 Jurus Ampuh Sukses Bisnis Toko Kelontong

Jika anda ingin sukses bisnis toko kelontongnya bisa tumbuh dan berkembang semakin besar sehingga bisa menghasilkan pendapatan yang memuaskan anda perlu mempersiapkan beberapa hal penting berikut ini:

1.Modal yang memadai

Dizaman dimana persaingan usaha semakin ketat termasuk bisnis toko kelontong kalau toko anda modalnya kurang memadai akan mengakibatkan kesulitan untuk menyediakan barang dagangan yang lengkap jika demikian toko anda kurang menarik bagi pembeli.Berbeda jika modal anda memadai toko anda bisa lengkap dan stoknya banyak.

Dengan modal yang memadai toko anda tidak hanya menjual eceran tapi juga secara grosir.Jika anda hanya mengandalkan pembeli eceran keuntungannya kurang maksimal terutama jika pesaingnya sudah banyak bisa-bisa pelanggan anda cuma tetangga dekat.

Selain itu dengan modal yang memadai toko anda akan kuat dalam menghadapi persaingan terutama jika persaingannya sudah mengarah keperang harga siapa modal yang paling kuat akan bisa bertahan.

2.Lokasi cukup strategis

Modal yang memadai tidak akan berarti jika lokasi toko anda tidak strategis logikanya bagaimana pembeli akan tahu lokasi toko anda jika lokasinya masuk kedalam gang.Pastikan sebelum anda memutuskan untuk buka toko kelontong lokasinya harus benar-benar strategis.Diartikel sebelumnya saya sudah menjelaskan kriteria lokasi yang strategis.

Baca juga: Strategi Bisnis Toko Kelontong Yang Wajib Anda Ketahui

Disinilah terkadang yang menjadi masalah terutama jika tempatnya menyewa ruko karena ongkos sewanya lumayan mahal contoh diperumahan bisa mencapai 12 juta setahun sedangkan jika merintis toko keontong tidak serta merta banyak pelanggan bisa jadi ditahun pertama belum bisa menghasilkan sekedar kembali modal sudah termasuk beruntung.Tak jarang toko kelontong yang tidak sanggup untuk memperpanjang sewanya.Maka dari itulah seperti yang sudah saya katakan diawal modal yang memadai sangat dibutuhkan agar bisa sukses bisnis toko kelontongnya.

3.Berani Jual murah

Berdasarkan pengamatan saya,saat ini persaingan bisnis eceran atau grosir lebih menjurus kepersaingan harga bahkan ada toko yang berani jual modal demi mendapatkan pelanggan saya sendiri lebih suka menyebut untung yang tipis dari pada jual modal karena mana ada penjual yang mau rugi.

Jika toko anda ingin bisa bersaing dengan toko yang lain anda harus berani menjual barang dengan harga yang murah terutama sembako karena dengan cara tersebut toko anda akan mendapatkan predikat toko murah.Lalu bagaimana akan maju jika ambil kuntungannya sedikit? Jika pembelinya sedikit tentu keuntungannya sedikit tapi kalau yang beli banyak dan terus menerus otomatis untungya juga jadi banyak.

Selain itu keuntungan bisa juga  anda dapatkan dari barang yang harganya sudah pasaran atau barang-barang yang tidak populer seperti sandal jepit,obat-obatan,alat listrik,perabot dan lain-lain.

4.Pelayanan Bagus

Semurah apapun harga yang anda tawarkan jika pelayanan toko anda jelek bisa menyebabkan pembeli enggan datang kembali karena pelayanan yang jelek bisa juga menyebabkan kerugian bagi pembeli misalnya salah harga,salah hitung,salah barang,ketinggalan,terlalu lama melayani pembeli.

Pelayanan yang bagus juga bisa mendatangkan banyak pelanggan misalnya menyediakan layanan antar karena akan sangat membantu pembeli tanpa datang ketokopun bisa memesan lewat telepon.Karena pentingnya arti pelayanan yang baik jika anda ingin sukses bisnis toko kelontongnya jangan sungkan untuk menyediakan peralatan pendukung misalnya mesin hitung jika perlu pakai komputer atau motor untuk layanan antar.

5.Memiliki bisnis pendukung

Meskipun bisnis toko kelontong bisa dijadikan sumber penghasilan utama namun alangkah baiknya jika anda memiliki bisnis lainnya terutama bisnis yang mendukung toko kelontong anda misalnya bisnis air isi ulang,usaha jemputan anak sekolah dan lain-lain intinya ada sumber pemasukan lain.

Hal ini akan bermanfaat jika persaingan bisnis toko kelontong sangat ketat jika pembeli kebetulan sedang sepi anda bisa mendapatkan penghasilan dari sumber lainnya sehingga toko anda akan aman namun jika anda hanya mengandalkan penghasilan dari toko kelontong saja apalagi anda sudah berkeluarga kemudian pengeluaran mengambil dari toko bisa saja lama kelamaan modal akan semakin berkurang.

Demikianlah tips sukses bisnis toko kelontong berdasarkan pengalaman pribadi bisa jadi berbeda dengan pengalaman anda.Anda punya tips lain silahkan share disini.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *