Spot Terbaik yang Sebaiknya Kamu Kunjungi di Raja Ampat

Liburan ke Raja Ampat adalah mimpi para traveller dari berbagai daerah, bahkan yang berasal dari luar negeri, terutama para pecinta olahraga diving. Mereka pun tak pernah berhenti berburu jadwal harga tiket pesawat terbaik yang bisa mengantarkan mereka ke Papua. Maklum saja, kepulauan yang secara administratif terletak di provinsi Papua Barat ini memiliki pesona yang menakjubkan, baik dari permukaan atau dasar lautnya.

 

Di permukaan, kamu bisa melihat gugusan pulau karang berukuran kecil hingga besar berwarna hijau yang berdiri di antara perairan yang biru dan jernih. Sedangkan di dasar lautnya, terdapat taman laut berisi lebih dari 500 jenis terumbu karang, ribuan spesies ikan, dan sekitar 700 jenis moluska. Maka tak heran kalau Kepulauan yang 85% wilayahnya merupakan perairan masuk dalam kawasan segitiga koral dunia dimana 75% terumbu karang dunia hidup di sini.

 

Tapi tunggu dulu, sambil berburu jadwal harga tiket pesawat ke Papua, sebaiknya kamu kenali dulu pulau-pulau terbaik yang wajib kamu kunjungi saat berada di Raja Ampat karena akan sangat sulit jika kamu mencoba untuk menyusuri semua pulau yang ada di Raja Ampat sekaligus. Tapi setidaknya, berikut beberapa rekomendasi tempat yang sebaiknya kamu kunjungi ketika berada di Raja Ampat:

 

  • Wayag
Raja Ampat
Pulau Wayag (Sumber : Travel.Kompas.com)

Wayag adalah salah satu pulau terluar di Kepulauan Raja Ampat yang letaknya berada di barat laut. Meskipun pulau ini cukup sulit untuk dijangkau, tapi semua akan merasa puas begitu tiba di sana. Bagaimana tidak, Wayag memiliki perairan yang sangat menawan. Di dasarnya, terhampar gugusan terumbu karang yang cantik. Makanya, Wayag pun jadi salah satu tempat idaman para penyelam yang datang ke Raja Ampat. Wayag juga jadi tempat terbaik untuk menikmati panorama Raja Ampat dari permukaan. Di Wayag, kamu bisa melihat ikon pariwisata Raja Ampat selain alam bawah laut, yaitu gugusan pulau karang dan karst yang dikelilingi lautan dengan gradasi warna biru tua dan muda. Untuk melihat pemandangan yang indah ini, kamu hanya perlu menaiki bukit di Wayag selama sekitar 30 menit.

 

  • Misool
Raja Ampat
Pulau Misool (Sumber : Liputan6.com)

Misool adalah satu dari empat pulau terbesar di Raja Ampat. Letaknya berada di selatan yang berbatasan langsung dengan Laut Seram. Sama seperti pulau lainnya di Raja Ampat, Misool juga menyuguhkan pemandangan bahari yang sangat menawan. Selain itu, di Misool juga terddapat desa yang penduduknya masih sangat sedikit. Di desa tersebut, kamu bisa berbincang dengan warga sambil mempelajarai adat dan budaya yang berlaku di sana.

 

  • Arborek
Raja Ampat
Pulau Arborek ( Sember : Liputan6.com)

Di Arborek, terdapat desa yang jadi pelopor desa konservasi secara adat. Dunia bawah laut yang ada di perairan Arborek yang menawan. Bahkan saat berdiri di atas dermaga pun, kita sudah bisa melihat terumbu karang, lengkap dengan ikan-ikan kecil yang hidup di sekitarnya. Masyarakat desa Arborek pun sangat ramah. Makanya, wisatawan yang datang ke sini selalu merasa betah dan enggan untuk beranjak pulang.

 

  • Pulau Mansuar

Pulau yang bisa tidak terlalu jauh dari Arborek ini memiliki pantai berpasir putih yang sangat halus. Menariknya, di sana juga ada pulau gosong atau pasir timbul yang muncul saat air laut sedang surut. Saat berada di Raja Ampat, banyak wisatawan yang minta untuk i arahkan ke pulau ini karena pamandangannya yang sangat cantik dan Instagenic.

 

  • Pulau Batanta

Salah satu pulau terbesar di Raja Ampat ini menawarkan paket wisata yang lengkap. Selain bisa menikmati perairannya yang menawan, kamu juga bisa melihat air terjun Batanta setinggi 10 meter yang di dalamnya terdapat goa kecil yang bisa dimasuki oleh 5-6 orang. Batanta juga jadi spot terbaik untuk melihat burung Cendrawasih.

 

  • Pianemo
Raja Ampat
Pulau Pianemo (Sumber : Kompas)

Pulau yang berada di distrik Waigeo Barat ini mendapat julukan ‘Wayag Mini’ karena di Pianemo terdapat gugusan pulau karang dan karst seperti yang ada di Wayag. Bedanya, gugusan pulau karst dan karang yang ada di Pianemo terlihat lebih kecil. Untuk melihat pemandangan yang menakjubkan ini, kamu hanya perlu naik ke atas bukit melalui tangga kayu yang sudah tersedia di sana.

 

  • Pulau Salawati

Kalau kamu ingin melihat kecantikan ikan Pelangi Salawati atau Melanotaenia Salawati, kunjungilah pulau Salawati. Selain itu, pulau ini adalah tempat yang paling cocok untuk kamu yang ingin melihat perkebunan sagu. Soalnya, hampir seluruh daratan di pulau ini ditumbuhi pohon sagu liar.

 

Dilihat dari banyaknya pesona yang tersaji di sana, maka Kepulauan Raja Ampat pun jadi tempat yang sebaiknya kamu kunjungi minimal sekali seumur hidup. Jadi ayo cari jadwal harga tiket pesawat terbaik sekarang juga. Untuk sampai ke Raja Ampat, kamu bisa mencari tiket Garuda murah menuju Sorong terlebih dahulu.

 

Untuk mendapatkan penerbangan ke Sorong dengan penawaran harga terbaik, kamu hanya perlu memesan tiket Garuda murah di reservasi.com. Btw, sekali datang ke Raja Ampat dijamin akan puas dan ketagihan untuk kembali ke sana.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *