Rahasia Sukses Bisnis Martabak Mini Unyil Manis

Rahasia Sukses Bisnis Martabak Mini Unyil Manis-Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi   bukit,Pernahkah anda mendengar pepatah ini? Sepertinya pepatah ini sangat cocok dihubungkan dengan bisnis martabak mini unyil manis,Bagaimana tidak harga sepotong martabak mini yang cukup murah antara Rp.1000-Rp.2500 sudah terbayang bukan berapa keuntungan per bijinya?

Rahasia Sukses Bisnis
Martabak Mini Unyil Manis 7 Bentuk

Eits…jangan salah meskipun keuntungan per bijinya kecil kalau jumlah yang terjualnya banyak hasilnya akan menjanjikan taruhlah sehari bisa menjual 200 potong martabak mini unyil dengan harga Rp.1000 saja maka omsetnya bisa mencapai Rp.200.000 per hari dengan keuntungan minimal 50% maka penjual martabak mini unyil manis bisa mengantongi keuntungan sekitar Rp.100.000 per hari.Cukup menggiurkan untuk ukuran bisnis makanan dengan harga murah.

Baca Juga :

 

Namun untuk bisa meraih omset sebesar itu tentu tidak mudah butuh strategi bisnis yang jitu agar mampu menarik minat pembeli bayangkan jika setiap pembeli hanya membeli 1 potong maka butuh 200 pembeli untuk mendapatkan omset sebesar itu tentunya itu tidak mudah.Makanya anda perlu mengetahui rahasia sukses bisnis martabak mini unyil manis agar pembeli mau membeli lebih dari satu potong,Tapi Bagaimana caranya?

Nah…untuk menjawabnya saya ingin berbagi pengalaman menekuni usaha martabak mini unyil manis selama 6 Bulan dengan harapan bisa membatu kesukesan usaha anda.Berikut ini informasi selengkapnya:

Rahasia sukses Bisnis Martabak Mini Unyil Manis

1.Tawarkan Harga Murah

Rahasia sukses bisnis martabak mini unyil yang pertama adalah dengan menawarkan harga yang murah sebagai contoh saya mematok harga termurah untuk beberapa varian martabak mini unyil manis dengan harga Rp.1000.Faktanya cara ini cukup ampuh mendatangkan pembeli baik dari kalangan anak-anak maupun dewasa karena harga pasaran diluaran rata-rata paling murah Rp.2000 tak jarang anak-anak yang beli leih dari satu potong.

Mungkin anda bertanya-tanya memangnya ada Keuntungannya? Tentu ada dong karena saya sudah mengkalkulasikan modalnya sebelum memutuskan untuk mematok harga Rp.1000.Untuk informasi modal Usaha martabak mini unyil manis silahkan baca artikel yang sudah saya tulis Disini.

2.Buat adonan martabak dengan bahan baku semurah mungkin.

Rahasia sukses bisnis martabak mini ubyil berikutnya adalah masalah rasa.Tak bisa dipungkri  Rasa sebuah martabak memang menjadi daya tarik pembeli semakin enak tentu pembeli semakin suka namun rasa yang enak harus ditebus dengan bahan baku pilihan yang akan ikut mempengaruhi modal bahan bakunya dan otomatis harga jualnya jadi mahal

Sebagai contoh jika bahan adonan martabak mini unyilnya menggunakan telur ayam,susu bubuk,menntega cair,pasta atau terigu protein tinggi memang rasanya lebih enak namun jika harganya Rp.1000 per potong tentu tidak menguntungkan.

Beda jika bahan baku adonannya hanya terigu protein sedang,air,gula dan pengembang modalnya jauh lebih murah sehingga bisa dijual Rp.1000.Rasanya kurang enak dong? Bisa jadi masalah rasa kalah tapi masih bisa diakali dengan varian rasa yang membuat rasanya menjadi semakin enak misalnya rasa keju,coklat kacang atau chocochips.

3.Perbanyak varian rasa dan harga

Seperti yang sudah saya singgung di point 2 untuk mengakomodir keinginan pembeli yang menginginkan rasa yang enak anda perlu memperbanyak varian rasa walaupun harganya lebih mahal Jadi ada yang harga Rp.1000 ada yang Rp.2000 atau Rp.2500

Dengan cara ini semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa tetap tertarik untuk membeli martabak mini.Sebagai contoh saya sendiri untuk rasa coklat,coklat pelangi dan selai strawberi/blueberi/nanas saya patok dengan harga Rp.1000 namun agar tetap menguntungkan saya menggunakan meses yang murah yaitu Rp.4500 per 250 kg bandingkan dengan harga meses dengan kualitas terbaik harganya bisa mencapi Rp.8000 per 250 gr.

Dengan harga Rp.1000 banyak anak-anak yang membeli martabak mini unyil manis saya bahkan tak jarang satu anak bisa membeli lebih dari satu.Meski sebenarnya harga yang Rp.1000 menyasar pada anak-anak namun tak jarang orang dewasa pun membeIi tentu lebih dari satu.

Untuk menyasar kalangan yang menginginkan rasa yang enak saya menambah beberapa variasi rasa seperti kacang coklat,Coklat Chocochips dan Keju harganya Rp.2000 kemudian Keju coklat,Keju strawberi,Keju Blueberi dan keju Nanas harganya Rp.2500 jadi total varian martabaknya ada 13 jenis.

Faktanya sampai hari ini martabak mini unyil manis dengan harga yang Rp.1000 paling digemari sedangkan yang harga Rp.2000 dan Rp.2500 pembelinya lebih sedikit.

4.Pemilihan Tempat mangkal yang tepat

Rahasia sukses bisnis martabak mini unyil berikutnya adalah pemilihan tempat mangkal.Berdasarkan pengalaman selama 6 bulan berbisnis martabak mini unyil manis saya bisa berkesimpulan bahwa tempat yang paling tepat untuk mangkal adalah ditempat berkumpulnya anak-anak.Kenapa anak-anak? Harganya yang cocok untuk kantong mereka tak jarang banyak yang akhirnya jadi langganan tiap hari beli.

Beberapa tempat yang menjadi andalan saya mangkal adalah di Sekolah dan TPA (Taman pendidikan Alquran) serta Pasar Kaget.Hindari mangkal ditemoat-tempat yang  hanya mengandalkan orang lewat meskipun ditepi jalan karena usaha ini yang dikejar adalah jumlah yang terjual.Saya bisa mengatakn seperti ini karena saya melihat sendiri usaha martabak mini unyil yang gulugn tikar karena sepi pembeli.

5.Perbanyak Rit(Frekuensi) Mangkal

Martabak mini unyil manis paling pas disajikan dipagi hari,sore maupun malam hari.Jika anda menginginkan omset yang besar anda harus memperbanyak rit mangkal sebagai contoh di pagi hari di Sekolah TK/SD sebelum jam masuk,Pada jam istrirahat (09.30-10.00) sore hari di TPA Jam 16.00-18.00 atau jika masih kurang mangakl selepas jam 18.00 seperti ayg  dilakukan martabak manis ukuran besar.

Jika sehari anda mangkal sebanyak 3 Rit ditempat yang berbeda setiap tempat bisa menjual 100 potong martabak sehari berarti bisa menjual 300 potong martabak.

6.Gunakan gerobak berukuran Minimalis

Seperti yang saya singgung diatas agar omsetnya besar maka harus memperbanyak tempat mangkal dan hal ini akan mudah dilakukan jika ukuran gerobaknya minimalis jadi gampang membawa serta mangkalnya gampang meski ditempat sempit.Saya sendiri menggunakan gerobak yang bisa dibawa dengan motor dan ketika mangkal gerobak saya turunkan atau bisa juga langsung diatas motor.

Rahasia Sukses Bisnis Martabak Mini Unyil
Gerobak martabak minimalis

Kelebihan gerobak yang minimalis adalah pembeli khususnya dari kalangan anak-anak bisa melihat langsung bentuknya serta rasa yang ada sehingga lebih leluasa memilih.Hanya saja gerobak semacam ini memiliki kelemahan ketika musim hujan karena sulit mencetak martabak jika pas hujan besar meskipun sudah menggunakan payung.

7.Proses pengolahan yang tepat

Salah satu prsoes yang sangat menentukan hasil martabak adalah ketika mencetaknya diatas Loyang apinya harus stabil jangan sampai terkena angin untuk itulah usahakan membuat dapur memasaknya harus terlindngi dari angin jika tidak martabak bisa tidak mengembang dengan baik karena apinya goyang-goyang tertiup angin sehingga kurang panas.

Gunakan api yang sedang jangan terlalu besar karena akan mudah gosong jangan pula terlalu kecil karena adaoan jadi tidak mengembang.

8.Gunakan cetakan yang menarik perhatian

Umumnya cetakan martabak manis baik yang ukuran standar maupun unyil/mini berbentuk bulat sehingga bagi anak-anak sudah dianggap biasa sehingga tidak begitu menarik perharian bagi anak-anak namun ternyata ada cetakan martabak dengan bentuk yang unik satu Loyang berisi 7 bentuk yang berbeda seperti bintang,love,bunga,bulat,Segi tiga,segi enam dan segi delapan.

Kebetulan saya memiliki kedua-duanya satu cetakan berbentuk bulat dan satu lagi 7 bentuk dan semuanya sudah saya coba untuk berjualan.Kesimpulan yang bisa saya ambil ternyata anak-anak lebih suka martabak mini unyil manis yang 7 bentuk jadi anak-anak banyak pilihan ada yang suka love,bintang dan lainnya.Hanya saja cetakan ini memilki kelemahan penyajiannya jadi lama karena kadang beberapa anak meminta bentuk yang sama tidak mau diganti dengan yang lain sedangkan dicetakan hanya ada 1 potong mau tidak mau harus menunggu satu matang baru mencetak lagi

Namun begitu tetap saja peminat yang bentuk bulat selalu ada karena bentuk bulat terlihat besar meskipun setiap tuangan takarannya sama.Jalan tengahnya saya mengganti cetakan setiap beberapa hari sekali jadi semua pelanggan bisa terpenuhi keinginannya.Saya sendiri sebenarnya lebih suka berjualan dengan cetakan martabak bulat karena lebih cepat penyajiannya karena pemebli tidak pilah pilih bentuk dan untuk penyajian yang  rasa kacang coklat,coklat chocochip atau keju lebih cantik penampilannya.

9.Selalu Menjaga Kebersihan

Berjualan makanan seperti martabak mini unyil manis ini harus selalu menjaga kebersihan baik cetakannya,topingnya,alat-alatnya atau gerobaknya jangan sampai tekesan jorok atau kotor.Supaya terlihat bersih catatlah gerobak atau bisa juga dipasang alumunium pada alas gerobaknya sehingg mudah dibersihkan.

Gunakan tempat toping seperti meses,gula,mentega atau selai yang rapi,seragam dan transparan.

10.Gunakan peralatan masak yang berkualitas

Kesuksesan dari bisnis martabak mini unyil manis tak bisa lepas dari peralatan masaknya seperti kompor gas,regulator,selang gas dan cetakan.Jangan sampai ketika pembeli sedang ramai tiba-tiba selang bocor atau regulatornya susah dipasang.Gunakan selang gas,regulator atau kompor gas yang ber SNI dan kualitasnya bagus meskipun harganya lebih mahal.

Saya punya pengalaman memakai selang regulator yang harganya murah dan ketika lagi asyik-asyik mencetak martabak tiba-tiba selangnya terbakar tak pelak lagi kompor langsung saya matikan dan berhenti jualan sampai akhirnya saja ganti dengan selang regulator yang harganya 2 kali lipat dan nyatanya tidak pernah bermasalah lagi sampai sekarang.

Tuntas sudah pembahasan seputar Rahasia Sukses Bisnis Martabak Mini Unyil Manis yang bisa saya bagikan kali ini semoga bermanfaat untuk bisnis anda dan selamat mencoba!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *