Peralatan Toko Kelontong Lengkap Terbaru

INFOPOJOK.com-Salah satu persiapan yang harus dilakukan bagi anda yang akan merintis toko kelontong baik yang eceran atau grosir adalah menyediakan peralatan toko kelontong selengkap mungkin.Semakin lengkap akan mempermudah operasional toko kelontong bahkan beberapa peralatan sangat berpengaruh terhadap omset.

Rasanya tak sulit untuk mendapatkan peralatan toko kelontong karena banyak dijual dipasaran.Hanya saja beberapa peralataan perlu menyesuaikan dengan kebutuhan atau modal yang ada.Pertimbangkan untuk membeli peralatan toko kelontong yang berkualitas tidak asal murah supaya fungsinya bisa maksimal dan tentu saja awet.

Baca juga : Usaha toko kelontong grosir diperumahan

peralatan toko kelontong
Rak kayu

Berikut ini Peralatan toko kelontong selengkapnya

1.Etalase

Fungsi etalase ini sangat penting karena membuat tampilan toko kelontong menjadi enak dilihat dan barang dagangan jadi lebih terlihat.Dipasaran sendiri terdapat berbagai macam ukuran etalase namun yang sering dipakai toko kelontong adalah yang ukuran panjangnya1,5 m karena tidak terlalu panjang.

Jika anda akan membeli etalase baru pastikan rel kacanya bisa bekerja dengan baik atau lancar karena bisa saja macet atau susah digeser.Peletakan etalase ini umumnya dibagian paling depan tapi ada juga yang agak kedalam tergantung desain tokonya.

2.Mesin pendingin showcase

Alat ini sangat bermanfaat jika anda ingin menjual minuman ringan kemasan seperti ale-ale,okky jelly drink,teh botol,pocari dan lain-lain karena biasanya pembeli lebih suka mengkonsmsi minuman ringan dalan keaadaan dingin.Dengan menggunakan mesin pendingn showcase minuman akan terlihat dari depan sehingga bisa menarik minat pembeli.Alternatif jika anda belum ingin menggunakan showcse anda bisa menggunakan kulkas hanya saja menurut saya kurang maksimal.

3.Rak

Selain menggunakan etalase barang dagangan juga bisa anda pajang di rak yang terbuat dari besi atau kayu karena tidak semua barang bisa muat disimpan dietalase sebagiannya lagi disimpan dirak yang tingginya sekitar 2 meter.Rak yang terbuat dari kayu tidak dijual dalam bentuk sudah jadi sehingga anda bisa membayar orang untuk membuatnya atau bisa juga membuat sendiri.Sesuaikan dengan ukuran toko anda.

4.Timbangan

Pilihlah timbangan yang akurat dan timbangan jarum bisa menjadi pilihan karena selain harganya murah sekitir Rp.150.000 skalanya juga lebih detail.Jika anda lebih banyak mengecer pilihlah timbangan yang daya maksimal timbangannya 5 kg jangan beli yang 20 kg.Hal ini akan mempermudah anda ketika menimbang barang dibawah 1 kg misalnya 1 ons atau 1/4 kg.

5.Tempat beras beserta literannya

Jika anda berencana menjual beras maka anda perlu mrnyiapkan tempatanya agar mempermudah pembeli dalam melihat beras.Anda bisa membuat kotak beras mengunakan kayu/triplek tebal bisa juga menggunakan ember.Jika didaerah anda menjualnya dalam ukuran literan maka anda perlu membeli literannya yang ukuran 1/2,1 atau 2 liter.

6.Kalkulator

Alat ini cukup penting untuk menghitung jumlah belanja pembeli jika belanjanya banyak.Saya menyarankan untuk membeli kalkulator yang ada fasilitas check nya sehingga bisa mengulang penjumlahan dari awal.Harganya cukup terjangkau sekitar Rp.50.000

7.Galon aqua dan tabung gas elpiji 3 kg

Pertama kali anda menjual aqua galon dan gas elpiji 3 kg anda harus sudah membeli galon kosong atau tabung kosongnya terlebih dahulu.Anda bisa membelinya keagen sekaligus isinya ketika pertama kali belanja selanjutnya hanya perlu membeli isinya saja.Belilah seperlunya dulu jika toko anda sudah ramai dan keteteran stoknya baru anda tambah.Untuk tahap awal anda bisa menyediakan masing-masing 10 pcs.

8.Motor beserta keranjangnya

Umumnya toko kelontong mendapatkan pasokan dari agen sehingga anda perlu pergi keagen karena itulah diperlukan mopor untuk berbelanja barang.Walaupun sebenarnya ada juga agen yang menyediakan layanan antar tapi adakalanya anda harus mencari barang ketempat lain yang agak jauh.

Motor juga bisa anda gunakan untuk layanan antar misalnya untuk agua galon atau beras.

9.Pipa Besi

Untuk barang-barang rencegan seperti kopi sachet,rinso,pewangi,penyedap rasa,shampo sachet memerlukan gantungan yang terbuat dari pipa besi yang digantung di langit-langit rumah atau bisa juga terbuat dari kayu.Dengan memajang barang mengunakan gantungan toko anda terlihat penuh.

10.Tempat Uang

Meskipun menyimpan uang bisa dimana saja tapi alangkah baiknya menyediakan tempat khusus untuk menyimpan uang selain untuk mempermudah ketika melayani pembeli bisa juga untuk keamanan.Anda bisa memanfatkan meja kecil atau laci kecil yang bisa anda gunakan untuk menyimpan uang kertas atau logam.

Demikianlah informasi seputar Peralatan toko kelontong lengkap terbaru yang bisa saya bagikan kali ini semoga ada manfaatnya.

5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *