Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan Diperumahan

INFOPOJOK.COM,Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan Diperumahan-Tahukah anda tinggal di perumahan memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan tinggal di perkampungan? Bagaimana tidak fasilitas sosial dan fasiltais umum lebih lengkap,lebih aman dan nyaman dan satu lagi penghuninya banyak.

Peluang usaha rumahan
Toko Buku dan Foto Copy

Poin terakhir inilah yang perlu anda cermati karena penghuninya banyak apalagi mayoritas pekerja atau karyawan membuat perumahan menjadi salah satu tempat favorit untuk berbisnis makanya wajar jika sebuah pengembang selalu menawarkan rumah hunian dan bisnis(Ruko).

Faktanya harga sebuah hunian bisnis (Ruko) lebih mahal dibandingkan rumah tempat tinggal dan rumah yang tadinya ditujukan untuk tempat tinggal bisa beralih fungsi menjadi tempat usaha misalkan direnovasi menjadi Ruko.Rumah semacam ini biasanya lokasinya didepan jalan atau pojok(Hook).

Meskipun bukan ruko /bukan berada dikomplek pertokoan namun lokasinya tetap strategis dan cocok digunakan untuk bisnis di perumahan.Pertanyaannya kemudian peluang usaha rumahan apakah yang menjanjikan di perumahan? Nah…inilah yang akan saya kupas tuntas kebetulan saya tinggal di perumahan jadi lebih mengerti situasinya bahkan banyak juga yang sukses dengan bisnisnya.Penasaran ? simak ulasan berikut ini:

Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan Diperumahan

1.Toko Beras

Peluang usaha rumahan ini pasarnya selalu ada karena beras merupakan kebutuhan pokok.Meskipun beras tidak hanya dijual ditoko beras,supermarket warung kelontong juga menjual namun toko yang khusus menjual beras lebih menarik minat pembeli karena biasanya jenisnya banyak sehinga pilihan bagi pembeli jadi banyak.

Toko beras yang banyak diburu pembeli adalah toko beras yang besar dalam artian selain menjual beras eceran juga menjual partai yang lebih besar misalnya 5 kg 10 kg,20 kg atau 50 kg.Memang modal yang dibutuhkan besar namun jika modalnya kurang anda bisa memulai dari toko beras eceran atau kalau mau jual beras kemasan pilih yang 5 kg,10 kg atau 20 Kg.

Jika anda ingin memulai dari toko beras eceran caranya cukup mudah anda tinggal belanja ke agen beras belanja 3 atau 4 macam beras dari kualitas sedang sampai bagus ditambah beras kemasan.Asalkan lokasi tokonya strategis usaha ini tetap menjanjikan.

2.Grosir Sembako

Jika ada sebuah perumahan yang padat penghuninya biasanya akan diikuti dengan banyaknya warung kelontong disetiap blok atau jalan bayangkan jika ada perumahan blok nya dari A sampai 0 masing masing blok ada 2O warung kelontong hitung sendiri berapa jumlah warung kelontong yang ada.

Kondisi ini tentu menjadi peluang yang bagus untuk membuka grosir sembako atau Toko Agen Sembako karena warung-warung kelontong mendapat pasokan barang dari toko grosir sedangkan grosir sendiri mendapatkan pasokan barang dari distributor langsung.

Untuk merintis usaha grosir sembako dibutuhkan modal yang relatif besar bisa mencapai ratusan juta rupiah hal ini wajar karena stok barangnya partai besar.Selain itu dibutuhkan juga tempat yang strategis yang mudah dilihat dan dijangkau oleh pembeli.

Jika modal anda terbatas anda bisa memulai usaha ini dari semi grosir tentu stoknya lebih sedikit dan ngecer juga tidak hanya menjual secara grosir.

Baca juga : Rahasia Sukses Bisnis Toko Grosir Sembako

3.Warung Kelontong

Peluang usaha rumahan warung kelontong bisa dibilang usaha yang sangat mudah,bisa dilakukan oleh siapa saja dan modalnya juga fleksibel,bisa kecil bisa juga besar tergantung stok barangnya.Usaha ini cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga karena biasanya kebanyakan ibu-ibu tidak bekerja dan ada dirumah sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun ada juga yang menekuni usaha warung kelontong sebagai bisnis utama dan biasanya warungnya lengkap dan benar –benar dikelola dengan baik karena bukan sekedar usaha sampingan.

Untuk merintis warung kelontong kecil-kecilan modal 10 juta saja sudah mencukupi namun jika ingin warung kelontongnya bisa berkembag tidak cukup dengan modal sebesar itu.Cara merintisnya juga mudah asalkan rumahnya sudah berbentuk toko bisa segera memulai tinggal siapkan modalnya untuk belanja ke toko grosir/Agen.

Baca juga : Contoh Toko Kelontong Modal 10 Juta

4.Warung Kopi

Perumahan didaerah urban kebanyakan berprofesi sebagai karyawan atau pekerja pabrik sehingga sebagian besar waktunya dihabiskan di tempat kerja kecuali hari libur sehingga semuanya dilakukan serba cepat atau praktis termasuk dalam urusan minum kopi atau sejenisnya.

Belum lagi masyarakat lain yang berprofesi sebagai pedagang keliling,tukang ojek biasanya gemar minum kopi,teh atau sekedar makan mie instan.Wajar jika keberadaan warung kopi tetap dibutuhkan bagi sebagian orang.Jika anda memiliki lokasi yang strategis misalnya digerbang perumahan atau sentral bisnis sangat cocok jika merintis Peluang usaha rumahan warung kopi .

Merintis usaha ini terbilang mudah karena produk yang dijual sangat mudah ditemukan dipasaran seperti Mie instan,Kopi sachet,teh celup,Minuman energi.Warung kopi biasanya jam bukanya relatif lama bahkan ada yang 24 jam.Jika anda ingin warung kopinya menarik minat pembeli bila perlu sediakan juga bubur kacang ijo.

5.Depot isi Ulang

Peluang usaha rumahan berikutnya yang cukup menjanjikan adalah Usaha depot isi ulang.Kebutuhan air bersih khususnya untuk dikonsumsi baik untuk minum ataupun memasak di daerah perkotaan atau perumahan relatif tinggi karena sumber air bersih sulit ditemukan meski bisa mendapatkan air tanah dengan cara mengebor namun kualitas airnya kurang bagus belum lagi biaya pengeborannya mahal.

Apalagi jika diperumahan tersebut hanya mengandalkan air dari PAM yang bisa saja pasokannya tersendat.Cara termudah mendapatkan air bersih yaitu dengan membeli air isi ulang alasannya harganya terjangkau sekitar Rp.5000-Rp.7000 per galon dibandingkan dengan membeli air mineral kemasan galon bermerk yang bisa mencapai minimal Rp.12.500 per galon.

Modal yang dibutuhkan untuk membeli peralatan filter kurang lebih 35 juta dengan Sistem pengolahan ganda yaitu RO dan Air mineral biasa.Dengan peralatan tersebut anda bisa menjual 2 macam air sekaligus sehingga konsumen bisa memilih sesuai keinginan.

6.Bengkel Motor

Jika anda memiliki keahlian di bidang otomotif peluang usaha rumahan ini sangat cocok dilakukan karena kendaraan bermotor roda dua sudah menjadi kebutuhan pokok hampir tiap keluarga memiliki motor bahkan bisa lebih dari satu.

Kendaraan bermotor perlu dilakukan perawatan secara berkala agar tetap awet baik sekedar ganti oli,servis rutin atau ganti onderdil.Dan ini tentu harus dilakukan oleh ahlinya yaitu dengan membawanya ke Bengkel.

Jasa yang anda tawarkan selain servis motor misalnya jual beli spart part motor atau ganti oli.

7.Bisnis Pembuatan Pagar besi

Model rumah diperumahan kebanyakan belum diberi pagar oleh pengembang sehingga perlu dibuat pagar agar lebih aman.Inilah yang bisa menjadi peluang bisnis untuk membuka jasa pembuatan pagar besi.

Untuk merintis usaha ini diperlukan keahlian khusus dalam Las besi.Beberapa alat yang dibutuhkan diantaranya Las listrik,Inverter AC ke DC,gergaji mesin,Bor atau gerinda.Jika jumlah rumahnya banyak tentu menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan.

8.Tambal Ban

Peluang usaha rumahan ini meskipun terlihat remeh tapi keberadaannya sangat dibutuhkan oleh pemilik motor yang jumlahnya cukup banyak.Dengan biaya tambal sekitar Rp.10.000 per ban bisa dibayangkan berapa keuntungannya jika sedang ramai pelanggan.

Alat yang digunakan juga relatif sederhana hanya saja dibutuhkan kualitas tambalan yang bagus agar pelanggan puas.Selain jasa tambal ban keuntungan lainnya didapat dari jasa isi angin,ganti oli,jual busi atau bensin eceran.

9.Toko Buku dan Foto Copy

Jika ada perumahan besar jumlah siswa sekolah juga akan semakin banyak dan kebutuhan akan alat tulis akan semakin besar.Itulah mengapa peluang usaha rumahan toko buku dan foto copy cukup menjanjikan apalagi jika lokasinya dekat dengan sekolah besar.

Umumnya toko buku menjual alat tulis seperti buku,pensil,pulpen,pensil warna,penghapus,spidol,sampul buku,poster,Map,meja tulis,papan tulis,sabuk,seragam sekolah,Tas,Tempat pensil,Buku pelajaran dan lain-lain.

Agar terlihat langkap bisa juga menjual jam dinding,kalkulator,gantungan kunci,Al-quran.Foto copy bermanfaat sekali untuk menarik pelanggan karena alat tersebut sangat dibutuhkan namun selain foto copy jasa lainnya yang bisa menarik pelanggan yaitu cetak foto.

Dijaman canggih sekarang ini mencetak foto tidak haus ke studio foto cukup dengan komputer dan printer khusus bisa mencetak foto.Terbukti di perumahan saya ada sebuah toko buku yang ramai menggunakan jasa cetak foto yang kebanyakan dari kalangan muda.

10.Bisnis Potong Rambut

Peluang usaha rumahan berikutnya yang patut anda lirik adalah usaha potong rambut.Usaha ini banyak dibutuhkan oleh kalangan laki-laki baik anak-anak atau dewasa sedangkan kaum perempuan kebanyakan pergi ke salon.

Peralatan yang digunakan tidak membutuhkan modal yang banyak karena hanya butuh alat cukur berbeda dengan salon kecantikan.Keuntungan yang diperoleh juga cukup menjanjikan sebagai contoh untuk orang dewasa ongkos yang dipatok antara Rp.10.000-Rp.15.000.

11.Bisnis Hotspot Wifi

Peluang usaha rumahan ini belum banyak dilirik karena memang berkaitan dengan Teknologi informasi dan belum banyak yang paham terutama orang awam mereka sudah puas dengan paket internet yang ditawarkan operator seluler.Disampaing itu tidak semua masyarakat memiliki kebutuhan yang tinggi akan internet.

Namun bagi mereka yang memiliki kebutuhan akan internet yang tinggi misalnya pelaku bisnis online,paket internet yang murah,cepat dan unlimited sangat dibutuhkan dan itu belum bisa didapatkan dari paket internet yang ditawarkan oleh operator seluler.

Disinilah peluang bisnis hotspot wifi bermain karena faktanya dengan iuran perbulan Rp.100.000 per bulan sudah bisa mendapatkan akses internet unlimited selama 24 non stop.Bandingkan jika membeli paket internet di operator seluler harga sebesar itu paling paling mendapatkan kuota 6 GB Per bulan.

Modal yang dibutuhkan untuk merintis usaha ini tidak telalu besar teragntung kualitas yang digunakan untuk membeli hardware,software,Lnagganan ke ISP serta Tower.Pada tahap awal memang anda harus bersusah payah mencari pelanggan tapi dengan tarif yang lebih murah dari operator seluler saya rasa peluangnya masih menjanjikan apalagi sekarang ini social media dan layanan chatting banyak penggunanya.

12.Toko Bahan Bangunan

Bentuk bangunan yang dijual pengembang perumahan umumnya masih perlu ditambah fasilitasnya misalnya untuk halaman depan atau tanah kosong di bagian belakang sehingga mau tidak mau pemilik rumah harus merenovasi rumahnya misalnya tambah kamar,merenovasi kamar mandi atau membuat pagar dihalaman depan.

Hal Ini tentu membuat kebutuhan akan bahan bangunan cukup tinggi apalagi jika perumahan tersebut jumlah unit rumahnya banyak.Kesempatan ini bisa anda manfaatkan untuk membuka toko bahan bangunan.Barang-barang yang dijual mulai dari pasir,semen,batu koral,batu bata,batako,Besi beton,triplek,kaso,paralon hingga cat tembok.

Memang modal yang dibutuhkan lumayan besar jadi tidak semua orangbisa melakukannya.

13.Toko Peralatan Rumah Tangga

Peluang usaha rumahan menjanjikan berikutnya adalah toko peralatan rumah tangga atau masyarakat menyebutnya toko perabot.Begitu potensialnya sampai-sampai ada usaha perabotan keliling yang menggunakan mobil atau motor roda 3.

Meskipun perabot rumah tangga seperti sapu,pengepel lantai,pengeruk sampah,Sikat wc,Gayung,teko,ember,toples dan lain-lain tidak dibeli tiap hari namun selalu saja ada konsumennya.

Karena bahannya rata rata terbuat dari plastik modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar namun agar toko perabotnya menarik paling tidak koleksinya harus banyak sehingga terlihat penuh.

14.Toko Listrik dan Elektronik

Kebutuhan rumah akan peralatan listrik selalu ada seperti lampu,kabel,stop kontak,saklar,colokan karena namanya juga listrik tiap hari dipakai jika peralatan yang digunakan mutunya rendah akan cepat rusak.

Itulah mengapa usaha toko listrik dan elektronik masih cukup cerah.Jika hanya mengandalkan hasil dari penjualan alat-alat listrik tentu omsetnya tidak besar oleh karena itu harus dipadukan dengan peralatan elekronik seperti kipas angin,kalkulator,remote control,raket nyamuk,lampu emergency,dispenser bahkan speaker aktifpun bisa.

Agar lebih menarik perhatian pembeli lengkapi juga dengan bahan bangunan yang ringan seperti paralon besera sambungannya dan lem,Paku,Sapu,pengepel,cangkul,sedok semen,karpet plastik,kawat nyamuk dan lain-lain.

15.Usaha Jemputan Karyawan/Anak Sekolah

Pola pikir warga perumahan dalam menyekolahkan anak kebanyakan lebih mengedepankan mutu dari pada sekedar gratis terbukti diperumahan saya kebanyakan menyekolahkan anaknya disekolah swasta yang fasilitasnya lengkap dan jam belajarnya lebih banyak sehingga rela merogoh kocek tidak sedikit perbulannya bahkan jarak yang jauhpun rela ditempuh.

Resikonya orang tua harus rela mengantarkan anaknya pulang pergi kesekolah atau menggunakan jasa jemputan anak sekolah begitu pula dengan perumahan yang dekat dengan kawasan industri kebutuhan akan mobil jemputan cukup besar.

Jika anda memiliki mobil pribadi yang daya angkutnya banyak anda bisa mencoba menekuni usaha jemputan anak sekolah atau karyawan namun untuk bisa mendapatkan order anda harus bekerja sama dengan sekolah atau perusahan yang banyak karyawannya.

16.Laundry Kiloan

Ide sekecil apapun jika mampu dikembangkan menjadi sebuah usaha akan tetap menguntungkan salah satunya usaha laundry yang saat ini terus berkembang padahal ide awalnya Cuma mencuci pakaian.

Usaha ini merupakan peluang usaha rumahan yang prospeknya tetap cerah asalkan biayanya terjangkau konsumen akan lebih memilih mencuci kelaundry dari pada mencugi sendiri sebagai gambaran ditempat saya tarif laundry untuk cuci basah hanya Rp.3000 per Kg sedangkan untuk cuci kering Rp.5000 per Kg.

Peralatan yang dibutuhkan untuk merintis usaha ini tidak banyak cukup mesin cuci beberapa buah,setrika,timbangan serta rak untuk meletakkan baju konsumen.Agar usaha ini bisa sukses tidak cukup menunggu pelanggan namun harus menjemput pelanggan yaitu dengan cara berkeliling kerumah rumah warga.

17.Toko Susu dan Perlegkapan Bayi

Peluang usaha rumahan yang sering luput dari perhatian padahal tetap menjanjikan adalah toko susu bayi dan perlengkapannya.Tidak semua Ibu beruntung bisa memberi anaknya ASI eksklusif dengan berbagai alasan sehingga sangat membutuhkan susu formula.

Begitu pula dengan perlengkapan bayi seperti botol susu,popok anak(Diapers),sabun,shampoo,baby oil,bedak,minyak telon sangat dibuthkan oleh para ibu-ibu yang memiliki bayi.

Kunci suskes dari usaha ini ada pada harga dan kelengkapannya jika harganya lebih murah dari mini market peluang suksesnya lebih besar untuk itu sebisa mungkin anda mendapatkan pasokan langsung dari distributor.

18.Toko Bahan Kue dan Plastik

Semakin ramai penduduk disebuah perumahan semakin banyak pula usaha kecil menengah yang berkembang salah satunya usaha jajanan pasar atau kue-kue basah seperti donat,bolu,kue lumpur,martabak,lumpia,risoles,Bakpia,Onde-onde dan lain-lain.Jajanan ini biasanya dipasarkan dipagi hari disudat-sudut perumahan atau ada juga yang berkeliling.

Pedagang kue basah ini tentu membutuhkan pasokan bahan baku tiap harinya seperti terigu,gula pasir,mentega,coklat,selai,pengembang dan plastik sebagai pembungkusnya.Kebutuhan tersebut bisa ditemukan di toko bahan kue dan plastik.

Mereka lebih memilih belanja ke toko Bahan kue dan plastik karena barangnya lebih lengkap jadi semua kebutuhan tersebut ada ditoko bahan kue.

Jadi peluang usaha rumahan toko bahan kue dan plastik ini masih cukup menjanjikan apalagi jika diperumahan tersebut banyak pedagang kue –kue basah.

19.Servis Elektronik

Hidup dizaman modern seperti sekarang ini manusia tak bsia lepas dari peralatan elektronik seperti televisi,komputer,audio,penanak nasi,kulkas,pendingin ruangan(AC),kipas angin,mesin cuci sedangkan peralatan elekronik yang sudah digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama beresiko mengalami kerusakan komponennya.

Jika ada peralatan elekronik yang rusak umunnya pengguna lebih memilih untuk memperbaikinya di tukang servis dari pada membeli baru kerena biayanya murah apalagi jika kerusakannya ringan.Peluang inilah yang banyak dimanfaatkan sebagian orang untuk membuka jasa perbaikan peralatan elektronik atau servis elektronik.

Tidak mudah memang merintis usaha ini karena harus menguasai elektronik baik yang didapatkan melalui sekolah,kursus atau pengalaman pribadi jadi tidak semua orang bisa melakukannya.Selain itu untuk menjadi seorang teknisi yang handal diperlukan jam terbang yang tinggi sehingga ketika memperbaiki hasilnya bisa bagus dan cepat.

20.Pecel Lele dan Ayam Goreng

Kuliner yang satu ini sudah sangat populer khususnya didaerah perkotaan hampir disetiap sudut-sudut jalan bisa ditemukan penjual pecel lele dan ayam goreng.Kelezatan kuliner ini tidak perlu diragukan lagi apalagi sambalnya serta lalapannya yang membuat rasanya tambah nikmat.

Peluang usaha rumahan ini sepertinya tak pernah mati selalu ada saja peminatanya karena memang kuliner ini disajikan panas-panas sehingga lebih fresh.Kunci suskes dari usaha ini ada pada lokasinya serta rasanya jika enak,gurih dan renyah akan diburu pencinta kuliner.

Baca juga : Usaha Kuliner Pinggir Jalan untuk Pemula

Bagaimana menurut anda dari 20 Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan Diperumahan diatas mana yang menarik perhatian anda? Atau anda memiliki ide usaha lain silahkan share disini!

13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *