Menjajal Usaha Martabak Mini Manis Modal Kecil Untung Besar

Menjajal Usaha Martabak Mini Manis Modal Kecil Untung Besar-Peluang sekecil apapun jika mampu memanfaatkannya dengan baik akan menjadi sebuah ide bisnis yang menjanjikan.Tak Percaya? Silahkan simak pengalaman saya menjajal Usaha Martabak Mini Manis Modal Kecil Untung Besar.

Usaha martabak mini manis
Usaha Martabak mini

Keinginan untuk menjajal usaha martabak mini manis Berawal dari lokasi rumah saya yang cukup dekat dengan sebuah SD Swasta jaraknya sekitar 50 meter atau beda 1 blok rumah saya Blok L sedang SD tersebut di Blok N.Kebetulan saya suka keliling-keliling keperumahan dan pernah suatu waktu saya melewati sebuah SD yang muridnya sedang istirahat.

Kebetulan SD tersebut membolehkan muridnya jajan diluar sekolah dan saya melihat banyak pedagang makan yang mangkal disitu mulai dari penjual sosis,martabak telur,Cilok,Cireng dan lain-lain.Rata-rata pedagangnya ramai dikerubungi anak-anak sekolah yang mau jajan namanya juga jam istirahat.

Setelah saya sampai dirumah muncul ide untuk berjualan jajanan untuk anak sekolah SD.Hal yang membuat saya tertarik adalah jualannya sebentar pas anak sekolah istirahat atau sekitar setengah jam tapi langsung dapat duit karena pembelinya banyak apalagi jika murid sekolah tersebut banyak.

Disisi lain karena waktunya sebentar saya harus bisa memilih jenis jajanan yang proses pembuatannya mudah tapi siap saji(Hot Plate) dan tetap menarik bukan jajanan yang sudah matang dari rumah.Tak disangka-sangka ternyata adik saya memiliki cetakan martabak mini manis yang  jarang dipakai akhirnya munculah ide untuk berjualan martabak mini manis.

Baca juga :

10 Usaha Sampingan Karyawan Paling menguntungkan

10 Pekerjaan Sampingan Cukup Dilakukan Dirumah

Usaha Kanvas Barang Makanan Ringan

Mulailah saya berekseprimen membuat racikan martabak manis yang enak.Untungnya saya punya pengalaman berjualan kaki lima martabak manis tapi yang ukuran standar jadi saya tahu resepnya meskipun ukurannya beda tapi bahan dasarnya sama.Sampai akhirnya saya menemukan resep yang pas dan hasilnya cukup layak untuk dijual.

Usaha Martabak Mini Manis

Pembuatan Gerobak

Saya memilih membuat gerobak dengan konsep gerobak motor artinya gerobak yang saya gunakan untuk jualan bisa dinaikkan kemotor.Konsep gerobak motor sendiri ada dua yaitu gerobak yang selalu dimotor artinya setiap melayani pembeli gerobak berada dimotor sedangkan konsep yang kedua gerobak diturunkan ditempat berjualan sedangkan motornya parkir tersendiri.

usaha martabak mini manis
Gerobak Motor Usaha Martabak Mini

Saya lebih memilih konsep yang kedua karena pembuatannya lebih mudah dan ketika berjualan tidak memakan tempat karena motornya diparkir terpisah.Proses pembuatan gerobak saya kerjakan sendiri karena saya punya keahlian sedikit dibidang tukang kayu.Bahan yang saya gunakan adalah kayu kaso bekas pembangunan rumah jadi tidak perlu beli kemudian Triplek dan Seng serta alumunium.Biaya yang saya keluarkan tak lebih dari Rp.200.000.

Peralatan Pembuatan Martabak Mini Manis

Untuk berjualan martabak mini manis peralatan yang harus ada yaitu Kompor gas 1 tungku beserta tabung gas LPG 3 Kg,cetakan martabak,Loyang,tempat gula,tempat meses,tempat mentega,kuas mentega dan payung tenda.

Bahan-Bahan Martabak Manis

Bahan-bahan yang digunakan untuk merintis usaha martabak mini manis cukup sederhana yaitu Terigu,Gula Pasir,Garam,Soda kue,Gist dan Air.Sedangkan topingnya saya memilih menggunakan meses coklat,meses warna dan Selai strawberi.Semua bahan tersebut bisa dengan mudah didapatkan di Toko Khusus Bahan Kue.

Harga Martabak Mini Manis

Karena konsumennya anak-anak SD harganya harus terjangkau oleh karena itu dalam menjalankan usaha martabak mini manis ini saya mematok harga Rp.1000 per potong.Penentuan harga ini tentu sudah melewati perhitungan modal dan ternyata masih menghasilkan keuntungan yang lumayan.Dari 1 kg tepung terigu bisa menghasilkan 88 potong martabak mini manis,modal yang dibutuhkan sekitar Rp.48.000.Dengan harga jual Rp.1000 keuntungan yang didapat sekitar Rp.40.000 atau 80% dari  modal.

Fakta DiLapangan

Sudah 2 minggu setiap pagi saya mencoba berjualan martabak manis dan ternyata mendapatkan sambutan positif dari anak-anak sekolah SD.Pertama saya berjualan saya hanya membuat adonan terigu ¼ Kg untuk tes pasar ternyata langsung habis hari berikutnya saya menambah ½ kg dan nyatanya selalu habis.Sekarang saya sedang mencoba menambah jumlah adonan menjadi ¾ kg tapi sayangnya tidak selalu habis kadang masih sisa meskipun sedikit.

Meskipun demikian saya tetap semangat karena dari jualan yang sebentar dan Cuma 1 tempat saya bisa mengantongi uang antara 40 ribu sampai 60 ribu walaupun jumlah siswa SD nya sedikit.Jika saya ingin meningkatkan omset saya harus mencari SD yang jumlahnya banyak atau menambah Rit(Menambah tempat) misalnya pagi di SD siang di TK atau sore di Tempat mengaji.

Namun karena keterbatasan waktu karena saya juga usaha toko sembako dan ngeblog juga untuk saat ini saya hanya akan berjualan 1 kali saja yaitu dipagi hari saat anak sekolah istirahat sambil mencari peluang lainnya.

Demikianlah Informasi seputar Menjajal Usaha Martabak Mini Manis Modal Kecil Untung Besar berdasarkan pengalaman Pribadi Semoga bisa menginspirasi anda dalam berwira usaha.Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tulis dikomentar atau melalui kontak.Salam Sukses!

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *