Mengontrak Rumah Sambil Buka Toko Kelontong

INFOPOJOK.com-Mengontrak Rumah sambil buka toko kelontong bisa menjadi pilihan bagi anda yang menginginkan buka toko kelontong tapi tekendala tempat.Ada beberapa kemungkinan kenapa memilih mengontrak rumah sambil buka toko kelontong pertama memang sengaja mencari rumah yang lokasinya strategis kedua memanfaatkan rumah yang dikontraknya untuk usaha sampingan misalnya bagi karyawan diperkotaan.

Rumah dikontrakan bukanlah hal aneh apalagi diperumahan karena tidak selalu orang membeli rumah untuk tempat tinggal ada juga yang untuk investasi sehingga dari pada kosong kemudian dikontrakkan oleh pemiliknya.Terkadang lokasi rumah tersebut strategis misalnya didepan jalan utama dan posisinya paling pojok nah rumah seperti inilah yang sering dicari pebisnis toko kelontong yang biasanya dilakukan oleh warga pendatang.

Mengontrak rumah sambil buka toko kelontong pernah saya alami ketika pertama kali merintis toko kelontong 10 tahun yang lalu.Waktu itu sebelum berbisnis toko kelontong saya membuka usaha lain dikampung lalu saya ditawari untuk kerjasama dengan kakak untuk buka toko kelontong diderah Tambun Bekasi kebetulan kakak saya ingin membuka cabang toko kelontong ditempat tersebut.

Sebelumnya kakak saya sudah survey tempat diperumahan di daerah Tambun Bekasi dan menemukan lokasi yang cocok yaitu sebuah rumah yang berada didepan jalan utama perumahan dan dikontrakkan.Sewanya juga cukup murah waktu itu hanya Rp.1,500.000 pertahun dibandingkan dengan sewa ruko yang bisa mencapai 10 juta pertahun.Karena saya menyanggupi untuk mengelola toko kelontong tersebut akhirnya kakak saya mengontrak rumah tersebut.Singkat cerita akhirnya saya bisa merintis usaha toko kelontong  dirumah tersebut dengan dibantu seorang karyawan.

Baca juga : Nama Toko Kelontong Sarana Promosi

Mengontrak rumah
Suasana perumahan

5 Tips mengontrak rumah sambil buka toko kelontong

1.Pastikan rumah tersebut lokasinya benar-benar strategis.Lakukan survey telebih dahulu apakah padat penduduk atau tidak,banyak pedagang atau tidak seperti tukang sayur atau pedagang keliling semakin banyak pedagang menunjukkan padat penduduknya.Jangan terpaku lokasinya depan jalan utama saja.

1.Ambil sewa rumah minimal 2 tahun kedepan untuk antisipasi kontrak rumah tidak boleh diperpanjang lagi oleh pemilik rumah dengan berbagai alasan,karena jika anda hanya setahun mengontraknya anda temasuk rugi karena sudah capek-capek mencari pelanggan tapi kemudian harus pindah lagi.

2.Buat surat perjanjian dengan pemilik rumah agar tidak terjadi pemutusan kontrak secara sepihak misalnya rumah tersebut dijual sebelum kontrak habis atau alasan lainnya.

3.Jangan lupa memberitahukan kepemilik rumah kalau rumahnya akan dijadikan toko kelontong jika diizinkan barulah anda sewa.

4.Usahakan mengontrak rumah melalui pemilik rumah langsung bukan melalui pihak ke-3 atau yang dipercaya memegang kunci rumah sebab dalam beberapa kasus terjadi ternyata sipemilik rumah tidak tahu kalau rumahnya disewakan oleh pihak ke-3.

5.Buat bangunan semi permanen untuk toko anda nantinya dengan material sehemat mungkin yang penting layak untuk buka toko kelontong misalnya dengan kayu dan triplek karena biasanya rumah yang dikontrakan bentuknya rumah biasa tidak seperti ruko yang memang siap untuk dipakai buat berjualan sehingga anda harus memodifikasinya.

Itulah pengalaman berharga saya ketika dulu mengontrak rumah sambil buka toko kelontong dan saat ini saya sudah tidak mengontrak lagi dan mengelola toko kelontong sendiri.Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda yang berencana akan mengontrak rumah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *