Menaikkan Harga Barang Saat Lebaran Perlukah?

Saat musim mudik lebaran seperti sekarang ini banyak toko-toko kelontong atau agen sembako memilih tutup untuk merayakan hari lebaran sehingga masyarakat terkadang kesulitan untuk mendapatkan barang-barang tertentu seperti aqua galon,gas elpiji dan lain-lain.Hal ini sering dimanfaatkan oleh sebagian toko kelontong untuk menaikkan harga,mereka beralasan barangnya susah didapatkan karena agen sembako banyak yang tutup.

Baca juga : Toko Kelontong Bisnis Populer Mudah Merintisnya

Menaikkan harga
Toko kelontong

Bagi pembeli tidak bisa berbuat banyak karena butuh barang tersebut mau tidak mau membeli walaupun harganya naik dan hal ini sudah umum terjadi ketika lebaran.Pertanyaannya kemudian perlukah menaikkan harga saat lebaran? Apakah mempengaruhi minat pembeli untuk datang berbelanja?

Menaikkan harga sepihak bisa berefek buruk

Jika toko anda menaikkan harga secara sepihak dalam artian harga modal dari agennya tidak naik hal ini bisa berdampak buruk bagi toko anda sebab bisa saja toko lainnya harganya tetap dan jika pembeli tahu toko anda asal naik saja,hal ini bisa mengakibatkan pembebli kapok untuk berbelanja lagi.

Jika anda cermati sebenarnya momen lebaran ini bisa dijadikan saran untuk mempromosikan toko kelontong anda.Disaat toko kelontong lain tutup misalnya pemiliknya mudik lebaran peluang toko anda didatangi pelanggan baru sangat besar.Nah inilah kesempatan buat toko anda untuk menunjukkan bahwa toko anda harganya murah dan barangnya lengkap.

Jika pelanggan baru toko kelontong anda tahu harga ditoko anda ternyata tidak kalah murah kemungkinan pelanggan baru tersebut datang lagi akan semakin besar.Berbeda jika toko anda malahan dianggap harganya mahal pembeli pasti akan menandai toko anda dan peluang akan datang kembali sangat kecil.

Jika pembeli menganggap toko anda harganya mahal hal ini merupakan kerugian tersendiri bagi toko anda karena keuntungan yang anda dapatkan dengan menaikkan harga secara sepihak tidak sebanding dengan image yang akan anda dapatkan dari pelanggan toko anda.

Kesimpulannya menaikkan harga secara sepihak saat lebaran bukanlah keputusan yang tepat karena bukan menambah pelanggan bisa jadi akan mengurangi pelanggan toko anda.Anda boleh menaikkan harga jika memang harga dari agennya naik dan katakan terus terang kepada pelanggan anda bahwa dari agennya naik sehingga pelanggan anda bisa memakluminya.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kesuksesan bisnis toko kelontong anda,terima kasih atas kunjungannya.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *