Keinginan Bisnis Fashion Besar Tetapi Tidak Ada Modal? Berikut Solusinya!

Bisnis fashion menjadi salah satu jenis bisnis yang kini diminati oleh banyak orang karena pasarnya luas dan tidak ada matinya. Selain itu, trend fashion yang sangat pesat memberikan kesempatan kepada para wirausaha untuk bisa memberikan karya terbaik dan tentu saja diminati oleh banyak orang. Tidak hanya perempuan saja, kini para lelaki juga sangat hobi sekali berbelanja pakaian karena tentu saja pakaian menjadi salah satu hal pokok yang bisa menunjang rasa percaya diri ketika harus bertemu dengan banyak sekali orang atau harus bertemu di muka umum. Ada banyak sekali jenis fashion, tentu saja hal ini bisa disesuaikan dengan suasana dan tempat acara yang berlangsung.

Bisnis Fashion
Bisnis Fashion

Apakah Anda juga memiliki keinginan untuk berbisnis fashion? Jika jawabannya adalah iya maka mulai dari sekarang yakinlah bahwa apapun yang akan Anda jual tentu saja akan laku di pasaran. Tempat dagang atau lapak menjadi salah satu hal yang sering dipermasalahkan karena di zaman sekarang semua jenis bentuk sewa menyewa tentu saja dihargai dengan angka yang tinggi. Maka dari itu, sebagai pemula tentu saja Anda harus mencari solusi yang jitu untuk bisa menjawab tantangan itu semua. Rezeki tidak hanya datang berupa uang saja, namun rekan dan sahabat yang Anda miliki sekarang adalah bagian dari rezeki.

 

Tips Usaha di Bidang Fashion

Mungkin Anda pernah berpikir, bagaimana caranya memproduksi pakaian dengan kualitas terbaik namun dengan harga jual yang rendah agar diminati oleh pembeli, atau bagaimana cara menjual pakaian dengan harga mahal namun kualitas yang ditawarkan nomor satu? Jawabannya adalah sederhana, tergantung dari bagaimana cara Anda dalam mempersiapkan bisnis tersebut. Nah, bagi Anda yang sampai saat ini memiliki gambaran yang jelas maka jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini akan kami sampai mengenai tips berjualan fashion bagi pemula. Berikut penjelasan lebih detailnya.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan dan pikirkan adalah menentukan jenis fashion apa yang akan Anda tekuni, jenis pakaian seperti apa yang akan dijual, dan bagaimana cara menentukan pangsa pasar yang sesuai sehingga nantinya produk yang akan Anda jual laku keras. Misalnya saja, tentukan terlebih dahulu apakah Anda akan memproduksi pakaian tersebut sendiri ataukah dengan mengambil di suplyer.
  2. Jika Anda ingin memproduksi pakaian itu sendiri maka tentukan juga jenis pakaian apa yang akan Anda jual apakah kemeja motif, rok motif, jilbab dengan variasi gaya, gamis, celana kain, berbagai jenis jaket dan masih banyak lagi. Setelah itu, carilah informasi mengenai bahan kain yang biasanya digunakan oleh para produsen pakaian yang kini laku keras. Cara ini terbukti ampuh karena secara langsung Anda bisa mengetahui minat pembeli terhadap pakaian itu seperti apa. Sembari mencari kain yang sesuai dengan keinginan, memiliki harga yang relatif murah dan memiliki kualitas yang terbaik, Anda bisa melakukan survey model pakaian yang sedang trendi dan tentu saja tidak akan hilang karena berjalannya waktu seperti kemeja dan blouse yang tentu saja selalu digemari oleh banyak orang.
  3. Jika Anda akan mengambil di tempat lain maka survey terlebih dahulu kualitas dari produk yang dihasilkan mulai dari cara menjahitnya, kain yang dipilih dan model yang ditawarkan. Lalu bagaimana cara membranding agar produk yang biasa bisa dijual dengan harga yang sedikit mahal? Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang label brand atau label produk yang Anda miliki. Sebelum membangun bisnis tersebut, pikirkan baik-baik brand atau merek apa yang akan Anda gunakan. Setelah itu, tentu saja label brand Anda bisa Anda tempelkan di setiap pakaian yang akan dijual meskipun pada awalnya Anda membeli di suatu tempat. Agar tidak terjadi kesalah pahaman yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda mengkomunikasikan juga hal ini kepada produsen yang tadi Anda pilih.
  4. Setelah langkah persiapan sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan dimana Anda akan menjual produk-produk tersebut. Sebagai pebisnis pemula, Anda bisa terlebih dahulu membuat akun sosial media sebagai lapak jual Anda. Pastikan Anda menguasai hal-hal dasar sosial media dan berhasil membuat akun di beberapa aplikasi yang saat ini memiliki pengguna yang paling banyak seperti instagram, facebook, line, dan masih banyak lagi. Tidak hanya sampai disitu saja, Anda bahkan bisa memulai memikirkan konsep foto untuk produk-produk yang akan Anda jual. Karena sistem penjualan yang dipilih adalah sistem online maka gambar dan desain yang Anda terapkan akan menjadi modal utama dalam menarik keinginan pembeli untuk membeli berbagai jenis produk yang Anda jual.
  5. Upload atau unggah foto-foto terbaik dari produk Anda dan jangan lupa untuk menyampaikan kontak ketika akan melakukan pembelian. Jangan lupa juga untuk mencantumkan spesifikasi secara detail sehingga nantinya Anda tidak akan mengalami kesulitan dan membuang waktu menjawab berbagai jenis pertanyaan spesifikasi yang sama dari calon pembeli.
  6. Ikuti atau follow akun-akun yang sekiranya berpeluang untuk menjadi calon pembeli dari produk apa. Semakin tinggi antusias mereka, semakin besar juga kesempatan Anda untuk bisa menjual produk dengan cara yang lebih mudah, lebih gampang, dan keuntungan yang akan didapatkan juga bisa mencapai jutaan rupiah. Apakah ini sungguh-sungguh terjadi? Jawabannya adalah iya.
  7. Ketika sudah memiliki akun sosial media, Anda juga tidak diperbolehkan untuk luput dalam pengelolaannya. Sebaik dan sesering mungkin, kelolalah media sosial tersebut dengan baik, update beberapa informasi penting yang akan menarik para calon pembeli untuk mengunjungi lapak Anda. Strategi marketing yang bisa langsung Anda terapkan salah satunya adalah dengan memberikan foto terbaik, memberikan pelayanan yang baik, dan berperilaku ramah kepada pembeli.
  8. Beberapa teman yang Anda miliki sebenarnya juga akan membantu memberikan peluang terbaik kepada Anda dalam proses pemasaran. Mengapa demikian? Karena teman-teman Anda yang bisa berperan penting dalam perkembangan bisnis Anda. Misalnya saja, ketika teman-teman Anda ikut mempromosikan akun lapak Anda maka secara tidak langsung akan membuat teman-teman mereka yang mungkin tidak Anda kenal juga akan memiliki peluang untuk bisa mengunjungi lapak Anda. Semakin banyak teman yang menolong Anda maka akan semakin banyak pula yang akan memberikan kesempatan terbaik kepada Anda.

Delapan tips memulai bisnis fashion bagi pemula yang sudah dibahas di atas bisa langsung Anda praktikkan dan Anda terapkan karena memang terbukti ampuh mampu menjadi pedoman untuk bisa sukses dalam membangun bisnis mulai dari nol. Sayangnya, ada banyak sekali jiwa-jiwa wirausaha yang berhenti di niat saja karena tidak adanya modal. Lalu bagaimana caranya berbisnis tanpa modal? Jangan khawatir, Anda bisa mengajukan pinjaman dana usaha melalui pinjaman uang tanpa jaminan atau bisa terlebih dahulu menjadi dropshiper atau reseller di Tien24.

5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *