Jangan Remehkan Pesaing Toko Kelontong Anda!

Apakah disekitar toko kelontong anda ada toko baru buka? Jika YA pesan saya jangan remehkan keberadaan pesaing toko kelontong anda meskipun masih baru dan kelihatannya tokonya masih kecil.Persaingan dalam bisnis toko kelontong memang tidak bisa dihindari karena memang bisnis ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja.

Baca juga : Toko Kelontong Bisnis populer Mudah Merintisnya

Pesaing toko kelontong
Pemasok minyak curah

Apalagi jika pemilik toko tersebut merupakan warga pendatang berdasarkan pengalaman saya biasanya mereka lebih ulet dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya bahkan tak sedikit yang justru sukses yang tadinya menyewa tempat akhirnya bisa membeli tempat tersebut.Dengan kehadiran pesaing toko kelontong suka atau tidak anda harus siap-siap kehilangan salah satu pelanggan anda apalagi jika lokasi toko kelontong pesaing tersebut saling berdekatan.

Namun sebelum semuanya terjadi alangkah baiknya mulai dari sekarang anda berusaha semaksimal mungkin agar toko kelontong anda omsetnya tidak berkurang.Perlu jurus jitu agar pelanggan anda tidak berpindah ketoko lain,anda tidak bisa lagi santai hanya menunggu pembeli datang.

Tips Menghadapi Pesaing Toko Kelontong

Berikut ini berapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghadapi pesaing toko kelontong anda:

1.Usahakan memberi harga semurah mungkin untuk barang-barang yang sering dicari pembeli terutama beras,telor,minyak,gas elpiji,aqua galon atau barang kebutuhan penjual makanan seperti tukang nasi goreng,nasi uduk,gorengan,tukang kue-kue basah,warung makan,ketoprak,gado-gado.

2.Perlengkap barang toko kelontong anda tujuannya agar pelanggan anda tidak belanja ketoko pesaing anda hanya gara-gara barang yang dicari tidak ada ditoko anda walaupun kelihatannya sepele.

3.Cari pemasok barang yang harganya semurah mungkin jika memungkinkan langsung dari distributor.Jika omset tok anda bagus bisa saja toko anda mendaptakan fasilitas bayar tempo,hal ini tentu menguntungkan untuk toko anda.Bila perlu Cari barang ke hipermarket yang sedang promo harganya biasanya lebih murah dari pada belanja keagen atau jika belanja beras langsung ke penggilingan beras,belanja telor ke peternakan langsung.

4.Berikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan toko anda mulai dari kecepatan dalam melayani pembeli,teliti dalam menghitung,ketepatan timbangan,keramahan,layanan antar,parkir yang memadai,suasana toko yang nyaman.

5.Lakukan sitem jemput bola untuk pelanggan setia anda misalnya jika pelanggan toko anda pedagang nasi uduk,datangi ketika selesai berjualan dan tanyakan belanjanya apa saja.

6.Berikan intensif untuk pelanggan setia toko anda khususnya untuk para pedagang makanan yang berjualan tiap hari yaitu dengan cara bayar belakangan atau ambil dulu bayar besok namun anda harus selektif dalam memilih pelanggan dan jumlahnya dibatasi sesuaikan dengan  kemampuan modal anda.Berikan intensif kepada pelanggan yang terpercaya dan jarang  nunggak hutang.Berikan harga grosir jika belanjanya partai besar.

Jika semua langkah-langkah menghadapi pesaing toko kelontong tersebut sudah anda lakukan jangan lupa selalu berdoa semoga toko anda selalu ramai pembeli.

 

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *