Jaga Toko Kelontong  Enaknya Sambil Apa? Biar Produktif

INFOPOJOK.com-Saat jaga toko kelontong Sepi atau ramainya tidak bisa diprediksi sebelumnya walaupun ada jam-jam tertentu yang biasanya ramai pembeli namun hal itu tidak bisa menjadi patokan.Jika toko sedang ramai semuanya jadi tidak terasa namun sebaliknya jika sedang sepi akan terasa sekali.

Jika anda hanya diam saja tanpa melakukan apapun tentu akan membosankan dan suntuk bahkan mengantuk apalagi disiang hari.Jika situsi ini dibiarkan tentunya akan menjadikan anda kurang semangat saat jaga toko kelontong untuk itu anda perlu melakukan sesuatu yang produktif artinya waktu tidak terbuang sia-sia.

Baca juga : Buka toko kelontong modal pinjaman amankah?

Jaga toko kelontong
Jaga toko sambil online

Berikut beberapa kegiatan produktif saat jaga toko kelontong

1.Mengecek kondisi barang

Jika jumlah item barang toko anda banyak sesekali anda perlu mengecek kondisi barang,ada yang rusak atau tidak,cek kadaluarsanya terutama untuk barang-barang yang lakunya lambat atau barang-barang yang masa kadaluarsanya cepat misalnya susu.Perhatikan dengan seksama apakah ada yang aneh misalnya saja kopi menggumpal atau mie instan remuk .

Terlebih lagi sembako misalnya telur ayam perhatikan apakah ada bau yang tidak lazim atau ada telur yang sudah retak/pecah segera singkirkan.Begitu pula terigu/beras amati apakah ada kutunya.Jangan sampai barang-barang yang rusak tersebut jatuh ketangan pembeli dampaknya tidak main-main karena bisa saja pembeli jadi kapok atau beranggapan stok toko anda sudah lama.

2.Mengecek harga modal barang

Umumnya pemilik toko kelontong hafal diluar kepala harga modal barang namun ada kalanya harga barang naik tapi agen tidak memberi tahu terutama sembako seperti telur atau minyak goreng.Apalagi jika sekali belanja keagen itemnya banyak bisa jadi anda tidak terlalu memperhatikan harga modal karena memang kenaikan barang tidak tiap hari atau tidak tentu.

Alangkah baiknya setiap anda belanja keagen simpan bonnya jadi jika misalnya anda tidak sempat mengecek anda bisa melihatnya ketika waktu senggang.Selain untuk mengecek apakah ada kenaikan barang anda perluj uga mengecek harga modal yang turun biasanya untuk sembako seperti beras,telur atau minyak goreng karena biasanya kalau sedang turun harga akan terus turun tapi kalau sedang naik juga akan terus naik.

Jangan sampai ketika harga modal naik atau turun anda masih menerapkan harga jual  yang lama terutama jika harga modalnya turun anda juga harus segera menurunkan harga jual jika tidak harganya tidak bisa bersaing dengan toko lain.

3.Bersih-bersih barang

Suka atau tidak barang-toko kelontong anda sering terkena debu yang jika anda malas membersihkannya akan jadi tebal terutama jika musim kemarau sehingga kesannya jorok,Untuk itu alangkah baiknya jika pas ada waktu luang anda membersihkan barang dari debu yang menempel sekaligus menata ulang barangnya biar terlihat rapi sambil mengecek kondisi barang.

 

4.Aktif di sosial media

Jika perlu anda bisa mempromosikan toko kelontong anda melalui sosial media seperti facebook,Whatsup atau BBM sasarannya tentu teman-teman anda yang lokasinya dekat dengan toko anda.Untuk itu tidak ada salahnya anda menanyakan akun facebook teman atau tetangga anda sehinga jika ada barang baru atau barang murah anda bisa mempromosikan melalui sosial media.Anda bisa juga membuat halaman fanspage facebook,undang teman anda untuk menyukai fanspage toko anda.Namun yang perlu diperhatikan jangan sampai anda online ketika banyak pembeli karena bisa mengganggu pelayanan toko anda.

5.Berbisnis Online

Saat ini bisnis online sudah bukan hal baru sebagian masyarakat bahkan sudah terbiasa online dan bahkan membeli barang secara online.Jika anda memiliki komputer atau minimal handphone anda bisa nyambi berbisnis online entah jual barang sendiri,dropshipper dan affilasi.Bahkan jika anda suka menulis anda bisa berbisnis onlne melaui blog/web seperti yang saya lakukan beberapa tahun ini disela-sela kesibukan menjaga toko saya sempatkan untuk membuat blog seperti yang sedang anda baca ini.

Meskipun hanya sebagai bisnis sampingan namun jika ditekuni hasilnya lumayan juga tanpa perlu keluar rumah walaupun prosesnya tidak bisa cepat seperti toko kelontong yang tiap hari ada saja yang beli.

Bagaimana menurut anda kegiatan produktif apa saat jaga toko kelontong sambil menunggu pembeli datang? Silahkan share disini!

5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *