Cara Memilih Barang Toko Kelontong yang Aman

Salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika akan membuka usaha toko kelontong adalah cara memilih barang yang aman artinya mudah laku dan resiko kecil khususnya bagi anda yang baru pertama kali merintis usaha toko kelontong.Kelihatannya mudah tinggal belanja ke agen saja namun sebenarnya tidak sesederhana itu perlu strategi tersendiri agar barang yang anda pilih akan menghasilkan omset yang maksimal dan terhindar dari kerugian.

Perlu anda ketahui barang-barang yang ada ditoko kelontong jumlahnya cukup banyak,saya mencatat setidaknya ada 700 item mulai dari sembako,air minum kemasan,kebutuhan dapur,kebutuhan MCK,alat tulis,terigu,mie instan,obat-obatan,plastik,kopi,susu,teh dan masih banyak lagi.Bahkan tiap satu jenis barang misalnya kopi terdapat berbagai macam merk.Pertanyaannya kemudian apakah anda akan menyediakan semua jenis barang dan merk tersebut? untuk mengetahui jawabannya silahkan simak penjelasan dibawah ini:

Cara memilih barang
Contoh merk pelopor

Berikut cara memilih barang toko kelontong yang Aman

Pilih barang yang paling dicari pembeli

Berdasarkan pengalaman saya menekuni usaha toko kelontong ada 10 barang yang sering dicari pembeli diantaranya Beras,Telur ayam,Minyak goreng,Gas elpiji 3 kg,Gula pasir,Kopi,Susu,Sabun,Mie Instan,Aqua galon.

Baca juga : Tips Bisnis Toko Kelontong Penting Wajib Bisa

Pilih Merk Barang yang memimpin pasar

Anda tahu bukan detergen Rinso? itulah salah satu contoh merk barang yang memimpin pasar atau pelopor artinya meskipun pembeli sebenarnya ingin membeli merk lain tetap saja menyebutnya rinso.

Agar barang yang anda jual mudah laku utamakan memilih merk produk yang memimpin pasar terlebih dahulu dibandingkan merk yang baru muncul.Berikut contoh barangnya: Aqua,Pepsodent,Indomie,Mamypoko,Tehbotol,susu Ultra,Tehgelas,susu bendera,Abc susu,Kopi kapal api,Energen,Royco,Tehkotak,Sofell

Utamakan memilih barang yang tahan lama

Dalam memilih barang toko kelontong utamakan/perbanyak barang-barang yang sifatanya tahan lama,tidak mudah rusak atau masa kadaluarsanya panjang misalnya minuman ringan kemasan,air mineral,sabun,plastik,alat tulis,sandal jepit,alat listrik,makanan ringan.

Pilihlah barang yang mudah mendapatkannya

Tidak semua barang toko kelontong mudah ditemukan diagen atau distributor terkadang ada yang susah tapi barangnya laku.Saran saya jangan terlalu memaksakan untuk menyediakan barang tersebut apalagi jika harus mencari keagen yang jaraknya jauh

walaupun sebenarnya barang yang langka dipasaran bisa menjadi daya tarik pembeli karena ditoko lain tidak ada yang menyediakan tapi utamakan barang yang mudah dicari dulu yang penting toko berjalan dulu dari pada anda sibuk mencari barang tersebut.

Sediakan barang yang sering muncul iklannya di Televisi

Televisi saat ini merupakan media yang efektif untuk mempromosikan produk melalui iklan sehingga produsen barang-barang konsumsi berlomba-lomba mengiklankan produknya di televisi terutama produk baru sehingga masyarakat cepat mengetahuinya.

Tak ada salahnya jika anda menyediakan barang tersebut jika memang barangnya ada diagen dan produsennya perusahaan ternama karena biasanya pembeli akan mencarinya.Namun begitu anda tetap harus memperhatikan berapa harganya apakah bisa bersaing dengan produk yang sudah lama ada.

Mudah-mudahan informasi cara memilih barang toko kelontong yang aman diatas bermanfaat.

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *