Cara Bisnis Toko Kelontong Dalam Melayani Pembeli

Cara bisnis toko kelontong meskipun terlihat sederhana namun dalam prakteknya memerlukan beberapa trik khusus tujuannya supaya pembeli kembali datang lagi jadi tidak cuma sekali atau menjadi langganan.Seperti yang sudah pernah saya singgung diartikel sebelumnya faktor harga murah menjadi salah satu alasan kenapa pembeli kembali datang untuk berbelanja namun harga murah saja tidak cukup tanpa dibarengi pelayanan yang baik terutama dalam melayani pembeli.
Baca juga : Toko Kelontong Bisnis Populer Mudah merintisnya

Cara Bisnis toko kelontong
Siap Antar!

Coba bayangkan suatu ketika anda membeli disebuah toko kebetulan sedang ramai sehingga harus antri satu persatu namun ternyata toko tersebut justru melayani pembeli yang baru datang saya yakin anda pasti akan kecewa bahkan bisa saja anda tidak jadi berbelanja.Itu baru salah satu contoh pentingnya melayani pembeli yagn baik sebagai salah satu cara bisnis toko keontong.Oleh karena itu jika toko anda ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan anda perlu memperhatikan cara bisnis toko kelontong dalam melayani pembeli.
Baca juga : Sukses Bisnis Toko Kelontong Jurus Ampuh

Berikut Ini Cara Bisnis Toko Kelontong Dalam Melayani Pembeli

1.Pertama datang Pertama dilayani
Biasakan melayani pembeli dengan melihat siapa yang datang duluan dan layani sampai tuntas meskipun jumlah belanjaannya banyak hindari melayani pembeli sekaligus 2 atau lebih karena justru akan lebih lama kecuali jika pembeli yang datang belakangan membeli barang hanya satu dan bisa mengambil sendiri misalnya gas elpiji,aqua galon atau minuman mineral kemasan.

Agar pelayanannya cepat hindari berbincang-bincang dengan pembeli seperlunya saja pokoknya yang ada kaitannya dengan transaksi misalnya Tanya harga apalagi sambil menghitung jumlah belanjanya rawan terjadi kesalahan.Jika kebetulan ada sales dari distributor datang dahulukan pembeli dulu kalau sudah selesai baru berurusan dengan sales.

2.Tata cara melayani pembeli yang baik

-Tanya dulu mau beli apa saja

-Ambil semua barang yang dibutuhkan pembeli kumpulkan dalam satu tempat misalnya meja atau diatas etalase sehingga tidak ketinggalan ketika dihitung.

-Setelah barang diambil semua untuk memastikan jangan lupa tanyakan pada pembeli apalagi? atau” Tambah apalagi?” “Ini saja?” Atau jika pembeli tersebut merupakan pelanggan tawarkan barang yang biasa dibeli oleh pelanggan tersebut.Terkadang ada pembeli yang belinya nyicil artinya ketika sudah mau dijumlah nambah lagi sehingga repot menghitungnya.

-Catat semua barang yang dipesan pemebeli satu persatu

-Masukkan satu persatu barang barang tesebut kedalam kantong kresek atau kardus sambil dicek lagi.Pastikan semuanya benar terutama kuantitasnya misalnya 2 pak jangan sampai salah menulis 1 pak.

-Jumlah berapa total belanjaanya
-Terima pembayaran jangan lupa cek keaslian uang
-Selesai baru layani pembeli selanjutnya.

3.Melayani pembeli yang memesan barang
Jika toko anda melayani layanan antar sepeti gas elpiji,aqua galon, minuman kemasan atau beras biasanya akan ada pembeli yang memesan barang baik langsung datang ketoko atau lewat telepon,Jangan lupa sediakan buku khusus untuk mencatat pesanan hindari hanya dihafalkan tidak ditulis karena bisa saja anda lupa karena sambil melayani pembeli apalagi jika barang tersebut akah digunakan bisa-bisa pembeli kecewa.

Demikianlah informasi tentang Cara Bisnis Toko Kelontong Dalam Melayani Pembeli mudah-mudahan bisa membuat toko kelontong anda semakin banyak pelanggan.

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *