Bunda, Ikuti Langkah Ini Agar Dapur Selalu Bersih!

Mungkin banyak sekali ibu rumah tangga yang tidak memperhatikan kebersihan dapur sehingga dapur anda banyak sekali bersarang kuman dan virus. Hal ini dapat membuat makanan yang anda masak untuk keluarga menjadi terinfeksi bakteri dan kuman yang dapat membahayakan kesehatan keluarga anda. Maka, anda harus rutin untuk membersihkan dapur anda.

dapur bersih

Membersihkan dapur terlihat adalah pekerjaan yang sangat berat. Cara terbaik untuk menghadapi pekerjaan berat seperti membersihkan dapur adalah dengan membaginya menjadi bagian-bagian yang dapat diselesaikan sedikit demi sedikit. Lebih baik lagi kalau Anda bisa membersihkannya ditemani dengan alunan musik yang dapat membuat anda lebih bersemangat lagi. Berikut langkah–langkah membersihkan dapur anda agar terlihat selalu bersih:

  1. Membersihkan Permukaan Kompor

Bersihkan sumbu kompor anda baik untuk tipe gas dan listrik Anda harus membersihkannya. Sumbu kompor gas bisa dicuci dengan tangan anda lalu gunakan air hangat yang dicampur sabun cair jenis apapun. Jika sumbu kompor Anda adalah tipe yang bisa dibersihkan menggunakan mesin pencuci piring, bersihkan dulu sisa-sisa makanan yang mungkin dapat membuat tersangkut, kemudian masukkan ke dalam mesin pencuci piring. Sumbu kompor listrik bisa dibersihkan dengan spons atau lap yang lembab. Tatakan panci kompor Anda dibersihkan sesuai dengan kelompok jenisnya. Jika tatakan panci kompor Anda terbuat dari besi tetapi tidak dilapisi enamel, bersihkanlah dengan sabut aluminium dan jika dilapisi enamel, gunakan spons atau lap yang lembut.

  1. Membersihkan Meja atau Keramik Dapur

Banyak sekali ibu rumah tangga yang hanya mengelap meja dapur mereka saja, tanpa memperhatikan apakah bersih atau tidak. Padahal tanpa saat anda memasak atau tidak anda harus tetap membersihkan meja dapur anda dengan menggunakan cairan khusus supaya bersih dan terbebas dari kuman serta bakteri. Pastikan anda juga membersihkan hingga ke sela-sela keramik atau kayu meja dapur anda agar tetap terlihat bersih.

  1. Membersihkan Kulkas

Selain sebagai alat pendingin dan pengawet makanan, kulkas juga berfungsi untuk menyimpan makanan anda agar tetap segar dan aman untuk disimpan. Maka anda harus memperhatikan kebersihan kulkas anda supaya dapur anda juga tetap terlihat bersih. Gunakan kain lap atau spons yang lembab untuk membersihkan permukaan dan didalam kulkasnya, selain itu anda juga bisa menggunakan soda kue untuk dapat menyerap bau yang tidak enak dan dapat membuat kulkas anda terlihat kembali segar. Untuk bagian freezer anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air cuka dicampurkan dengan sabun pencuci piring dan taruhlah kedalam botol penyemprot sehingga anda dapat langsung menyemprot freezer anda.

  1. Membersihkan Lemari

Selain sebagai penyimpanan peralatan dapur dan makan, lemari di dapur juga tidak lupa untuk dibersihkan. Agar peralatan dapur tidak terkontaminasi dengan kuman dan bakteri serta tentunya jadi terlihat bersih. Langkahnya adalah dengan memisahkan barang-barang yang masih bisa digunakan maupun yang sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Lalu siapkan cairan pembersih khusus jika lemari anda terbuat dari kayu agar tidak keropos dengan cairan tersebut. Selain itu bersihkan bagian muka lemari dari sisa kotoran debu dan minyak dengan lap basah, kemudian keringkan dengan lap kering hingga ke sela-sela bagian lemari.

 

Jika dirasa tips di atas cukup lengkap bagi anda, dan tertarik untuk membeli perlengkapan elektronik untuk dapur anda maupun peralatan pembersih dapur, silahkan kunjungi MatahariMall.com karena terdapat koleksi terlengkap dan promo menarik bagi anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *