Buka Toko kelontong Modal Pinjaman Amankah?

Modal merupakan bagian terpenting ketika Anda memutuskan untuk buka toko kelontong,tanpa modal yang cukup cukup sulit untuk mengembangkan toko kelontong.Namun sekarang ini untuk mendapatkan pinjaman modal tidak terlalu sulit bahkan ada yang tanpa agunan sehingga ada yang memanfaatkannya untuk modal usaha salah satunya buka toko kelontong.

Baca juga : Peluang Bisnis Toko Kelontong diperumahan

Memulai bisnis dengan modal pinjaman bukanlah hal yang aneh dan bisa saja hal tersebut dilakukan dalam bisnis namun jika modal pinjaman tersebut dipergunakan untuk buka toko kelontong,Amankah? Nah untuk menjawabnya saya ingin berbagi pengalaman seputar seluk beluk toko kelontong sehingga anda bisa menyimpulkan sendiri jawabannya.

Buka toko kelontong
Beras rentan rusak jika tidak cepat terjual

Modal yang dibutuhkan untuk buka toko kelontong

Untuk merintis sebuah toko kelontong yang lengkap dibutuhkan modal yang tidak sedikit,berdasarkan pengalaman saya butuh minimal modal 30 juta baru barangnya lengkap.Jika anda mengajukan pinjaman sebesar itu saya rasa tidak mudah kalau tidak pakai agunan dan resiko jika pinjaman besar cicilan dan bunganya juga besar.Apakah anda sanggup membayar cicilannya?

Butuh waktu mendatangkan pelanggan toko kelontong

Omset toko kelontong sangat bergantung kepada jumlah pembeli semakin banyak pembeli omsetnya juga semakin besar namun karena keuntungan toko kelontong terbilang tipis butuh pembeli yang banyak atau omset yang besar.

Jika anda baru buka toko kelontong butuh proses sampai mendapatkan pelanggan yang banyak dan hal itu tidaklah mudah apalagi jika sudah ada pesaing dan sangat tergantung dari berbagai faktor misalnya lokasi,strategi pemasaran atau promosi.

wajar saja jika toko kelontong yang baru buka omsetnya belum stabil bahkan bisa saja sepi pembeli.Jika anda buka toko kelontong dengan modal pinjaman otomatis anda harus membayar cicilan tiap bulannya dan jika omsetnya masih kecil penghasilan yang ada tidak bisa menutupi jumlah cicilan yang harus dibayar.

Bisa ditebak akhirnya anda akan mengambil uang modal dan jika hal ini terus berlangsung bisa saja modalnya habis untuk membayar cicilan.

Beberapa barang toko kelontong sifatnya mudah rusak

Perlu anda ketahui tidak semua barang toko kelontong sifatnya tahan lama ada pula yang mudah rusak tapi banyak dibutuhkan pembeli misalnya beras,telor,terigu,mie instan,gula merah termasuk barang yang ada kadaluarsanya belum lagi jika ada serangan tikus.

Resikonya jika toko anda tak kunjung ramai dan barangnya mandeg atau tidak berputar barang-barang tersebut bisa rusak atau tidak bisa dijual.Hal ini tentu akan merugikan toko anda.

Kesimpulannya buka toko kelontong menggunakan modal pinjaman resikonya cukup tinggi apalagi jika anda hanya mengandalkan penghasilan dari toko kelontong,lebih amannya menggunakan modal uang sendiri.

 

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *