Bisnis Makanan Sepi Haruskah Ganti Jenis Lain?

INFOPOJOK.COM,Bisnis Makanan Sepi Haruskah Ganti Jenis Lain?-Setiap bisnis pasti menginginkan hasilnya menguntungkan tapi apa jadinya jika ternyata sepi pembeli? Apalagi jika bisnis makanan sepi resiko kerugian sudah ada didepan mata.Bisnis makanan memang memiliki kelebihan karena urusannya sudah sama perut jadi siapa saja butuh tapi tidak menjamin setiap bisnis makanan akan ramai pembeli terutama yang  baru buka.

Bisnis Makanan Sepi
Seorang Penjual Makanan Bilor sedang melayani pembeli (Dok Pribadi)

Jika bisnis makanan sepi kerugian terbesar adalah terbuangnya bahan baku karena rata-rata bahan makanan yang sudah siap diolah atau sudah jadi tidak bisa bertahan lama contohnya gorengan,donat,martabak,nasi uduk,bubur ayam dan lain-lain.Jika terus membuang makanan yang tersisa tentu saja jika jumlahnya banyak lama-lama akan menghabiskan modal karena tidak untung sehingga untuk membeli bahan baku yang baru harus mengeluarkan modal lagi.

Tak jarang bisnis makanan gulung tikar alias tutup karena bisnis makanan sepi dan terus merugi.Pertanyaannya kemudian apakah jika bisnis makanan sepi anda harus ganti jenis makanan lain? Misalnya saja tadinya anda berjualan Es Cincau beralih berjualan Bakso bakar.Hal ini penting karena usaha harus tetap berjalan apalagi sudah menjadi sumber mata pencaharian utama berhenti usaha sama saja menganggur.

Berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman seperjuangan penjual makanan kaki lima,ada beberapa langkah yang harus diperhatikan jika bisnis makanannya sepi pembeli,diantaranya:

1.Cari penyebabnya

Sepinya bisnis makanan bisa terjadi karena beberapa sebab seperti harga yang mahal,persaingan,tingkah laku pembeli,musim atau lokasi.Jika karena harganya mahal mau tidak mau anda harus menurunkan harga dengan catatan masih tetap untung namun jika tidak memungkinkan anda bisa membuat varian makanan yang lain dengan harga yang lebih murah.Misalnya tadinya anda menjual makanan dengan harga Rp.2000 anda buat yang harganya Rp.1000 tapi lebih kecil.

Jika sepinya pembeli disebabkan karena tingkah laku pembeli misalnya bosan atau banyak pesaing salah satu solusinya adalah mencari tempat mangkal lain karena bisa jadi ditempat ini jualan anda sepi tapi ditempat lain ramai Karena selera orang berbeda-beda.Sebagai contoh Bisnis makanan teman saya tadinya mangkal di sebuah TPA tapi karena disitu banyak penjual makanan lain akhirnya mengalah pindah ketempat lain.

Jika sepinya karena musim,ini yang butuh keberanian anda mau tetap berjualan jenis makanan yang lama atau pindah jenis makanan lain.Sebagai contoh pada musim hujan ini bisnis minuman dingin atau apa saja yang dicampur es cenderung akan sepi pembeli jika anda bertahan dengan jualan yang lama tentu anda akan merugi baik karena anda libur jualan atau jualan tapi sepi pembeli.

Baca juga : Rahasia Sukses Bisnis Martabak Mini Unyil Manis

2.Cari bisnis makanan lain yang lebih mengutungkan

Jika memang anda sudah berusaha semaksimal mungkin tapi nyatanya bisnis makanan anda masih sepi mau tidak mau anda memang harus berganti jenis makanan yang dijual.Namun sebelum memutuskan ganti jenis makanannya amati selera pembeli ditempat mangkal anda misalnya pembeli suka yang digoreng dan rasanya pedas anda bisa mencoba jenis makanan tersebut.

Sebagai contoh teman saya tadinya berjualan CILOR namun karena hasilnya kurang maksimal kemudian beralih menjual Bilor.

Baca juga : 5 Kelebihan Bisnis Makanan Kaki Lima

3.Cari Bisnis makanan yang modalnya kecil

Jika memang anda harus berganti jenis bisnis makanan lain usahakan mencari bisnis makanan yang anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal.Sebagai contoh jika anda sudah memiliki gerobak motor beserta peralatan memasaknya seperti tabung gas dan Kompor gas anda bisa mencari bisnis makanan yang tinggal membeli peralatan masaknya saja.Misalnya anda tadinya berjualan Cakwe berpindah berjualan makaroni goreng jadi anda Cuma tinggal membeli bahan bakunya saja.

Baca juga : 10 Bisnis Makanan Modal Kecil Menjanjikan Dipasar Kaget.

Sebaiknya anda mencari bisnis makanan pengganti yang pengolahannya tidak ribet dan bahan bakunya murah seperti Usaha Martabak Mini,takoyaki,Sosis Bakar,Kue Pukis dan lain-lain.

Kesimpulannya jika bisnis makanan sepi jangan buru-buru ganti bisnis makanan lain tapi cari tahu dulu apa penyebabnya jika memang masih masih bisa dipertahankan artinya sepinya hanya sesekali dan masih secara keseleruahan menguntungkan sebaiknya pertahankan bisnis makanan tersebut tapi kalau memang sudah tidak menguntungkan sebaiknya memang ganti bisnis makanan lain tapi tetap harus cermat dalam memilih bisnis makanan yang baru.

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *