Agen Aqua Galon Bisnis Rumahan Menguntungkan

INFOPOJOK.com-Merintis usaha agen aqua galon bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin memulai usaha yang resikonya kecil namun potensinya masih cukup menjanjikan pasalnya sekarang ini sumber air bersih sudah tidak melimpah seperti dulu seiring dengan pembangunan terutama didaerah perkotaan.

agen aqua galon
Kendaraan Roda 3 sedang nganvas

Berbisnis agen aqua galon terbilang relatif mudah tanpa harus memiliki keahlian tertentu anda cukup menyediakan modalnya kemudian tempat dan pemasoknya.Mencari pembelinya juga tidak susah karena memang produk aqua sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia sehingga anda tidak perlu meyakinkan pembeli.

Baca juga : Cara memilih barang toko kelontong yang aman

Persiapan Merintis Agen Aqua Galon

1.Mencari tempat usaha

Langkah ini menurut saya paling penting karena akan menentukan kesuksesan usaha ini.Pilihlah tempat yang strategis cirinya berada didepan jalan,Kondisi jalan yang bagus,Pemukiman padat penduduk,mudah dijangkau,parkir luas karena usaha ini sangat bergantung pada tempatnya.Salah satu contoh pasokan baranngya membutuhkan jalan yang lebar karena biasanya menggunakan mobil pickup atau truk engkel.

2.Mencari pemasok

Untuk mendapatkan harga yang bersaing anda harus mendapatkan pasokan barang langsung dari distributor atau agen besar(SO).Jika anda kesulitan menemukan distributor anda bisa juga mencari pasokan dari agen besar.Ciri Agen besar bisa dilihat dari jumlah galon yang turun ketika kirim barang biasanya sekali bongkar 1 truk sekaligus.

Distributor biasanya melakukan pemasaran secara kelililing(Nganvas) ketoko pengecer menggunakan mobil engkel satu minggu sekali berbeda dengan agen besar(SO) anda bisa pesan kapan saja tidak harus menunggu 1 minggu dengan catatan pesannya banyak.Harga dari distributor dan Agen besar bisa saja berbeda contohnya sekarang harga distributor Rp.12900/galon tapi jika belanja keagen besar Rp.12.800 dan itu bisa dinego lagi kalau belanjanya banyak misalnya 50 galon sehingga anda bisa menjual dengan harga resmi.

3.Persiapan peralatan

Kebanyakan pembeli  yang berbelanja keagen aqua galon akan dijual kembali atau pengecer dan rata-rata pesanannya minta diantar jarang yang ambil sendiri kecuali orang yang beli eceran sehingga kendaraan mutlak diperlukan.Untuk tahap awal minimal menggunakan motor roda dua dan anda perlu membuat keranjang dari besi yang muat untuk 5 galon hanya saja anda tidak bisa berkeliling atau nganvas.Kendaraan yang paling pas tapi harganya terjangkau adalah motor roda 3 bisa multifungsi.

Anda juga perlu memiliki galon aqua kosong terlebih dahulu sebelum berbelanja keagen atau distributor.Anda bisa membeli lansung ke distributor atau agen besar saat belanja pertama kali atau anda bisa mencari keorang yang mau menjual galon misalnya saja bekas toko tutup.Jika anda belanja kedistributor paling tidak harganya sekitar Rp.30.000/galon tapi kalau anda beli kebekas toko tutup atau orang butuh bisa lebih murah.

Peralatan lain yang tak kalah penting adalah handpohone atau telepon sebagi alat komunikasi dengan distributor atau agen besar bisa juga sebagai sarana layanan pesan antar sehingga nantinya pelanggan cukup pesan lewat handphone.Jika anda mau Buatlah kartu nama dengan menyebutkan nama toko,alamat dan nomor handphonenya.

Kartu nama akan sangat berguna saat awal awal buka toko sebagai sarana promosi,setiap ada pembeli atau ketika berkeliling(nganvas) berikan kartu nama kesetiap toko pengecer.

Potensi Keuntungan Agen Aqua Galon

Sebelum anda memutuskan merintis usaha agen aqua galon sebaiknya anda mengetahui berapa potensi keuntungan dari usaha ini.Perlu anda ketahui meskipun aqua galon termasuk produk yang mudah laku namun margin keuntungan per galonnya relatif kecil sehingga anda harus mengejar kuantitas atau banyaknya jumlah galon yang terjual.

Sebagai contoh harga modal dari distributor Rp.12.900 per galon jika dijual dengan harga grosir harganya Rp.13.500 jadi jika anda sehari mampu menjual 50 galon keuntungannya hanya Rp.600×50=Rp.30.000,Wajar saja jika kemudian agen aqua galon tidak hanya menjual air galon saja namun menjual barang lainnya seperti gas elpiji 3 kg,minuman ringan kemasan,makanan ringan dan lain-lain banyak juga yang merangkap sebagai grosir sembako.

Saya pernah ngobrol dengan pemilik grosir sembako besar dimana grosir tersebut bisa menjual aqua galon dengan harga seperti distributor,pemilik grosir tersebut mengatakan aqua galon hanya sebagai pelengkap saja bukan bisnis utama.

Keuntungan Berbisnis Agen Aqua Galon dari Sisi Pemasaran

Jika anda ingin merintis usaha grosir sembako anda bisa memanfaatkan aqua galon sebagai pembuka jalur pemasaran karena termasuk barang cepat laku.Dengan mendatangi toko pengecer sama saja anda membuka jalur pemasaran untuk bisnis grosir sembako anda semakin banyak pelanggan aqua galon semakin terbuka kesempatan untuk menawarkan barang lainnya dan sekaligus mempromosikan toko grosir sembako anda.

Demikianlah informasi tentang Agen Aqua Galon Bisnis Rumahan Menguntungkan,Semoga menginspirasi anda dalam berwirausaha Terima kasih atas kunjungannya.

One Comment

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *