6 Langkah Mudah Membuat Toko Online Dropship

INFOPOJOK.COM,6 Langkah Mudah Membuat Toko Online Dropship-Punya Keinginan Buka Toko Online tapi terkendal Modal? Tenang saja sekarang ini ada solusi jitu, mudah dan Murah Buka toko online yaitu melalui sistem Dropship. Apa itu Sistem Drophsip?  gambarannya seperti ini Si A memiliki produk  (Supplier)kemudian Si B ikut membantu memasarkan produk Si A dimana jika ada yang beli produk tesebut pembeli akan membayar ke Si B kemudian Si B mengambil produk dari Si A. Jelas Bukan?

 Langkah Mudah Membuat Toko Online Dropship

Dengan kata lain Dropship adalah sebuah cara memasarkan produk dimana penjual tidak memiliki stok produk,  jika penjual mendapatkan pesanan akan meneruskan pesanan tersebut kesupplier. Jika pemasarannya dilakukan secara online atau toko online dropship tidak ada perbedaan antara toko online dropship dengan yang bukan dropship karena tokonya atas nama penjual bahkan rekeningnya juga milik penjual, tanggung jawabnya juga sama.

Baca juga :

Cara Meningkatkan Penjualan Online Terbukti

Rahasia Mendatangkan Pembeli Toko Online Tanpa Ngiklan

Bisnis Dropship Online Marketplace Solusi Jitu Jualan Online

Jadi sekarang ini siapa saja bisa membuat toko online meski tanpa memiliki stok produk apalagi teknologi informasi semakin berkembang sehingga semuanya jadi mudah. Saya tertarik membuat toko online sistem dropship apa yang harus saya lakukan? Inilah yang akan saya kupas pada kesempatan kali ini. Penasaran ? Berikut informasi selengkapnya.

 

6 Langkah Mudah Membuat Toko Online Drophsip

1.Mempersiapkan Sarana dan Prasarana Toko Online Dropship

Langkah awal atau langkah dasar yang perlu dipersiapkan sebelum merintis toko online Dropship adalah mempersiapkan sarana dan prasarana yang bersifat dasar seperti Rekening Bank, Komputer, Ponsel, Koneksi internet serta pengetahuan tentang internet seperti browsing, Chatting ,Upload/Download file.

Rekening Bank minimal satu kalau bisa Mandiri, BCA atau BRI kalau bisa ketiganya lebih baik lagi dan jangan lupa gunakan Kartu ATM. Pelajari Cara menggunakan internet Banking /Mobile Banking karena ini penting dalam transaksi misalnya untuk mengecek transferan uang dari pembeli atau membayar ke supplier.

Komputer digunakan untuk mengakses website toko online atau supplier, Order produk dan tidak harus menggunakan spesifikasi komputer yang tinggi komputer dengan proseseor Core duo sudah mencukupi. Ponsel digunakan untuk berkomunikasi dengan calon pembeli atau supplier dan rata-rata menggunakan aplikasi chat Whatsapp (WA). Hal yang penting lainnya adalah Koneksi internet Karena ini merupakan sarana yang cukup vital karena akan digunakan untuk mengakses internet mulai dari mengakses website toko online, promosi ke media sosial, chatting, mengupload file hingga membuat properti toko online seperti halaman fanspage, Akun media sosial (Twitter/Instagram), Channel Youtube, Hingga membuat Blog.

2.Menentukan Produk yang Akan dijual

Langkah mudah membuat toko online dropship berikutnya adalah menentukan produk yang akan dijual ditoko online. Prinsipnya carilah produk yang banyak dibutuhkan orang. Saran saya sebaiknya cari produk yang anda menguasainya atau minimal pernah memakainya/membelinya. Bagus lagi jika sesuai dengan hobi atau minat.

Buatlah daftar prosuk-produk apa yang akan dijual kemudaian survey ke situs marketplace. Pilihlah produk yang  menjadi hot trend atau yang penjualannya banyak. Saran saya fokus ke satu niche dulu misalnya fashion, Tas, Sepatu. Kecantikan. Hal ini akan mempermudah anda dalam optimasinya. Jangan lupa cari produk yang tidak banyak menimbulkan banyak pertanyaan dari calom pembeli misalnya peralatan memasak, T shirt, Jam Tangan, Sepatu dan lain-lain.

3.Mencari Supplier Terpercaya

Setelah ketemu produk yang akan dijual langkah mudah membuat toko online dropship berikutnya adalah mencari supplier yang terpercaya. Kenapa harus terpercaya ? Karena masih marak penipuan diinternet khususnya pemain dropship dimana dropshipper sudah mengirimkan uang tapi ternyata suppliernya bodong atau penipu.

Itulah mengapa perlu mencari supplier yang terpercaya dan cara yang paling mudah adalah mencari suplier kesitus marketplace. Saya merekomendasikan mencari ke Tokopedia dan Bukalapak. Kenapa demikian karena transaksi disana relatif aman dari penipuan. Uang tidak akan dikirim kepenjual jika produknya benar-benar sudah diterima dan tidak ada komplain.

Lalu bagimana caranya memilih supplier yang tepat? Pertama tentu harganya yang  termurah dari sekian banyak pelapak. Lihat juga testimoni dari pembeli kalau mayoritas testimoninya positif berarti layak untuk dijadikan supplier. Lalu untuk mengetahui kualitas produk dan pelayanannya mau tak mau anda harus membeli minimal 1 agar anda bisa mengetahuinya.

Carilah supplier yang mencantumkan nomor ponsel (WA) karena cukup penting ketika bertranskasi misalnya menanyakan stok, resi pengiriman atau jika menemui kendala. Saya sendiri merasa terbantu dengan adanya nomor WA supplier contohnya ketika ada pembeli yang mencantumkan alamat kurang lengkap saya Tanya ke supplierkira-kira bisa sampai atau masalah nggak? Atau ketika mengakses website supplier tapi error.

4.Membuat Website Toko Online

Langkah selanjutnya dan ini cukup penting karena pembeli nantinya akan diarahkan kewebsite toko online. Kenapa harus membuat website toko online bukankah cukup menggunakan media sosial seperti facebook atau instagram? Memang bisa buka toko online tanpa memiliki website tapi jika anda memilih mengunakan facobook misalnya, maka pemasaran yang anda lakukan harus aktif artinya anda harus rutin menawarkan produk seperti Sales yang ada dibisnis ofline.

Berbeda jika anda menggunakan website anda bisa melakukan pemasaran secara pasif artinya mengoptimalkan mesin pencari seperti Google sehingga website toko online anda bisa tampil dihalaman satu. Jika sudah begitu pengunjung akan datang sendiri ke website toko online.

Dengan menggunakan website toko online tingkat kepercayaan pembeli akan semakin besar untuk itu langkah mudah membuat toko online Dropship ini patut anda lakukan.

Website toko online ada yang berbentuk katalog, landing page atau blog tinggal pilih mana yang sesuai dengan produk toko online anda. Jika produknya banyak maka lebih cocok menggunakan katalog (Gambar). Landing page cocok sekali untuk toko online yang produknya sedikit. Sedangkan toko online yang berbentuk blog menampilkan banyak informasi tidak hanya produk tapi bisa juga berupa tips-tips yang berhubungan dengan produk.

Werbsite Sendiri ada yang gratis ada pula yang berbayar. Website gratisan contohnya Blogger.com atau WordPress.com sedangkan website berbayar anda harus membeli domain dan hosting. Bisa juga tanpa hosting berbayar misalnya hosting di blogger.com. Saran saya gunakan website berbayar agar tingkat kepercayaan pembeli semakin besar.

Ada cara mudah dan murah memiliki toko online tanpa harus membeli domain/hosting yaitu dengan bergabung menjadi pelapak di situs marketplace seperti tokopedia atau bukalapak. Anda cukup mengupload produk dari supplier ke lapak anda dan usahakan alamatnya sama dengan supplier sehingga ongkos kirimnya sama.

 

5.Membangun Properti Toko Online

Setelah toko online anda launching diinternet anda harus mengoptimalkan website agar bisa ditemukan pengunjung diinternet untuk itu anda harus melakukan lagnkah mudah membuat toko online dropship yang satu ini yaitu membangun properti toko online tujuannya agar pembeli lebih mudah menemukan toko anda. Beberapa properti toko online yang bisa anda buat :

1.Halaman fanspage

2.Akun Twitter

3.Akun Instagram

4.Channel Youtube

5.Blog (Gratis/Berbayar)

6.Akun Google Bisnis

Usahakan membuat nama profil yang sama sehingga lebih meyakinkan, aktiflah diproperti-properti tadi khususnya di bulan-bulan awal sehingga toko online anda akan lebih dikenal. Berdasarkan pengalaman saya halaman fanspage,Video youtube atau artikel blog lebih mudah terindeks mesin pencari terbesar Google sehingga jika properti tersebut bisa tampil dihalaman awal maka siap-siap toko online anda kedatangan pengunjung internet.

6.Mulai Promosi Toko Online

Jika website toko online sudah tampil diinternet kemudian properti juga sudah banyak mendapatkan like saatnya anda mempromosikan produk anda bisa direct selling atau soft selling. Promosi toko online bisa anda lakukan secara gratis atau bisa juga dengan iklan seperti difacebook, Google atau artikel marketing. Jika ingin gratis anda bisa menawarkan produk ke grup-grup facebook atau forum. Jangan lupa promosikan ke grup/forum yang tertarget agar hasilnya maksimal.

Promosi akan lebih maksimal jika anda memanfatkan SEO karena jika website toko online anda bisa tampil dihalaman satu Google maka anda akan mendapatkan aliran trafik gratis. Hal ini bisa anda capai jika anda menerapkan SEO yang benar mulai dari riset Kata kunci hingga Backlink. Itulah mengapa langkah mudah membuat toko online dropship ini perlu anda prioritaskan.

Bagaimana Anda Tertarik untuk mengikuti 6 Langkah Mudah Membuat Toko Online Dropship Diatas? Selamat Mencoba dan Sukses Untuk Anda !!

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *