5 Tips Memilih Produk Toko Online Konversi Tinggi

INFOPOJOK.COM, 5 Tips Memilih Produk Toko Online Konversi Tinggi – Memilki toko online yang laris manis tentu menjadi dambaan bagi setiap pebisnis online apalagi bisnis toko online memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan toko konvensial. Wajar saja jika kemudian banyak pemain baru bermunculan sehingga jumlah toko online semakin banyak, Hal ini bisa terjadi karena memang mudah merintis bisnis toko online meski dengan modal pas-pasan sekalipun.

Tips Memilih Produk Toko Online Konversi Tinggi
Saya termasuk orang yang tertarik menekuni bisnis toko online sehingga sayapun sejak 5 bulan yang lalu memutuskan untuk buka toko online Cetakan 7. Faktanya memang saya mampu mendatangkan pembeli tapi konversinya masih kecil banget. Untungnya bisnis toko online ini hanya sebagai sambilan bukan bisnis utama jadi meski konversinya kecil saya tidak pusing. Namun bagaimana dengan mereka yang akan menjadikan bisnis toko online sebagai bisnis utama tentunya harus banyak pertimbangan sebelum merintis bisnis toko online.

Nah…pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi 5 Tips Memilih Produk Toko Online Konversi Tinggi yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya mengelola toko online.

Tips ini akan bermanfaat bagi mereka yang baru pertama kali merintis toko online sehingga peluang berkembangnya semakin besar.

Baca juga :

Cara Jualan Free Ongkir pada Toko Online

Berikut ini 5 Tips Memilih Produk Toko Online Konversi Tinggi Selengkapnya :

1.Produk Sangat dibutuhkan orang
Tips Memilih Produk Toko Online Konversi Tinggi yang pertama adalah memilih produk yang benar-benar dibutuhkan orang. Hal yang paling penting karena cukup berpengaruh terhadap minat pembeli dan salah satu cirinya adalah produk tersebut mampu memecahkan masalah misalnya Obat jerawat, Pelangsing dan lain-lain. Untuk mengetahui apakah produk tersebut dibutuhkan orang, anda bisa survey kemarketplace produk apa yang paling laris terjual atau bisa juga menggunakan Pencarian google. Cara lainnya adalah tes pasar secara online misalnya melalui media sosial

Hindari menjual produk hanya karena mudah mendapatkan produknya atau yang penting harganya murah. Sayang bukan jika nantinya meski ada yang membeli tapi bisa dihitung dengan jari kecuali kalau memang hanya sebagai bisnis sampingan yang tidak terlalu memikirkan hasil.

2.Pengirimannya mudah dan murah
Tips Memilih Produk Toko Online Konversi Tinggi yang kedua adalah memilih produk yang proses pengirimannya mudah dan murah. Dalam bisnis toko online tak bisa lepas dari pihak ke-3 yaitu jasa ekspedisi. Dalam prakteknya tak selamanya paket kiriman bisa sampai tujuan dengan selamat kadang mengalami kendala misalnya kerusakan produk untuk itu pilihlah produk yang pengirimannya mudah tidak memerlukan perlakuan khusus seperti harus menggunakan bubble wrap atau kemasan khusus.

Berat dan ukuran produk sangat menentukan ongkos kirimnya semakin besar dimensi produknya dan semakin berat bobotnya maka ongkosnya akan semakin mahal untuk itu pilihlah produk yang bobotnya ringan dan idealnya dibawah 1 kg dan dimensinya saat dikemas kecil seperti pakaian, sepatu , kaos, Tas dan lain-lain. Jika memang lebih dari 1 kg pertimbangkan harganya dan bandingkan dengan ongkirnya jika selisihnya kecil tentu pembeli akan berpikir dua kali untuk membeli misalnya harganya Rp.30.000 tapi ongkirnya 18.000. Jika harganya ratusan ribu dengan ongkir sebesar itu mungkin tidak jadi masalah

3.Hindari Produk Pecah Belah
Tips Memilih Produk Toko Online Konversi Tinggi berikutnya masih berkaitan erat dengan poin 2 yaitu hindari memilih produk pecah belah atau rawan rusak khususnya produk yang terbuat dari kaca atau plastik. Jika produk rusak sampai tujuan tentunya akan merugikan kedua belah pihak baik pembeli maupun penjual. Mau tak mau penjual harus mengganti yang baru.

Jika Anda tetap memilih produk pecah belah usahakan mencari suplier yang memberikan garansi jika terjadi kerusakan dalam pengiriman sehingga anda tidak rugi walaupun nantinya posisinya akan sedikit merepotkan karena pembeli harus mengirim kembali atau retun kepenjual kemidian penjual mengirim kembali mengirim ulang produk pengganti.

Solusi lain jika anda memutuskan memilih menjual produk pecah belah yaitu memilih jasa pengiriman Ojek Online karena lebih aman sampai tujuan dari pada jasa ekspedisi berskala nasional.

4.Deskripsinya Minimal
Tips Memilih Produk Toko Online Konversi Tinggi yang ke-4 adalah mengutamakan produk yang mudah mendiskripsikannya. Seperti anda ketahui menjual barang secara online sangat tergantung dari foto produk, pembeli pertama kali akan melihat foto produknya jika tertarik baru memesan namun ada kalanya produk tersebut membutuhkan deskripsi misalnya warnanya, sizenya, kelengkapannya, fiturnya dan lain-lain. Semakin banyak deskripsinya tentu akan membuat anda repot karena bisa saja menimbulkan salah persepsi dari pembeli sehingga komplain barang tidak sesuai deskripsi.

Untuk itu carilah produk yang deskripsinya singkat misalnya Celana warna hitam All size atau tas selempang warna hitam. Selain itu semakin banyak deskripsinya akan muncul banyak pertanyaan dari pembeli yang tentu membuat anda menjadi sibuk hanya menjawab pertanyaan.

5.Stok Terjaga
Tips Memilih Produk Toko Online Konversi Tinggi yang terakhir yang Tak kalah penting dari ke-4 hal diatas adalah ketersediaan stok atau ready stok. Hal ini perlu dukungan suplier produk yang bagus. Untuk itulah sebelum memutuskan menjual sebuah produk secara online pikirkan dulu apakah nantinya stoknya selalu terjaga. Jika memang produknya mengambil dari suplier tanyakan dulu apakah selalu ready stok atau jika memang produknya buatan sendiri pastikan anda mampu menerima pesanan dari pembeli kapan saja.

Jangan sampai reputasi toko online anda menurun gara-gara ada pembeli yang memesan tapi stoknya kosong selain merugikan toko online, pembeli juga akan kapok datang lagi dan akan mencari toko lain.

Demikianlah informasi seputar 5 Tips Memilih Produk Toko Online Konversi Tinggi, Anda memiliki pandangan lain? Silahkan share disini !

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *