5 Kelebihan Bisnis Makanan Kaki Lima

INFOPOJOK.COM,5 Kelebihan Bisnis Makanan Kaki Lima-Mau usaha tapi bingung modalnya terbatas? Jangan kuatir anda bisa memilih bisnis makanan kaki lima.Cukup dengan modal 5 jutaan anda bisa memulai usaha makanan.Masa sih? Saya sudah membuktikannya kebetulan sudah beberapa bulan ini saya menekuni usaha martabak mini,info lengkapnya bisa anda kunjungi blog saya www.usahamartabakminiunyil.blogspot.co.id.

kelebihan bisnis makanan

Saya hanya bermodalkan sekitar 1 jutaan untuk bisa memulai usaha martabak mini.Kok Bisa? Gerobak motor saya membuatnya sendiri dengan kayu bekas sedangkan biaya operasional hariannya Cuma sekitar Rp.100.000.Saya hanya membeli peralatannya seperti Kompor,cetakan,Loyang,ember dan lain-lain sedangkan pemasarannya dengan mangkal kaki lima.

Baca juga :

Cara Mengembangkan Bisnis Pulsa Bukan Sekedar Sampingan

Belajar Bisnis Toko Kelontong Gratis

Tempat Belajar Bisnis Martabak Manis Mini Unyil

Kenapa saya lebih memilih bisnis makanan kaki lima? Kok tidak mencari tempat permanen seperti ruko? Ya karena alasan diatas  dengan modal tebatas saya bisa memulai bisnis makanan.Bayangkan jika saya menyewa ruko bisa-bisa saya tak kuat bayar sewanya yang rata-rata ditempat saya bisa mencapai 12 juta pertahun.

Itu hanya salah satu alasan kenapa saya memilih bisnis makanan kaki lima dan masih  ada lagi kelebihan-kelebihan bisnis makanan kaki lima lainnya yang bisa membantu anda mewujudkan memiliki usaha sendiri.Penasaran apa saja kelebihan-kelebihan bisnis makanan kaki lima? Simak Infonya.

5 Kelebihan Bisnis Makanan Kaki Lima

 

1.Lokasi usaha tidak perlu menyewa bahkan bisa gratis

Enaknya bisnis makanan kaki lima itu tidak perlu sewa atau membeli tempat asal tempatnya kosong anda bisa langsung berjualan disana apalagi jika lokasinya di sekitar tempat tinggal anda anda bisa bebas bahkan bisa selamanya disitu asalkan tidak ada pelebaran jalan atau proyek lainnya.

Namun jika lokasinya jauh dari tempat anda sebaiknya minta izin dulu ke ke RT atau RW setempat.Jika anda tak mau repot anda bisa jualan dipasar kaget karena anda bisa langsung jualan disana hanya saja perlu lihat-lihat juga apakah ada tempat yang kosong dan apakah sudah ada pedagang yang sejenis.Perhatikan juga Iurannya apakah murah atau tidak biasanya jika sampai malam iurannya agak mahal sebagai contoh diperumahan tetangga harus bayar Rp.15.000 per hari tapi dapat aliran listrik.

 

2.Banyak Lokasi Pilihan

Kelebihan Bisnis makanan kaki lima berikutnya adalah banyak lokasi pilihan sehingga anda bisa memilih mana-mana tempat yang berpotensi ramai misalnya depan pasar,gerbang perumahan,Jalan utama perumahan,depan sekolah,Area Masjid/TPA,Pasar Kaget.Saran saya sebaiknya memilih tempat yang terdekat dulu dari rumah sehingga lebih mudah operasionalnya dan irit BBM.

Usahakan memilih tempat lebih dari satu sehingga omsetnya lebih besar dari pada hanya satu tempat sebagai contoh saya sendiri pagi hari disekolah seblum jam masuk,siang hari pada jam pulang sekolah,sore hari di area masjid atau Pasar Kaget.

 

3.Bisa Berpindah-Pindah

Kelebihan bisnis makanan berikutnya adalah bisa berpindah-pindah sesuai keaadaan tapi ini hanya berlaku bagi bisnis makanan yang menggunakan gerobak motor atau gerobak roda motor.Hal ini tentu sangat menguntungkan karena bisnis makanan membutuhkan tempat yang ramai seperti pasar sehingga jualannya cepat habis.

Jika anda ingin mencari lokasi yang selalu ramai anda bisa ikut grup pasar kaget yang biasanya jualannya sore hari ada yang sampai jam 18.00 ada juga yang hingga malam.Grup Pasar kaget biasanya tiap hari buka ditempat yang berbeda jadi ada jadwalnya.

Anda bisa juga menjajakan makanan anda secara keliling ke komplek perumahan baik didorong ataupun menggunakan motor.

 

4.Bebas Memilih

Karena alternatif lokasinya banyak anda bisa bebas memilih dan mencoba berjualan dibeberapa tempat mana yang omsetnya bagus itulah yang anda pilih.Untuk itu anda harus sering-sering berkomunikasi dengan sesama pebisnis kaki lima lainnya mana-mana lokasi yang bagus.Perlu anda ketahui tidak semua makanan cocok digelar disemua tempat jadi bisa saja bisnis makanan ini laku tapi yang lain tidak.

Sebagi contoh Kue Pukis kurang laku jika dijual disekolah tapi laku keras jika dijual dipasar jadi anda perlu coba-coba dulu.

 

5.Modal Kecil

Kelebihan Bisnis Makanan Kaki lima Berikutnya adalah Modalnya relatif kecil,anda hanya perlu menyediakan gerobak dan bahan bakunya.Apalagi jika memilih makanan yang bahan bakunya murah seperti martabak mini,Cilung,Cilor,Bilor,Pukis,APE,Caqwe dengan biaya opersioanal dibawah Rp.200.000 anda bisa berjualan,

Biaya terbesar hanya ada pada pembelian gerobak itu saja bisa dihemat jika meggunakan gerobak motor harganya bisa kurang  dari Rp.1 juta.

Demikianlah informasi bisnis seputar kelebihan bisnis makanan kaki lima semoga bisa menginispirasi anda untuk membuka usaha.Yuk Berbisnis !

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *