5 Cara Meningkatkan Penjualan Produk Online Dengan Bonus

INFOPOJOK.COM,5 Cara Meningkatkan Penjualan Produk Online Dengan Bonus-Dalam dunia marketing meniru cara pemasaran kompetitor tidak dilarang bahkan menguntungkan karena tidak pelu capek-capek memutar otak dan terbukti lebih efektif.Termasuk dalam marketing di bisnis online khususnya E commerce(Toko online) salah satu jurus marketing yang sering digunakan adalah pemberian BONUS.

 

Cara Meningkatkan Penjualan

Bahkan jurus pemasaran ini sering diterapkan oleh E commerce besar seperti Lazada,Blibli atau Shopee dengan memberikan bonus gratis ongkos kirim.Ini tentu sangat memanjakan pelanggan meski hanya untuk daerah-daerah tertentu saja sehingga akan meningkatkan penjualan produk secara online.Logikanya jika ada 2 marketplace menjual produk yang sama yang satu gratis ongkir satunya lagi tidak tentu pembeli lebih memilih yang gratis ongkir walaupun sebenarnya selisihnya tidak jauh.

Baca juga :

Bisnis Dropship online Marketplace Solusi Jitu Jualan Online

Landing Page Vs Toko Online Mana Lebih Untung

Cara Mudah Mendatangkan Pembeli Ke Toko Online

 

Sebagai contoh jika saya membeli produk ke Marketplace A dengan berat 2 Kg ongkirnya gratis sedangakan kalau saya beli diMarketplace B ongkirnya Rp.18.000 (JNE) Jadi selisihnya Cuma Rp.18.000 tapi efeknya saya lebih memilih belanja online ke A dari pada ke B jadi meskipunĀ  keuntungan dari A berkurang karena untuk subsidi ongkir namun hal itu bias tertutupi jika jumlah penjualan yang lebih banyak.

Jadi jika Anda saat ini sedang merintis E commerce atau jualan online Anda perlu meniru cara pemasaran mereka untuk meningkatkan penjualan produk secara online yaitu dengan memberikan Bonus.Lalu bonus berbentuk apa yang paling cocok ditawarkan kepada calon pembeli agar tertarik untuk bertransaksi? Berikut ulasannya:

Cara Meningkatkan Penjualan Produk Online Dengan Bonus

 

1.Berlakukan Ongkos Kirim Gratis

Seperti yang saya sebutkan diawal pemberian bonus berupa ongkos kirim gratis sangat menarik minat calon pembeli karena pembeli tidak dibebani biaya tambahan.Namun pemberian bonus ongkos kirim gratis perlu dibatasi misalnya dalam satu wilayah yang ongkos kirimnya sama misalnya jika lokasi pengiriman anda di Jakarta maka ongkos kirim gratisnya hanya berlaku untuk JABODETABEK.

Perhatikan juga bobot produknya karena semakin berat produknya semakin mahal ongkos kirimnya sehingga pemberlakuan ongkos kirim gratis lebih cocok diterapkan untuk produk yang beratnya dibawah 2 Kg seperti produk fashion,Jam tangan,Tas,Sepatu atau peralatan masak ringan.

 

2.Berikan E Book Gratis

Untuk produk-produk tertentu terkadang membutuhkan penjelasan atau panduan contohnya peralatan memasak.Nah cara yang paling cocok adalah dengan memberikan bonus Ebook atau Buku cetak.Jadi jika Anda menjual Pan untuk memasak berikan bonus ebook resep masakan.

Jika anda memiliki kemampuan menulis anda bisa membuat/menyusun sendiri ebooknya sehingga lebih menambah kepercayan pembeli kepada toko anda atau bisa juga memesan kepada penulis buku.Ebook memilki kelebihan dalam pengirimannya karena bisa melalui email dan mudah menggandakannya tidak seperti buku cetak.

 

3.Berikan Video Tutorial

Hampir mirip dengan poin 2 hanya saja cara meningkatkan penjualan produk online yang satu ini menggunakan media video.Saat ini dengan pesatnya teknologi khususnya multimedia seperti ponsel pintar membuat video jadi lebih mudah dan software editing video,converter serta burning juga memudahkan untuk membuat vidio.

Pemberian bonus video tutorial lebih cocok diberikan untuk produk digital seperti E book premium,Pelatihan OnlineĀ  bisa juga untuk pemasaran produk fisik yang membutuhkan panduan seperti alat kesehatarn,kebugaran,memasak dan lain-lain.

 

4.Berikan Diskon Harga

Cara Meningkatkan penjualan produk online yang satu ini cukup menarik minat pembeli tidak hanya dibisnis online saja di bisnis offline juga kerap ditemukan.Jika toko onine anda masih baru cara ini bisa anda terapkan untuk mendapatkan pelanggan pertama anda karena toko online yang masih baru belum begitu diperacaya oleh pembeli karena belum mendapatkan testimoni dari pembeli.

Biarlah keutungan anda sediki tapi dengan banyaknya transaksi yang terjadi ditoko online anda akan semakin dipercaya.

 

5.Tawarkan Bimbingan Gratis

Cara meningkatkan penjualan produk online dengan Bonus yang terakhir adalah menawarkan Bimbingan gratis atau Suport.Meskipun sudah ada E book atau Video tutorial namun terkadang penjelasannya kurang memuaskan sehingga diperlukan bimbingan langsung dari penjual produk yang bisa dilakukan melaui Whatsapp,email ataupun facebook (PM/Inbox)

Kebanyakan penjual yang menerapkan cara ini adalah untuk produk-produk digital seperti Layanan Hosting,Domain,Desain website,Tools Online,Agen Kuota tapi tidak menutup kemungkinan diterapkan untuk produk-produk fisik seperti jaringan komputer.

Bagaimana Anda tertarik untuk Menerapkan 5 Cara Meningkatkan Penjualan Produk Online dengan Bonus diatas? Selamat mencoba dan Semoga Sukses!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *