5 Bisnis UKM Tetap Lancar Meskipun Bulan Puasa

5 Bisnis UKM Tetap Lancar Meskipun Bulan Puasa-Tak bisa dipungkiri kedatangan bulan Puasa Ramadhan secara tidak langsung mempengaruhi roda bisnis khususnya bisnis UKM (Usaha Kecil menengah) yang bergerak dibidang makanan dan minuman apalagi kebanyakan bisnis tersebut mangkal dipagi hingga sore hari.Contohnya seperti usaha sampingan yang saya tekuni yaitu bisnis Martabak Mini karena saya biasanya mangkal disekolah dijam-jam istirahat dan karena puasa anak sekolah tidak jajan jadinya untuk sementara libur dulu.

Bisnis UKM
Bisnis Tahu Tempe

Liburnya bisnis tentu bukan sesuatu yang bagus karena otomatis tidak mendapatkan penghasilan.Repotnya lagi jika harus menekuni usaha lain dibulan ramadhan karena harus menyesuaikan keinginan pasar misalnya Orang ramai berjualan makanan takjil karena bisnis tersebut hanya bersifat musiman artinya hanya ramai dibulan puasa saja dan waktunya juga Cuma sebentar.

Baca juga :

Jika anda sekedar ikut-ikutan berjualan makanan takjil tanpa melihat prospeknya bukan tidak mungkin anda malah merugi karena rata-rata mekanan takjil tidak bertahan lama belum lagi pesaingnya banyak.Tapi tahukah anda ternyata ada beberapa bisnis UKM  yang tetap lancar meskipun memasuki bulan puasa Ramadhan? Bisnis seperti ini yang menurut saya menguntungkan karena tidak ada liburnya atau tidak mengenal musim.Penasaran bisnis UKM apa saja yang tetap l.ancar meskipun bulan puasa? Simak informasi berikut ini selengkapnya:

5  Bisnis UKM Tetap Lancar Meskipun Bulan Puasa

1.Bisnis Sayur Mayur

Bisnis UKM yang pertama adalah yang begerak dibidang sayur mayur atau orang menyebutnya tukang sayur.Meskipun bulan puasa kebutuhan sayur mayur atau lauk pauk tetap ada karena memang kebutuhan pokok dan justru pada bulan puasa kebutuhan sayur mayur dan lainnya meningkat seperti membuat makanan takjil semacam kolak atau es buah.Wajar jika kemudian dibulan Ramadhan tukang sayur justru menambah barang dagangannya seperti bahan baku kolak dan es buah.

Pada bulan Ramadhan tukang sayur yang biasanya hanya berjualan dipagi hari ditambah jam bukanya hingga sore hari.

2.Bisnis Beras Keliling

Bisnis UKM berikutnya adalah bisnis beras keliling dimana penjualnya berkeliling keperumahan-perumahan sambil membawa beras karungan yang kemudian dijual secara eceran.Jika sudah memiliki langganan tetap bisnis ini tak akan terpengaruh omsetnya meskipun memasuki bulan Ramadhan bahkan akan meningkat ketika menjelang lebaran karena untuk membayar zakat fitrah.

3.Bisnis Tahu Tempe Keliling

Tahu tempe merupakan makanan rakyat yang mengandung banyak protein tapi harganya relatif murah sehingga banyak yang menyukainya.Pengolahannya juga tidak ribet misalnya digoreng atau ditumis.Dibulan puasa ini khususnya saat makan sahur membutuhkan lauk pauk yang memasaknya praktis salah satunya dengan olahan tahu tempe.

Tak heran meskipun bulan puasa omset penjual tahu tempe keliling tidak berpengaruh.Biasanya penjual tahu tempe menyediakan barang dagangan lainnya seperti telur asin atau kerupuk bahkan ada yang menyediakn bumbu bumbu dapur.Penjual tahu tempe ini kebanyakan berkeliling menggunakan motor roda dua.

4.Ojek

Meskipun bulan puasa kebutuhan akan sarana transportasi tetap ada apalagi didaerah perumahan-perumahan yagn tidak terjangaku angkutan umum seperti Angkot bahkan akan meningkat ketika menjelang lebaran karena biasanya penghuni perumahan akan mudik lebaran atau pergi kepasar/supermarket untuk kebutuhan lebaran.

5.Bisnis Air Isi Ulang

Kebutuhan air bersih saat bulan puasa cenderung meningkat baik untuk memasak,minum atau membuat minuman takjil.Apalagi bagi penjual makanan/minuman takjil kebutuhan air besih cukup tinggi misalnya penjuak es the,es buah,kolak.

Didaerah perkotaan sumber air bersih lebih mengandalkan pada depot air isi ulang atau air minum kemasan karena kualitas air tanahnya jelek sehinga hanya bisa digunakan untuk mandi dan cuci saja.Sebagian masyarakat lebih memilih air isi ulang karena harganya cukup murah dibandingkan air minum kemasan buatan pabrik.

Demikianlah informasi tentang 5 Bisnis UKM Tetap Lancar Meskipun Bulan Puasa mudah-mudahan bisa menginspirasi Anda saat bulan puasa tiba Terima Kasih Atas Kunjungannya.

 

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *