10 Penyebab Kegagalan Bisnis Online Wajib Tahu

10 Penyebab Kegagalan Bisnis Online-Siapa tak kenal Anne Ahira dengan Asian Brain.com nya, Hendrik Tio dengan Bhineka.com nya atau Andrew Darwis dengan Kaskus nya? Itulah sederet orang yang sukses dengan bisnis onlinenya.Tak bisa dipungkiri  sudah banyak orang yang sukses melalui bisnis online ada yang dengan cara menjual produk, jasa, affiliasi atau melalui Ads Marketing.

Penyebab Kegagalan Bisnis Online
Penyebab Kegagalan Bisnis Online

Tak heran jika kemudian banyak yang tertarik untuk menekuni bisnis online, Sayangnya sebagian dari mereka hanya bermodalkan semangat diawalnya saja setelah terjun langsung dan tahu keadaan yang sebenarnya mereka gugur satu demi satu alias gagal.

Baca juga : Content Writer Meraup Uang bermodalkan Tulisan

Kenapa hal itu bisa terjadi? Banyak faktor yang mempengaruhinya namun saya mencatat setidaknya ada 10 Penyebab Kegagalan Bisnis Online.Mau tahu apa saja? Berikut informasi selengkapnya:

10 Penyebab Kegagalan Bisnis Online

 

1.Ingin cepat menghasilkan

Merupakan hal yang wajar ketika  seseorang menjalankan bisnis maunya cepat untung namun jangan salah bisnis online bukan seperti jual sembako hari ini buka langsung dapat untung.Bisnis online butuh kepercayaan ke-2 belah pihak karena transaksi nya dilakukan serba online dan belum saling mengenal.Itulah mengapa  pebisnis online harus bisa meyakinkan kepada pembeli agar mau membeli produk yang anda tawarkan itu jika anda  jual produk,lain lagi jika anda berbisnis online Melalui ads marketing seperti Adsense atau melalui affiliasi proses lebih lama lagi sampai bisa menghasilkan apalagi jika anda baru pertama kali terjun.

Jika anda berpikir bisa sukses dalam tempo yang singkat anda pasti akan kecewa.Jangan mudah percaya dengan tawaran bisnis online yang mengiming-imingi kesuksesan dalam waktu sekejap.

 

2.Mudah putus asa

Lamanya proses bisnis online sampai bisa menghasilkan membuat sebagian pemain bisnis online baru putus asa bayangkan saya pernah membaca pengalaman pemilik toko online yang mengatakan butuh waktu berbulan bulan untuk mendapatkan pembeli pertama.

Saya pribadi merasakannya kebetulan saya pemain ads marketing untuk mendapatkan penghasilan Rp.100.0000 saja butuh proses 2 tahun lamanya.Namun saya tidak putus asa dan terus berusaha dan ditahun ke-4 saya bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah.Jadi jika anda pemain baru bisnis online harus punya mental pantang menyerah . Jangan takut untuk memiliki impian yang besar karena internet marketing mudah dipelajari bagi siapapun tanpa melihat latar belakang pendidikan nya apa. Gagal itu biasa dalam berbisnis jadikan pelajaran berharga untuk langkah selanjutnya.

3.Kurang fokus

Begitu mudahnya untuk memulai bisnis online membuat siapa saja bisa menekuni beberapa jenis bisnis online sekaligus misalnya buka toko online tapi bermain adsense juga ditambah main beberapa situs affiliasi, PTC. Alih alih ingin mendapatkan penghasilan besar yang ada justru berantakan semua.Fokus pada satu bisnis tapi menghasilkan uang jauh lebih baik daripada banyak bisnis tapi tak ada yang hasil.

4.Kurang informasi

Meskipun memulai bisnis online terlihat mudah bukan berarti tanpa perlu belajar.Bisnis online itu cakupannya luas banyak hal yang harus dipelajari tanpa ilmu yang memadai jalan menuju kesuksesan akan semakin berat. Saya ambil contoh jika anda ingin terjun ke bisnis online ads marketing anda harus tahu dulu apa itu blog, bagaimana cara membuatnya, cara membuat artikel, cara mendatangkan pengunjung,kemana menndaftarkannya.Carilah informasi sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan bisnis online yang akan anda tekuni sebelum memulainya.Carilah sumber informasi dari website/blog yang kredibel dibidang nya buka dari pihak pihak yang cuma ingin memanfaatkan anda untuk mendapatkan keuntungan.

5.Keterbatasan waktu

Membangun sebuah bisnis online butuh keseriusan serta konsistensi tidak bisa asal asalan dan semuanya itu butuh banyak waktu untuk mengelolanya terutama di awalnya misalnya saja mau merintis bisnis ads marketing adsense tiap hari harus rajin posting artikel ke blog,mencari backlink atau promosi.

Jika anda tidak memiliki waktu luang yang memadai atau sibuk didunia nyata rasanya sulit untuk mencapai kesuksesan.

6.Tidak konsisten

Sering kali pemain bisnis online baru tidak konsisten ketika menekuni bisnis yang dilakoninya hari ini semangat online didepan komputer besoknya tidak aktif lagi apalagi jika hasilnya tak kunjung terlihat tambah malas lagi.

Membangun bisnis online memerlukan usaha terus menerus sampai benar-benar menghasilkan. Jika anda  sedang merintis toko online teruslah memikirkan bagaimana cara mendatangkan pengunjung baik melalui SEO,Iklan atau promosi ke sosial media atau jika anda menekuni ads marketing fokuslah membangun blog hingga traffiknya tinggi.Jika anda konsisten dengan usaha anda saya yakin cepat atau lambat perjuangan anda akan membuahkan hasil.

7.Takut Mencoba

Bisnis Online tak bisa lepas dari Internet marketing mau tidak mau anda harus menguasainya. Jika anda mau anda bisa mengikuti pelatihan, seminar atau kursus online.Dengan cara ini anda lebih terarah karena dibimbing oleh ahlinya sayangnya biayanya mahal sehingga banyak yang lebih memilih belajar secara otodidak baik melalui tutorial yang ada di Internet atau melalui buku.

Belajar secara otodidak membuat anda dituntut untuk berani mencoba disinilah kadang pemain baru takut untuk mencoba padahal kalau tidak mencoba kapan bisanya?Jangan pernah takut untuk mencoba karena dengan mencoba anda jadi tahu yang sebenarnya jika ada masalah anda bisa segera mencari solusinya.

8.Maunya Serba gratisan

Bisnis Online Meskipun dilakukan melalui Internet bukan berarti serba gratisan walaupun sebenarnya bisa dilakukan  namun tetap membutuhkan sarana yang berbayar atau butuh modal agar kinerjanya lebih maksimal contohnya jika anda mau membuat website toko online anda harus rela mengeluarkan modal untuk biaya pembuatan website atau biaya tahunan,promosi juga butuh uang belum lagi untuk biaya berlangganan akses internet.

9.Minimnya sarana

Kesuksesan berbisnis online tak bisa lepas dari sarana yang anda miliki minimal punya komputer akses Internet serta rekening bank jika sarananya kurang memadai akan menimbulkan kesulitan bagi anda bayangkan jika anda belum memiliki rekening bank atau akses Internet didaerah anda kurang memadai bagaimana anda akan berbisnis online? Jadi sebaiknya sebelum anda terjun ke bisnis online persiapankan sarananya sebaik mungkin lebih lengkap lebih baik.

10.Mindset yang Salah

Kurangnya informasi tentang bisnis online yang sebenarnya bisa menimbulkan Mindset yang Salah,bisa jadi terprovokasi sales letter bisnis online yang menjanjikan penghasilan fantastis sehingga menganggap bisnis online itu tidak perlu kerja keras uang akan mengalir ke rekening, cukup bisa mengetik  dan mengakses Internet penghasilan puluhan juta  atau tidak perlu ini dan itu cukup dengan sebuah software uang akan datang sendiri layaknya mesin uang.Percayalah jika anda punya Mindset bisnis online seperti ini siap siaplah anda kecewa karena bisnis online hakikatnya sama dengan bisnis lainnya perlu strategi, keuletan serta kerja keras.

Demikianlah informasi tentang 10 Penyebab Kegagalan Bisnis Online semoga bermanfaat bagi kesuksesan bisnis yang sedang anda bangun.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *