10 Modal Penting Bisnis Online Wajib Punya

10 Modal  Penting Bisnis Online-Jumlah pengguna Internet di Indonesia kian hari semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju pesat. Sayangnya menurut penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa UINSA universitas islam negeri sunan ampel Surabaya ternyata ada sekitar 40% pengguna Internet hanya mengakses Internet untuk tujuan biasa saja dan tidak produktif seperti update status  di sosial media nggak jelas atau negatif ada juga yang untuk bermain game online.

Modal Penting Bisnis Online
Modal Penting Bisnis Online

Padahal jika digunakan untuk tujuan yang produktif seperti merintis bisnis online peluang untuk mendapatkan penghasilan melalui Internet terbuka lebar bahkan tanpa harus memiliki modal yang besar apalagi jika anda sudah memiliki komputer/pc jalannya semakin mudah. Sayang bukan jika anda tidak mengoptimalkan Komputer yang anda miliki untuk meraih penghasilan tambahan jika memang mudah dilakukan.

Baca juga : 10 Kelebihan Bisnis Online ini Membuat Anda Ingin Coba

Jika anda beranggapan untuk menekuni bisnis online harus ahli dibidang IT atau berpendidikan tinggi anda salah besar karena anda cukup memiliki 10 Modal Penting Bisnis Online yang cukup mudah mendapatkannya bahkan ada yang gratis. Dengan memiliki 10 Modal tersebut anda sudah siap untuk memulai bisnis online.Penasaran apa sajakah 10 Modal Penting Bisnis Online tersebut? Simak informasinya berikut ini:

10 Modal Penting Bisnis Online

1.Komputer/Lap top

Perangkat keras (hardware) ini merupakan peralatan wajib jika ingin serius menekuni bisnis online karena dari sinilah sebagian besar prosesnya dilakukan misalnya membuat/mengelola website, , mempercantik website, ,promosi, optimasi mesin pencari, membuat email,mengupload video/gambar, browsing dan lain lain.

 

Bagaimana jika tidak punya komputer apakah bisa diganti Handphone? Sebenarnya bisa saja tapi menurut saya kurang maksimal karena Fiturnya tidak selengkap komputer. Handphone lebih cocok digunakan untuk peralatan pendukung misalnya untuk line kontak atau mengecek website.

Jika anda  ingin maksimal tapi tidak memiliki komputer anda bisa memanfaatkan Warnet karena tarif nya terjangkau yaitu sekitar Rp.2500/jam.Jika bisnis online anda sudah mulai menghasilkan barulah sedikit demi sedikit ditabung untuk membeli komputer/lap top.

 

Apakah harus menggunakan komputer yang spesifikasinya tinggi/terbaru? Tidak juga komputer second juga bisa yang terpenting kinerja nya masih bagus sebagai contoh saya sendiri menggunakan komputer bekas dengan prosesor Pentium 4.

 

2.Koneksi internet

Modal Penting ini merupakan prioritas utama yang harus ada setelah komputer karena tanpa koneksi Internet bisnis online tidak akan berjalan dengan baik. Bagaimana tidak pemasarannya sangat tergantung pada jaringan Internet seperti membuat website, promosi, SEO ataupun Maintenance website.

Piranti yang digunakan biasanya berupa modem sedangkan providernya dari operator seluler dengan paket Internet tertentu. Jika ingin bisnis online anda lancar pilihan jaringan Internet yang terkuat didaerah anda atau anda bisa juga berlangganan paket Internet Wifi jika memang ada hotspotnya.

 

3.Akun email

Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari sebuah akun email seperti untuk berkirim dokumen melalui Internet, membuat blog,mendaftar sosmed,BBM,tool internet marketing,contact form ,berlangganan artikel dan masih banyak lagi. Perlu anda ketahui untuk memiliki akun email bisa anda dapatkan secara gratis atau berbayar.  Untuk pemula email gratisan sudah memadai seperti Gmail, yahoo atau Hotmail.

4.Akun Sosial media

Cara mempromosikan produk atau website yang cukup ampuh adalah melalui sosial media contoh medsos yang cukup populer Facebook dan Twitter. Untuk bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya tentu saja harus memiliki akun terlebih dahulu. Caranya cukup mudah tinggal mengunjungi situs resminya untuk Sign up menggunakan alamat email anda usahakan setelah memiliki akun sosial media sesegera mungkin untuk mencari follower sebanyak banyaknya atau membuat grup yang sesuai dengan bisnis anda.

5 . Rekening bank

Syarat mutlak untuk merintis bisnis online adalah memiliki  minimal 1 rekening bank terkemuka seperti Bri, Bca atau Mandiri syukur syukur punya ketiganya.Rekening bank digunakan untuk menerima penghasilan/pembayaran dari bisnis online yang anda tekuni.Demi kelancaran transaksi sebaiknya anda menggunakan Internet banking karena akan memudahkan ketika anda mengecek transfer uang yang sudah masuk atau transfer uang ke rekening lain.

6.Akun PayPal

Fungsi PayPal hampir  sama dengan rekening bank hanya saja PayPal dikhususkan untuk penyimpanan mata uang dolar secara online(Rekening digital). Kenapa harus punya akun PayPal bukannya sudah cukup pakai rekening bank? Jika cakupannya nasional mungkin bisa namun jika cakupannya sudah internasional rekening PayPal sangat dibutuhkan karena beberapa bisnis online tertentu sistem pembayarannya memakai PayPal contohnya PTC, CPM, PPC,survey online.

Membuat akun PayPal tidak serumit rekening bank bahkan gratis syarat pendaftarannya juga mudah cukup dengan sebuah akun email.Ada 2 jenis akun PayPal ada yang statusnya verified dan unverified yang membedakan keduanya adalah akun verified sudah diversifikasi menggunakan kartu kredit sedangkan jika tidak divergikasi maka statusnya unverified.Kedua jenis akun tersebut bisa digunakan untuk transaksi seperti menerima pembayaran dalam bentuk dolar atau membeli domain hanya saja akun verified lebih luas manfaatnya karena bisa melakukan penarikan kebank lokal sedangkan yang unverified tidak bisa.jika anda masih pemula akun PayPal unverified sudah lebih dari cukup. Untuk melakukan pendaftaran anda bisa mengunjungi situs resminya.

 

7 . Smartphone Android

Saat ini Fungsi Handphone tidak sekadar untuk menelpon dan Sms tapi sudah lebih berkembang menjadi telepon pintar.Dibekali prosesor yang canggih memungkinkan smartphone diinstal berbagai aplikasi tertentu yang cukup membantu bisnis online seperti BBM, WA, Internet banking,Sosial media, Email, ,Browser bahkan smartphone sekarang dilengkapi kamera yang bagus.Jika memungkinkan sediakan smartphone khusus untuk bisnis online tidak campur aduk dengan urusan pribadi sehingga komunikasi dengan pelanggan bisa lancar.

 

8.Kemampuan menulis

Dalam pemasarannya bisnis online memerlukan yang namanya artikel marketing oleh karena itu dibutuhkan kemampuan menulis yang baik diharapkan dengan artikel tersebut calon pembeli jadi tertarik untuk membeli produk yang diulas dalam artikel tersebut.

 

Apalagi jika anda ingin berbisnis online Melalui Blog seperti adsense,Content writer kemampuan menulis artikel yang baik mutlak diperlukan walaupun bisa saja anda membayar orang sebagai penulis tapi membutuhkan biaya tambahan sebagai contoh artikel sepanjang 300 kata harganya Rp.12.000.

9.Pengetahuan internet

Bisnis Online sangat berkaitan erat dengan internet oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan internet yang memadai seperti domain, hosting, desain website,mesin pencari, sosial media,forum, Email marketing,SEO,YouTube,Browser.

 

  1. BBM&WA

Jika anda ingin menjual produk/jasa secara online line kontak yang mudah dihubungi sebagai media komunikasi antara penjual dan pembeli  sangatlah diperlukan salah satunya dengan menggunakan aplikasi chat BBM dan WA walaupun ada SMS atau telepon tapi dengan aplikasi tersebut anda bisa chatting,

Upload gambar, buat grup. Biaya menelpon jadi lebih murah bahkan gratis selagi sudah berlangganan paket Internet.

 

Demikianlah informasi seputar 10 Modal Penting Bisnis Online yang bisa saya sampaikan kali ini semoga bisa menginspirasi anda untuk menekuni bisnis online.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *