10 Ide Usaha Menjanjikan Cocok Dilakukan Di Desa

INFOPOJOK.COM,10 Ide Usaha Cocok Dilakukan Di Desa-Musim mudik lebaran kekampung halaman telah usai pemudik kembali beraktifitas seperti biasanya ada yang berangkat kekantor,pabrik atau berwirausaha di kota.Uniknya Tradisi mudik dimanfaatkan sebagian orang untuk mengikuti jejak para perantau yang sudah sukses dikota dengan ikut saudara atau teman pada saat arus balik.

Ide Usaha
Konter Pulsa

Harus diakui Jakarta dan sekitarnya masih menjadi tujuan perantauan untuk mengadu nasib karena lapangan pekerjaan di desa masih sangat terbatas jika ada upahnya juga masih rendah dibandingkan dengan upah di Jakarta dan sekitarnya.Faktanya tenyata mencari pekerjaan di kota tidak semudah yang dibayangkan meskipun hanya sebagai karyawan kontrak sekalipun.Hal ini saya ketahui dari sepupu saya yang harus menggunakan jasa penyalur tenaga kerja ke PT yang ada didaerah Cikarang Bekasi dan itu tidak gratis.

Pertanyaannya kemudian kenapa tidak mencoba usaha didesa saja? Karena sebenarnya banyak ide usaha yang bisa dilakukan didesa asalkan tekun dan ulet hasilnya bisa melebihi kerja dikota.Selain itu biaya hidup didesa tidak semahal seperti dikota belum lagi harus mengontrak tempat tinggal.Toh tidak sedikit yang awalnya bekerja dikota tapi akhirnya balik lagi ke desa karena tempat kerjanya bangkrut atau terkena PHK.

Nah…untuk membuka wawasan anda kali ini saya akan berbagi informasi seputar 10 Ide Usaha yang cocok dilakukan didesa.Penasaran? Berikut ini informasi selengkapnya:

10 Ide Usaha Cocok dilakukan di Desa

1.Konter Pulsa

Ide usaha ini tidaklah sulit dan modalnya juga tidak besar tapi barangnya sangat dibutuhkan orang khususnya pulsa.Meskipun didesa tapi ponsel bukan lagi barang mewah hampir setiap orang memilikinya apalagi harga ponsel sudah sangat terjangkau.Untuk merintis bisnis konter pulsa tidak harus menggunakan ruangan toko yang luas,kios kecilpun bisa yang penting lokasinya ramai.

Selain pulsa bisa juga dijual aksesoris ponsel,baterai,charger,kartu memori,tongsis,Paket kartu perdana,paket internet bahkan jika modal anda besar bisa juga merangkap loket PPOB atau Agen Pulsa Elektrik.

Baca juga : Bisnis Pulsa Elektrik Tanpa Modal Bukan Isapan Jempol

2.Bisnis Bakso

Kalau urusan makanan atau camilan baik orang kota maupun desa sama saja kalau makanannya enak siapapun mau salah satunya kuliner bakso makanya bisnis bakso dikota maupun didesa tetap laku atau ada peminatnya apalagi dimomen-memen tertentu seperti lebaran kuliner bakso banyak diburu pembeli.

Merintis bisnis bakso tidaklah terlalu sulit,bahan bakunya juga mudah didapat hanya saja diperlukan pengetahuan cara membaut bakso yang bagus tapi itu bisa didapat dari internet,pelatihan ataupun bertanya langsung kepada mereka yang sudah berpengalaman.

Jika anda memiliki modal cukup anda bisa mencoba ide usaha ini dengan menyewa tempat namun jika tidak bisa mangkal secara kaki lima atau keliling.Keuntungan jika menyewa tempat atau mangkal diruko adalah anda bisa mendapatkan penghasilan dari barang lainnya seperti minuman atau camilan.Bahkan keuntungan dari minuman cukup menjanjikan seperti minuman teh botol keuntungannya bisa mencapai 75%.

3.Bisnis Kue/Camilan

Orang Indonesia itu bisa dibilang suka ngemil meskipun sudah makan nasi tapi belum puas kalau belum ngemil itulah mengapa ide usaha yang berkaitan dengan makanan camilan masih tetap cerah.Banyak bisnis kue yang bisa anda rintis contohnya martabak,empek-empek,roti bakar,pukis,kamir,Serabi,Peyek,Keripik,Bakpia,Bubur kacang hijau,gorengan.

Agar ide usaha ini bisa sukses perlu mencari tempat-tempat yang ramai untuk tempat mangkalnya seperti pasar atau komplek pertokoan.Lebih untung lagi kalau memanfaatkan rumah sendiri sehinga tidak perlu menyewa tempat.

Baca juga : Menjajal Usaha Martabak Mini Manis Modal Kecil Untung Besar

 

4.Bisnis Ayam Goreng

Ide usaha berikutnya adalah bisnis ayam goreng.Kenapa pilihannya Ayam goreng? Karena  daging ayam merupakan sumber protein yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi baik anak-anak maupun dewasa serta rasanya juga nikmat.Wajar saja jika ayam goreng peminatnya masih cukup banyak meskipun didesa.

Penikmat ayam goreng lebih memilih makan tempat dari pada dibungkus karena bisa santai menikmati sajian ayam goreng bersama keluarga atau teman apalagi tempatnya nyaman.Faktor rasa sangat berpengaruh terhadap bisnis ini kalau dagingnya empuk,gurih serta sambalnya enak pembeli tak segan-segan akan datang kembali.

Selain ayam goreng anda juga bisa menawarkan menu ayam bakar karena rasanya sangat khas meskipun pengolahannya sedikti repot tidak seperti ayam goreng karena harus dibakar menggunakan arang.

5.Bisnis Makanan untuk Sarapan

Umumnya orang-orang ketika sarapan lebih memilih makanan yang praktis yaitu dengan membeli olahan yang sudah jadi dari pada memasak sendiri.Tak heran jika bisnis yang menyediakan makanan untuk sarapan tetap laku meskipun didesa contohnya nasi rames,Nasi kuning,bubur rujak petis,lontong sayur.Bahkan tak jarang penjual nasi rames di desa sampai melegenda karena sudah terkenal sebagai contoh di desa saya Balapulang Kab Tegal ada sebuah warung nasi rames yang cukup terkenal yaitu warung Bu hj Mar yang sudah berjualan selama puluhan tahun namun tetap laris manis.

Jika anda hobi memasak ide usaha ini sangat cocok dikembangkan didesa apalagi jika masakan anda enak dan harganya terjangkau cepat atau lambat akan diburu pembeli.

Baca juga : Usaha rumahan Ibu Rumah Tangga Dibalik Lezatnya Nasi Uduk

 

6.Tambal Ban

Ide usaha berikut ini bisa dikatakan kerja kasar tapi peluangnya tetap bagus karena motor sudah merupakan kendaraan wajib bagi masyarakat desa.Jasa utama yang ditawarkan memang tambal ban tapi bisa juga dapat penghasilan dari yang lainnya seperti isi angin,ganti oli,ganti ban dalam/luar atau jual bensin eceran.

Mutu tambalan sangat berpengaruh terhadap jumlah pelanggan karena jika bagus dan awet bisa saja menjadi pelanggan tetap.

 

7.Ojek

Ide usaha ini cukup mudah dilakukan karena hanya bermodalkan motor namun jika akan merintis usaha ini didesa biasanya terdapat pangkalan ojek jadi paling tidak anda ikut gabung disana sehingga bisa teratur tidak saling serobot.Jika lokasi desa anda jauh dari jalan besar atau tidak terjangkau angkutan desa usaha ojek ini masih layak untuk ditekuni atau jika lokasi jarang ada sekolah otomatis harus menggunakan kendaraan.Jika masyarakat tidak punya motor ojek bisa menjadi pilihan.

 

8.Warnet Game Online

Pekembangan teknologi informasi sekarang ini sudah menyentuh hingga daerah pedesaan hal ini bisa dilihat dari banyak BTS yang kokoh berdiri disetiap desa.Kebutuhan akan internet sudah mulai dirasakan oleh masyarakat sebagai contoh tugas anak sekolah terkadang mengharuskan siswa mencari informasi diinternet.

Warnet bisa menjadi solusi warga desa yang ingin berinternet tapi tidak memiliki komputer walaupun sebenarnya masyarakat bisa mengakses melalui ponsel namun mengakses internet melalui komputer lebih nyaman.Selain itu warnet juga bisa digunakan untuk sarana hiburan seperti bemain game bahkan bisa secara online.

Untuk merintis ide usaha ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit terutama untuk membeli peralatannya namun jika warnetnya ramai tentu akan cepat balik modal.Selain menyediakan jasa akses internet penghasilan warnet juga bisa didapatkan dari jasa lainnya seperti cetak data,Burn DVD,Isi lagu.

 

9.Jasa Penyewaam Tenda

Ide usaha ini sangat cocok didaerah pedesaan karena masyarakatnya masih memegang kuat tradisi salah satunya hajatan.Bukan rahasia lagi kalau masyarakat mengadakan acara pernikahan atau khitanan akan mengadakan hajatan/resepsi dengan mengundang banyak orang.

Mau tidak mau penyelenggara hajatan harus menyediakan tempat yang cukup untuk menyambut tamu dan halaman depan rumah menjadi pilihan dengan cara mendirikan tenda khusus acara hajatan yang bisa didapatkan dengan cara menyewa ke jasa penyewaan tenda.

Modal yang dibutuhan untuk menekuni usaha penyewaan tenda memang relatif besar nanun hanya diawalnya saja selanjutnya hanya mengeluarkan biaya operasional saja.Jasa penyewaan tenda akan laris manis saat musim hajatan seperti pada bulan haji

 

10.Jasa Penyewaan Sound Sistem

Ide usaha yang terakhir yang patut anda perhitungkan adalah jasa penyewaan sound sistem.Ide usaha ini sangat berkaitan dengan ide usaha sebelumnya karena berhubungan juga dengan hajatan namun jasa penyewaan sound sistem tidak terbatas pada acara hajatan acara-acara lainnya juga bisa misalnya perayaan hari-hari besar,kampanye atau even-even tertentu.

Sound sistem sangat diperlukan pada acara hajatan karena bisa membuat acara jadi meriah dan menjadi tanda kalau ditempat tersebut ada acara hajatan karena biasanya suara sound sistemnya terdengar dari jauh.

Ide usaha ini lebih banyak menggunakan perangkat elektronik mulai dari Mikropon,Amlifier,Equalizer,Speaker hingga Genset.Wajar saja jika modal yang dibutuhkan untuk merintis ide usaha ini hingga mencapai puluhan juta.

Bagaimana menurut anda dari pada jauh-jauh merantau ke Jakarta dan sekitarnya yang belum pasti akan sukses atau tidak lebih baik mencoba salah satu 10 Ide Usaha Menjanjikan Cocok dilakukan di desa diatas.Selamat Mencoba!

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *