10 Cara Mempertahankan Pelanggan Usaha Grosir Sembako

INFOPOJOK.COM,10 Cara Mempertahankan Pelanggan Usaha Grosir Sembako-Coba Bayangkan jika toko grosir sembako anda memiliki setidaknya 100 pelanggan dan setiap minggu masing-masing belanja Rp.1 juta omset toko grosir anda sebulannya bisa mencapai 400 juta,Cukup menggiurkan bukan? Memang toko grosir sembako yang sudah sukses dan banyak pelanggannya bisa dikatakan tinggal menikmati hasilnya bahkan tak jarang tetap eksis meski banyak bermunculan pesaing.

Cara Mempertahankan Pelanggan
Toko Grosir Sembako

Namun dibalik kesuksesan itu ternyata butuh proses yang tidak sebentar terutama dalam mencari pelanggan sehingga dibutuhkan strategi yang jitu agar pembeli mau berbelanja.Jumlah pelanggan pelanggan merupakan aset yang berharga sehingga anda perlu mempertahankannya jangan sampai berkurang apalagi jika jumlahnya sudah banyak karena mempertahankan pelanggan akan lebih mudah dari pada mencari pelanggan baru.

Baca juga :

 

Jika toko grosir anda masih dalam tahap mencari pelanggan anda perlu mempertahankan jumlah pelanggan yang sudah ada karena jika toko grosir anda terlihat ramai maka akan memancing pembeli lain untuk berbelanja ketoko grosir sembako anda.Oleh karenanya anda perlu melakukan beberapa langkah agar pelanggan anda tetap setia belanja ke toko anda.Bagaimana caranya? Silahkan simak informasi berikut ini:

Cara Mempertahankan Pelanggan Usaha Grosir Sembako

1.Berikan Pelayanan Maksimal

Cara mempertahankan pelanggan yang pertama adalah memberikan pelayanan semaksimal mungkin mulai dari kesigapan ketika melayani pembeli,jarang terjadi kesalahan atau kecepatan ketika layanan antar.Pelayanan yang baik akan sangat penting terutama jika toko grosir sembako anda sudah banyak pelangan sehingga sampai antri ketika melayani.

Jangan sampai pelanggan tidak jadi belanja dan memilih belanja ketempat lain gara –gara pelayanan anda lambat.Jangan sungkan-sungkan untuk menambah karyawan jika memang keteteran dalam pelayanannya.Idealnya sebuah toko grosir sembako yang besar memiliki 2-3 karyawan,ada yang bertugas melayani pelanggan di toko ada pula yang mengantar pesanan pelanggan.

2.Jangan Malu Untuk Menghubungi

Pelanggan toko anda merupakan mitra bisnis jadi sama-sama membutuhkan jangan punya pikiran pelanggan anda yang lebih membutuhkan toko anda.Jangan malu untuk menghubungi pelanggan anda melalui telepon ketika tiba-tiba pelanggan anda jarang berbelanja atau bisa saja anda menawarkan barang ketika ada barang yang harganya murah.

3.Prioritaskan Mendapatkan Pasokan

Cara mempertahankan pelanggan berikutnya adalah memprioritaskan pasokan kepada pelanggan yang sudah lama.Ada kalanya beberapa jenis barang stoknya langka dipasaran misalnya air kemasan galon atau santan instan atau gas elpiji.Jika keadaannya demikian prioritaskan kepada pelanggan terlebih dahulu dari pada pembeli baru.Dengan cara ini pelanggan akan merasa dihargai sehingga tetap berlangganan ketoko grosir sembako anda.

4.Berikan Fasilitas Bayar tempo

Selanjutnya cara mempertahankan pelanggan berikutnya adalah memberikan kemudahan dalam sistem pembayaran jadi tidak harus tunai.Untuk meningkatkan omset toko grosir sembako anda bisa menawarakan fasilitas bayar tempo kepada pelanggan setia anda untuk barang-barang tertentu yang cepat laku misalnya minuman ringan kemasan gelas dan anda mendapatkan fasliitas bayar tempo dari distributor anda tentu jumlahnya banyak misalnya 10 kardus bayar tempo selama 2 minggu.

Atau bisa juga menerapkan sistem belanja bayar sebagian dulu sisanya nanti.Dengan cara ini pelanggan tidak akan takut kurang ketika belanja karena bisa bayar dikemudian hari namun anda perlu selektif atau mencatat siapa saja yang bayarnya suka telat lebih baik ditolak secara halus.Kenapa saya menyarankan cara ini? Karena saya sering belanja ke grosir sembako tapi duitnya kurang tapi tetap bisa dan dicatat sebagai bon dan ketika saya belanja lagi kekurangannya saya bayarkan.

5.Jalin Komunikasi

Jika antara toko dan pelanggan saling mengenal dan sering berkomunikasi suasana belanja jadi lebih enjoy jadi meskipun kebetulan sedang antri tidak merasa bosan.Sapalah pelangaan anda ketika berbelanja entah menanyakan bagaimana tokonya,menawarkan barang atau menginformasikan ketika ada barang yang harganya naik atau turun.

6.Berikan Intensif/Bonus

Sekali-kali berilah intensif atau bonus kepada pelanggaan anda sebagai bentuk terima kasih sudah berlangganan ditoko grosir anda meskipun hanya setahun sekali misalnya bagi-bagi THR ketika lebaran,bagi-bagi kaos atau bagi-bagi kalender ketika tahun baru atau jika mungkin anda mencari sponsor dari distributor untuk menyediakan kopi gratis atau undian berhadiah.

7.Pertahankan Harga

Umumnya harga menjadi faktor kenapa pelanggan memilih berbelanja ketoko anda walaupun sebenarnya ada barang-barang tertentu yang harganya sama dengan toko grosir sembako lain namun karena sudah merasa nyaman merka tepa bernbelanja ditoko anda untuk itu harga yang sudah murah jangan sampai anda naikkan harganya kecuali dari distributornya naik.

8.Kunjungi toko pelanggan

Sesekali kunjungi toko pelanggan anda untuk sekedar menanyakan kabarnya atau menawarkan barang-barang tertentu khususnya bagi pelanggan yang jarang belanja.Bisa jadi pelanggan tidak sempat datang ketoko karena ada hambatan seperti hujan atau kesibukan lain.

9.Lengkapi item barang

Salah satu sebab pelanggan anda tidak belanja ketoko anda karena ditoko anda tidak ada barang yang pelanggan cari sehingga harus mencari ketoko grosir sembako lain dan akhrinya sekalian belanja barang-barang lainnya ditoko tersebut hal ini tentu sangat disayangkan karena bisa mengurangi omset toko grosir sembako anda.

Dengarkan masukan dari pelanggan anda jika memang barang tersebut mudah didapatkan dan lumayan laku kenapa tidak sekalian menyediakan? Kecuali barang tersebut beresiko dan harus mengeluarkan modal lebih misalnya menyediakan gas elpiji atau beras kemasan karung.

10.Mengalah Ketika Ada Konflik

Namanya juga manusia suatu saat ada kesalahannya termasuk dalam pelayanan toko grosir sembako misalnya salah hitung,salah quantity barang,ketinggalan,barang rusak,barang kurang yang terkadang sulit dibuktikan misalnya jumlahnya kurang seharusnya1 lusin tapi cuma 10 biji karena biasanya barangnya sudah dibawa pulang.

Jika keadaannya demikian lebih baik anda mengalah dengan memberikan kekurangannya terutama untuk pelangan yang sudah lama tapi tetap waspada artinya jika memang hanya sesekali mungkin benar tapi kalau berkali-kali bisa saja Cuma modus tandai orang-orang yang suka mengaku kurang sehingga ketika belanja bisa lebih teliti sambil disaksikan pembeli.

Namun jika anda memiliki bukti kuat misalnya ditoko anda dipasang kamera CCTV,jumlah barangnya bisa dicek atau ada pembeli lain yang menyaksikan tentu anda harus membantahnya.Jika kesalahan ada pada karyawan anda nasihati supaya lebih teliti.

10 Cara Mempertahankan pelanggan Usaha grosir sembako diatas hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi jadi tidak semua grosir sembako melakukan hal tersebut jadi semuanya terserah anda mau melakukannya atau tidak.Semoga bermanfaat!

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *