10 Alasan Menekuni Bisnis Online Sekarang Juga

INFOPOJOK.COM,10 Alasan Menekuni Bisnis Online Sekarang Juga-Sebagian orang menganggap menjadi karyawan itu enak karena mendapatkan penghasilan tetap,Benarkah Demikian? Tak salah jika anda beranggapan demikian karena faktanya tidak sedikit karyawan swasta atau PNS yang hidup layak contohnya diperumahan saya didaerah kawasan industri Cikarang Bekasi meskipun Cuma karyawan pabrik tapi banyak yang sudah memiliki rumah dan mobil.

Alasan Menekuni Bisnis Online
Tapi masalahnya apakah anda termasuk orang yang beruntung bisa menjadi karyawan tetap yang kesejahteraannya terjamin atau menjadi PNS? Banyak yang hingga detik ini masih berjuang mendapatkan pekerjaan yang layak padahal seorang sarjana.Belum lagi sebagian orang yang kurang beruntung masa kontraknya tidak diperpanjang sehingga menjadi pengangguran.Jika anda tidak melakukan perubahan dan hanya berharap mendapatkan pekerjaan yang layak bisa-bisa saja anda menjadi pengangguran terus menerus.

Saya termasuk orang yang kurang beruntung meski saya sudah sempat menjadi karyawan tetap namun karena Perusahaannya Bangkrut saya jadi kehilangan pekerjaan.Sempat mencari-cari kerja tapi karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan akhirnya saya memutuskan berwira usaha mulai dari berjualan keripik singkong,Mie Ayam,Martabak hingga toko sembako.

Solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan berwirausaha.Mungkin belum apa-apa anda sudah mencibir modalnya tidak ada,tidak bakat dagang,susah cari pelaanggannya dan tetek bengek alasan lainnya.Padahal bisnis tidak harus memiliki modal yang besar dan tidak harus berjualan secara offline karena sekarang ini sudah eranya e-commerce,masyarakat sudah mulai terbiasa belanja secara online.

Baca juga :
20 Ide Bisnis Online Modal Kecil Minim Resiko
10 Modal Bisnis Online Wajib Punya
10 Cara Memilih Bisnis Online Paling Jitu

Inilah saat yang tepat bagi anda untuk menekuni bisnis online karena sarananya lebih mudah dibandingkan beberapa tahun kebelakang ada sosial media,situs market place,grup atau chat yang bisa menjadi alat promosi bisnis online anda.Tak hanya itu ternyata bisnis online memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimilki bisnis konvensional sehingga itulah yang menjadi alasan menekuni bisnis onine sekarang juga.

10 Alasan Menekuni Bisnis Online Sekarang Juga

1.Target Pasarnya Luas
Alasan menekuni bisnis online yang pertama adalah karena Target pasarnya luas.Jika anda memiliki toko disebuah pasar maka pelanggan anda hanya datang dari daerah sekitar lokasi pasar sehingga target pasarnya relatif terbatas bahkan jika banyak pesaing toko sejenis pangsa pasar anda akan semakin berkurang.

Berbeda jika anda memilki toko online jangkauannya bisa seluruh Indonesia bahkan hingga mancanegara.Contohnya saudara saya yang menekuni bisnis kostum bola pelanggannya hingga ke Malaysia.Jadi dengan bisnis online produk anda bisa dilihat orang banyak diseluruh Indonesia.Percayakah anda Ubi cilembu bisa dipesan oleh orang Malaysia? Itulah kehebatan bisnis online semua yang tadinya mustahil jadi mungkin.

2.Jam Buka 24 Jam
Jika anda memiliki toko konvensional maka anda buka siang sampai malam setelah itu tutup tapi dengan bisnis online toko anda bisa buka 24 jam artinya selama website toko online masih bisa diakses pengunjung maka anda akan bisa berjualan selama 24 jam penuh walaupun jam operasionalnya terbatas misalnya sampai jam 6.00 sore jika ada pemesanan lewat jam itu bisa diproses keesokan harinya.

3.Investasi Tidak Harus Besar
Alasan menekuni bisnis online berikutnya adalah investasinya tidak harus besar.Berbisnis online itu tidak harus memiliki aset bangunan untuk toko atau kantor karena bisa juga dilakukan dari rumah sehingga investasinya tidak harus besar.Bahkan jika anda memiliki modal yang terbatas anda bisa menjadi dropshipper jadi tanpa memiliki produkpun bisa berbisnis online walaupun lebih baik jika memiliki stok sendiri.

Investasi yang perlu anda lakukan dan yang terpenting adalah peralatan untuk mengakses internet karena pemasaran bisnis online melalui internet seperti komputer,akses internet,ponsel serta rekening bank.

4.Produknya Banyak
Banyak produk yang bisa anda jual melalui bisnis online kalau tidak percaya kunjungi situs market place seperti Tokopedia,Anda bisa memilih salah satu produk yang cocok untuk anda pasarkan.Anda juga bisa memanfaatkan potensi daerah anda untuk dipasarkan dinternet misalnya ditempat anda merupakan pusat kerajinan tangan anda bisa memasarkannya ke internet.Contohnya teman saya yang berasal dari Subang sukses berjualan benih padi hasil panen sawah sendiri.

Produk juga tidak harus berupa barang bisa juga jasa atau produk digital misalnya ebook,kursus online,jasa pembuatan website,periklanan,bitcoin,forex dan masih banyak lagi

5.Stok Produk Bebas
Enaknya bisnis online itu anda tidak harus memiliki stok yang bayak karena hanya perlu memajang foto produk jika ada yang beli barulah anda isi lagi stoknya bahkan jika anda menjadi dropshipper anda tidak perlu memiliki produk karena anda baru memesan produk jika ada pembeli.

Bahkan jika yang anda pasarkan produk digital seperti Ebook anda hanya perlu memilki file materinya saja dan itu bsia dikirimkan secara berulang-ulang tapi file masternya masih utuh jadi lebih mengutungkan jualan produk digital akrena keutngnannya bisa 100%.

6.Proses Transaksi Mudah
Tak ada istilah tawar menawar dalam bisnis online kalau harganya sudah tercantum di website maka harga yang harus dibayar sebesar itu ditambah ongkos kirim sehingga proses transaksinya mudah,Kalau pelanggan tertarik bisa pesan tapi kalau tidak ya nggak masalah.Coba bandingkan jika jualan di toko nyata sudah lama tawar menawar eh ujung-ujungnya nggak jadi.

Bahkan jika anda menjadi pelapak si situs marketplace seperti Lazada ,Bukalapak atau Tokpedia proses transaksinya sangat aman dan mudah misalnya pembayarannya bisa lewat minimarket.

7.Resiko Minim
Dengan modal yang tidak terlalu besar dan stok yang tidak perlu banyak membuat bisnis online resikonya minim paling-paling keluar modal buat koneksi internet atau biaya promosi atau jika anda menggunakan toko online sendiri anda hanya perlu bayar domain dan hostingnya tiap tahun.

Wajar jika sebagian orang berusaha menjual berbagai macam produk sekaligus dan memliki toko online lebih dari satu karena memang tidak sulit melakukannya.

8.Sistem Bisa Otomatis
Jika anda memiliki Produk informasi/digital seperti ebook,software,plug in atau produk lainnya yang bisa dikirimkan melalui internet anda bisa menjual pruduk anda dengan sistem website otomatis dimana semua bisa dilakukan serba otomatis tanpa proses manual.

Sebuah sistem website otomatis terdiri atas beberapa bagian diantaranya sistem sales latter,follow up/mailing list otomatis,pelayanan costumer,reseler hingga memungkinkan pembeli cukup memasukkan nama dan email maka sistem wesbiste akan secara otomatis mendata nama dan email,pemesanan,konfirmasi pemesanan.Enak bukan?

9.Potensi Penghasilan Tak terbatas
Mengingat target pasarnya sangat luas,produknya yang beragam dan jam bukanya non stop 24 jam maka potensi penghasilannya juga tak terbatas asalkan anda rajin berpromosi atau melakukan optimasi website toko oline anda.Terlebih lagi jika anda membuka sistem reseler pemasaran anda akan semakin luas.

Memang semakin berkembang bisnis online anda diperlukan sumber daya manusia yang memadai artinya anda tidak bisa bekerja sendiri tapi harus memiliki tim misalnya customer service,bagian order,promosi dan lain-lain yagn tentu saja membutuhkan modal.

 

10.Bisa dijadikan Pekerjaan Utama
Alasan menekuni bisnis online yagn ke-10 adalah bisnis online bisa dijadikan pekerjaan utama.Siapa bilang bisnis online tidak bisa dijadikan pekerjaan utama? Banyak kok pebisnis online yang fulltime dan tidak sedikit yang mampu mempekerjakan karyawan sehingga membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.Walaupun memang untuk meraih penghasilan yang layak dari bisnis online butuh proses tidak serta merta ramai pembeli untuk itu tidak ada salahnya anda merintis bisnis online sekarang juga hitung-hitung mempopulerkan bisnis anda diinternet.

Bagaimana menurut anda setelah mengetahui 10 Alasan Menekuni Bisnis Online Sekarang Juga,Anda Tertarik?

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *